NEWS

Startup Karya Anak Bangsa, Digitels, Hadirkan Solusi Perhotelan Songsong Normal Baru

en19ma   01 Jul 2020
Startup Karya Anak Bangsa, Digitels, Hadirkan Solusi Perhotelan Songsong Normal Baru

Dimulainya fase Normal Baru (new normal) terkait pandemik Covid-19 telah mengubah perilaku dan aktivitas di segala bidang. Sebagai salah satu sektor yang terdampak, bisnis perhotelan tengah beradaptasi dan mencari solusi demi menyongsong pola interaksi sosial yang baru.

Merespon tantangan sekaligus mendukung pemulihan (recovery) atas industri pariwisata, PT Aplikasi Pintar Indonesia memperkenalkan Digitels, startup layanan akomodasi yang berbasis teknologi dengan ekosistem digital 4.0 secara menyeluruh.

Digitels sendiri berangkat dari gagasan untuk mengintegrasikan rangkaian layanan akomodasi dengan aplikasi yang mudah untuk diimplementasikan pada fasilitas yang diinginkan. Inovasi karya anak bangsa ini menjadi startup pertama di dunia yang dapat mengubah sebuah hotel biasa menjadi smart hotel yang dilengkapi dengan dukungan aplikasi (B2B & B2C).

"Kunci keunggulan Digitels terletak pada teknologi ‘smart digitels brain’ yang dapat diimplementasikan pada hotel, melalui sistem yang terhubung, berjalan, dan digunakan melalui aplikasi," demikian pernyataan dari founder Digitels, Tiandy, seiring peluncuran website http://www.digitels.com. "Digitels akan membawa perubahan [yang] revolusioner pada sektor perhotelan, baik dari segi biaya operasional, efisiensi layanan, standar kesehatan dan keamanan, [mau pun] peningkatan GOP (Gross Operating Profit),” lanjutnya.

Dengan SHC (Smart Hotel Conversion), Digitels E-system dapat mengubah hotel, apartemen, condotel, perkantoran, dan rumah pribadi menjadi ekosistem pintar 4.0 berbasis IOT (Internet Of Things). Pemasangan E-system ini sendiri sangatlah mudah dan praktis karena sang pemilik hotel tidak perlu melakukan penggantian peralatan, furnitur, atau pun piranti yang sudah ada. Semua langsung bisa diaktifkan setelah terhubungkan dengan “smart digitels brain.”

Pihak Digitels juga akan membantu sang pemilik hotel untuk menurunkan biaya operasional, efisiensi staf --25 hingga 40% dari total karyawan, sepenuhnya menggantikan penggunaan kunci/kartu, penghematan energi, waktu dan operasional, yang kesemuanya itu akan berkontribusi sebesar 10 sampai 30% pada pendapatan.

  • Rasio ideal perbandingan Staf : Room.
  • Meninggalkan model akses konvensional berupa kunci atau pun kartu.
  • Penghematan energi secara signifikan.
  • Mengurangi faktor human error, baik secara operasional mau pun administratif.
  • Smart Receptionist yang menghemat waktu check-in hingga 80%, termasuk dengan cek temperatur tubuh secara AI ke server Digitels terkait pandemik Covid-19.

Fasilitas penting yang juga tersedia adalah Big Data yang akan membantu sang pemilik atau pun manajemen hotel dalam menghemat budget secara signifikan. Dengan win-win solution, Digitels akan menyediakan sebuah database yang solid untuk setiap pemilik hotel, beserta supporting system, yang di antaranya:

  • 4.0 Smart Booking Channel Manager, dimana channel system konvensional yang tersedia di pasaran saat ini akan menyita sebanyak 1-5 % dari Total Revenue.
  • Smart Housekeeping System, Smart Check In/Out System, dan Smart Reservation System.
  • Point of Sales (POS) System.
  • Accounting and Finance System, mencakup Daily Sales Report, Online Inventory Movement & Cost Control.
  • Restaurant Management System yang terkoneksi dengan E-kiosk, Marketing, Ordering System, Inventory Monitoring, dan lain-lainnya yang akan mempermudah operasional F&B.

