REVIEW

Spotlight X: Room Escape, Bisakah Kalian Keluar dari Ruangan ini?

Andy Chan   15 May 2020
Spotlight X: Room Escape, Bisakah Kalian Keluar dari Ruangan ini?

Seseorang telah membuat sang tokoh utama game ini pingsan, dan membawanya ke sebuah ruangan tertutup. Ketika dia bangun, dia tidak bisa mengingat siapa dirinya, dan ruangan asing tempatnya berada itu dikunci. Tapi satu hal yang dia tahu, dia harus berhasil keluar dari ruangan ini hidup-hidup! Itulah latar belakang kisah Spotlight X: Room Escape.

Misteri Ruangan Terkunci

Dipersembahkan oleh Javelin, Spotlight X: Room Escape adalah sebuah game room escape di mana pemain harus berpikir secara logis dan efisien untuk bisa memecahkan puzzle-puzzle yang berada di dalam ruangan. Hanya yang pintar saja bisa selamat dan melarikan diri dari ruangan ini? Apakah kamu orangnya?

Pengendalian ala Point & Click

Untuk memecahkan ruangan tertutup ini, pemain diberikan kendali ala point & click. Sentuh layar di benda yang menarik untuk berinteraksi dengannya, apakah itu membuka pintu lemari, membuka laci, atau mengambil barang. Pemain juga diberikan sebuah sistem inventory, di mana mereka bisa memanfaatkan benda-benda yang sudah diambil ke benda lain, misalnya menggunakan kunci untuk membuka pintu.

Sistem Hints

Tidak tahu harus berbuat apa selanjutnya? Jangan khawatir, ada sebuah sistem Hints yang siap memberikan solusi puzzle yang sedang dihadapi pemain saat itu. Tapi pintarnya, koin yang disediakan oleh game-nya hanyalah satu saja, dan untuk bisa menggunakan hints ini, dibutuhkanlah 3 koin. Jadi apa yang harus diperbuat pemain untuk mendapatkan koin? Antara nonton sebuah video iklan, atau membelinya via mikrotransaksi.

Grafis Statis yang Cantik

Seperti biasanya game-game escape room, Spotlight X: Room Escape juga tampil dengan grafis yang digambar dengan sangat cantik, bagaikan sebuah foto. Meskipun berbagai manipulasi puzzle yang dilakukan oleh pemain akan bisa merubah lokasi menjadi lebih bersahabat, namun pada akhirnya, pemain harus tetap melakukan pixel hunting alias menyentuh semua hal di layar satu-satu sampai ada yang berhasil terambil. Memang game room escape tidak bisa lepas dari pixel hunting.

Penuh Iklan

Spotlight X: Room Escape memang disajikan secara cuma-cuma alias free-to-play. Itulah alasan mengapa game-nya senantiasa menampilkan iklan di bagian bawah layar, dan ada kewajiban untuk pemain menonton iklan demi mendapatkan koin. Sayangnya, ini berarti game-nya butuh online kalau ingin mendapatkan koin secara cuma-cuma, karena kalau dimainkan secara offline, fitur koin gratisnya tidak bisa digunakan. Bagi yang bersedia membayar, koin dijual dengan harga dari Rp. 30.000,- hingga Rp. 409.000,- di mana setiap pembelian koin ini akan menghilangkan iklan juga.

Meskipun ceritanya cukup menarik, namun pada dasarnya Spotlight X: Room Escape tetaplah merupakan sebuah game escape room yang sangat sulit untuk dipecahkan. Kecuali kalian memang haus akan game escape room yang baru, Spotlight X: Room Escape ini boleh dilewatkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top