REVIEW

SpongeBob Moves In, Awal Berdirinya Bikini Bottom

Andy Chan   08 Oct 2019
SpongeBob Moves In, Awal Berdirinya Bikini Bottom

SpongeBob SquarePants adalah nama yang tidak asing lagi di dunia. Dia adalah tokoh utama dari serial animasi komedi Amerika yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg, dan ditayangkan oleh Nickelodeon pada tahun 1999. Dalam serial animasi ini, dikisahkan mengenai petualangan dan tingkat SpongeBob bersama dengan teman-teman akuatiknya di sebuah kota bawah air, Bikini Bottom.

Hadir sebagai Game lagi

Sudah banyak game yang menggunakan karakter SpongeBob beredar di pasaran, dan untuk kesempatan ini, mari kita bahas game SpongeBob yang berjudul SpongeBob Moves In, persembahan dari Nickelodeon sendiri. Kali ini, genre yang diambil oleh Nickelodeon bukanlah action atau platformer, melainkan genre membangun kota, di mana pemain bebas membangun sendiri Bikini Bottom sesuai dengan visi dan selera masing-masing.

Membangun Bikini Bottom dari Awal

Dalam SpongeBob Moves In, dikisahkan mengenai tibanya si SpongeBob ini di Bikini Bottom, dan usahanya untuk bisa menjadi salah satu karyawan dari Mr. Krabs dan usahanya The Krusty Krab. Pemain sama sekali tidak mengendalikan SpongeBob, melainkan menjadi sebuah manajer kota Bikini Bottom yang bertanggung-jawab untuk memperbesar kota dan menjadikannya Bikini Bottom yang dikenal oleh semua orang.

Mengurus The Krusty Krab

Tugas pemain selain membangun Bikini Bottom, adalah untuk membantu usaha The Krusty Krab agar menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk membangun kota lebih lanjut. Pemain menanam sendiri tomat dan sayuran, lalu memproduksi daging dan lainnya untuk membuat burger yang dijual oleh The Krusty Krab. Semua itu dilakukan menggunakan antarmuka yang berbasiskan sentuh, cukup menyentuh The Krusty Krab, lalu memilih apa yang akan diproduksi saja.

Membangun Kota dan Tempat Tinggal Bottomites

Dari sisi membangun kota, pemain akan dibebaskan untuk membangun dan memposisikan bangunan-bangunan di dalamnya. Selain itu, pemain juga bertanggung-jawab untuk memberikan tempat tinggal kepada para calon penduduk yang baru saja tiba. Nah, penduduk-penduduk baru inilah yang nantinya akan menjadi teman-teman SpongeBob seperti Patrick, Squidward, Sandy, dan masih banyak lagi muka-muka yang pasti dikenal oleh kalian.

Bikini Bottom yang Tampil Cantik

Dengan sudut pandang isometrik, SpongeBob Moves In tampil dengan grafis kartun yang menawan. Para karakter di dalam game ini semuanya tampil mirip dengan aslinya, dengan bangunan-bangunan Bikini Bottom yang pastinya tidak asing lagi di mata para fans SpongeBob. Dan lebih keren lagi, para pengisi suara dari serial animasinya pun turut serta meramaikan game ini. Jadi bersiaplah mendengar suara SpongeBob yang diisi oleh Tom Kenny beserta lainnya yang membuat pengalaman main game SpongeBob Moves In ini menjadi terasa sangat otentik.

×

Berbasiskan Waktu

Seperti biasanya game-game membangun kota yang free-to-play, SpongeBob Moves In pun menggunakan sistem tunggu berbasiskan waktu dalam segala hal di dalamnya. Membuatkan burger untuk Mr. Krabs, membangun rumah untuk Patrick, mengoleksi uang sewa dari para penduduk, semuanya membutuhkan waktu tunggu yang lumayan lama. Tentu saja, waktu tersebut bisa dipercepat secara instan menggunakan mata uang premium Jellyfish Jelly yang dijual dengan harga bervariatif. Sedikit catatan, game ini wajib dimainkan secara online, kalau tidak, game-nya tidak akan mau jalan sama sekali.

Para penggemar SpongeBob SquarePants wajib sekali untuk memainkan game membangun Bikini Bottom ini, namun bukan berarti para penggemar membangun kota pada umumnya tidak bisa menikmatinya juga ya. Lihatlah bagaimana kedatangan SpongeBob di Bikini Bottom, bagaimana Patrick menemukan batunya, serta bagaimana kisah awal Mr. Krabs dalam game SpongeBob Moves In.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top