Untuk aktivitas transaksi dan pembayaran, Digitels memiliki E-wallet yang telah terkoneksi dengan payment gateway resmi, seperti GoPay, OVO, Dana, dan online virtual banking di Indonesia.

Sementara, untuk reservasi dan pemesanan, Digitels telah terkoneksi dengan Online Travel Agents (OTA), seperti Agoda, Airbnb, Traveloka, Pegipegi, Tiket.com, dan lain-lainnya.

Saat ini, Digitels menyiapkan peluncuran franchise smart hotel perdana, yakni Podsotel (4.0 business class pods capsule) di Jakarta, yang berlokasi di bilangan PIK, dan Bali, yang bertempat di wilayah Legian.

Ekosistem Digital 4.0 sebagai Solusi Tatanan Baru

Ekosistem digital 4.0 akan memberikan keleluasaan, kenyamanan serta pengalaman yang berbeda bagi para tamu selama di hotel. Dengan teknologi dan sistem yang telah terintegrasi, aktivitas layanan dari hotel pun dapat berjalan secara contactless (tanpa kontak/sentuhan) terkait dimulainya fase Normal Baru.

Dengan aplikasi Digitels, yang tersedia dalam versi iOS dan Android, para tamu sudah dapat memperoleh akses sejak melakukan pemesanan secara online, verifikasi kedatangan, bermalam hingga meninggalkan hotel (departure).


Ilustrasi: Hotel Ama (Bintang 3) dengan 100 Kamar

Setelah pemasangan "smart digitels brain," setiap fasilitas kamar di Hotel Ama akan beroperasi dengan IOT system mulai dari akses pintu dengan aplikasi, face recognition, scan QR code, fasilitas pendingin ruangan, lampu, televisi, audio, hingga tirai, yang kesemuanya itu bisa dilakukan tanpa perlu mengganti perangkat lama yang sudah ada.

Juga, disertakan adanya fitur EMS (Energy Management System) based on AI, seperti menjalankan otomatisasi on/off pada saat tamu sedang tidak berada di ruangan.

Digitels akan menjadi investasi cerdas untuk Smart Hotel sesungguhnya. Dengan SHC, mereka siap untuk mengkonversi hotel bintang 1 hingga 5 menjadi smart hotel dengan sistem aplikasi ditambah backend management system yang mendukung contactless sesuai dengan fase New Normal demi tercapainya kondisi hygine hotel.

Tentang Digitels

Digitels adalah startup yang dikembangkan oleh PT Aplikasi Pintar Indonesia yang pertama kali berhasil menerapkan teknologi ekosistem AI 4.0 secara menyeluruh. Inovasi ini merupakan hasil kolaborasi dari para praktisi berpengalaman di bidang IT developer, properti, dan perhotelan. Perusahaan percaya bahwa Digitels mampu untuk menghadirkan perubahan revolusioner pada hotels & hospitalities industry.

Sebagai startup, Digitels terbuka bagi semua pihak yang turut memberi perhatian pada sektor pariwisata, khususnya industri perhotelan, untuk menjalin kerjasama mau pun kesempatan investasi dalam pengembangan selanjutnya.

Digitels bukanlah unicorn startup (yang menghabiskan budget untuk mencapai target), melainkan camel startup yang akan terus mengembangkan investasi seiring dengan revenue dari operasional yang berjalan. Oleh karena itu, selain menjadi solusi, Digitels juga dapat menjadi investasi jangka panjang yang visible dan menguntungkan. Untuk informasi lebih lanjut tentang Digitels bisa menghubungi mereka via email di contact@digitels.com atau melalui tautan berikut:

Website: http://www.digitels.com
Facebook: Digitels.Apps
Instagram: digitels_apps

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top