REVIEW

Soul Saver, Sebuah Idle RPG yang Rusuh dan Kompleks

Andy Chan   14 Apr 2019
Soul Saver, Sebuah Idle RPG yang Rusuh dan Kompleks

Setan yang jahat telah tersegel di Nine King Mt. Sky Ghost Temple, dan adalah tugas para murid dari Great Master Taehwa untuk menyegel semua roh jahat dari dunia dan menjaga segel tersebut. Ternyata mantan murid yang bernama YangAk berencana untuk mengacaukan dunia dengan melepaskan segel dari semua setan jahat. Sang murid Great Master Taehwa bernama Samuk pun tewas oleh YangAk, dan tugas untuk mengalahkan YangAk dan menyegel kembali para setan pun jatuh ke tangan murid-muridnya. Bisakah mereka mengalahkan YangAk dan menyelamatkan dunia? Itulah Soul Saver, sebuah idle RPG persembahan Funigloo.

Versi Mobile dari Soul Saver Online

Pernah mendengar game berjudul Soul Saver Online yang hadir secara free-to-play via platform Steam? Game yang aslinya rilis di tahun 2007 berjudul Ghost Online tersebut ditutup di tahun 2009 namun sudah dirilis ulang dengan judul Soul Saver Online di tahun 2012. Nah, berbeda dengan versi Steam yang merupakan game MMORPG, Soul Saver: Idle RPG untuk mobile ini mengambil genre idle, alias game yang akan jalan sendiri tanpa input dari pemain.

Berubah menjadi Genre Idle

Jika kalian mengharapkan adanya game RPG seperti versi Pc-nya, sepertinya kalian harus kecewa. Soul Saver: Idle RPG sesuai dengan judulnya, adalah sebuah game idle RPG di mana para karakter di dalam game ini akan bergerak sendiri menyerang lawan tanpa ada input apa-apa dari pemain. Tugas pemain adalah untuk melakukan upgrade, menaikkan level, menentukan Hero mana yang akan dibawa bertarung, dan berbagai macam manajemen lainnya.

Upgrade Hero Level

Pemain bisa mendapatkan hero-hero untuk ditaruh di tim mereka. Nah, untuk bisa membunuh para monster dengan efisien, para hero tersebut harus di-upgrade levelnya agar lebih kuat. Seperti biasanya game idle RPG, semakin tinggi level para hero, semakin mahal juga biaya naik levelnya.

Penggunaan Talisman

Soul Saver: Idle RPG memiliki sistem Talisman yang bisa digunakan untuk memberikan berbagai macam efek khusus untuk strategi bermain. Ada Talisman untuk memperkuat hero, menambah kecepatan hero, mengurangi jarak tempuh, melemahkan musuh, dan sebagainya. Untuk bisa memasang Talisman, dibutuhkanlah slot. Slot pertama gratis, namun slot-slot berikutnya hanya bisa dibuka dengan membayarkan mata uang premium saja.

Seal sebagai Sistem Prestise

Seperti game-game idle lainnya, Soul Saver: Idle RPG juga memiliki sistem prestise untuk melakukan reset game demi mendapatkan bonus-bonus menarik. Dalam Soul Saver: Idle RPG, sistem ini bernama Seal yang bisa dilakukan begitu pemain mencapai stage 51. Semakin sering pemain menggunakan Seal, semakin banyak juga keunggulan yang akan didapatkannya dan memperkuat para Hero untuk bisa akhirnya mengalahkan YangAk.

Artwork Soul Saver Online yang Khas

Bagi para pemain Soul Saver Online, akan senang dengan tampilan imut dari game Soul Saver: Idle RPG. Semua karakter yang hadir di game mobile ini memiliki artwork yang sama dengan versi PC-nya, sehingga benar-benar terasa sebagai spinoff versi mobile yang pantas menyandang nama "Soul Saver". Peperangan melawan monster pun tampil rusuh dengan iringan lagu seru.

Tetap Jalan di Background

Seperti game-game idle lainnya, game free-to-play Soul Saver: Idle RPG ini pun tetap berjalan di background meskipun pemain tidak sedang memainkan game-nya. Begitu pemain kembali ke dalam game, mereka akan menemukan sejumlah reward telah menanti dan bisa langsung melanjutkan pertempuran tanpa merasa rugi. Sayangnya, Soul Saver: Idle RPG ini wajib dimainkan secara offline, jadi bagi mereka yang sering memiliki masalah koneksi, sepertinya akan mengalami gangguan untuk bisa menikmatinya karena sedikit saja koneksi hilang, game-nya pun langsung menendangmu keluar.

Mikrotransaksi dihadirkan untuk pembelian mata uang premium, Gems. Game ini tampaknya sangat memata-uangkan iklan, karena ada banyak sekali benda yang bisa dibeli hanya dengan menonton iklan saja.

Game ini memang agak kompleks, begitu banyak hal yang harus diatur dalamnya sehingga sudah pasti membuat pusing untuk dipelajari. Namun secara garis besar, pemain tidak perlu tahu mengenai Soul Saver Online untuk bisa menikmati Soul Saver: Idle RPG. Jadi bagi yang bersedia mempelajari detail-detail kecil dalam game ini akan menemukan bahwa Soul Saver: Idle RPG adalah game idle yang berbeda dari yang lain dan pantas untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top