LOADING
REVIEW

Somewhere - The Vault Papers, Sebuah Misteri Real-Time via Text Messenger

Andy Chan   14 Apr 2018
Somewhere - The Vault Papers, Sebuah Misteri Real-Time via Text Messenger

Bayangkan apabila suatu hari, Anda menerima sebuah text message dari seseorang wanita tidak dikenal. Dia sedang mengalami masalah besar, dan meminta tolong kepada Anda. Apakah yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan mengacuhkannya, atau memberikannya perhatian lebih? Yakinkah Anda bahwa ini bukan penipuan? Itulah tema yang diangkat oleh Playdius dalam game unik mereka, Somewhere - The Vault Papers.

"Orion, ini Cat. Saya butuh bantuan!" demikianlah text message pertama yang sampai ke ponsel pintarmu. Dari sini, kamu bisa memilih satu dari dua jawaban yang disediakan "Kamu salah nomor", atau "Ini lelucon ya?". Apapun jawabanmu, Cat akan menjelaskan dia sedang dalam masalah di berlin, dan seseorang bernama Andrew memberikan nomormu untuk dihubungi dalam keadaan darurat.

Sayangnya, kamu bukanlah Orion, dan cerita ini pun bisa bercabang tergantung dari respon yang kamu pilih. Akhirnya kamu pun terbawa arus dan mencoba untuk membantu Cat, sang jurnalis yang terjebak dalam kasus konspirasi pembocoran rahasia negara. Misi kamu sederhana, arahkanlah sang wanita panik ini agar tidak sampai mati terbunuh dalam penyelidikannya mengenai mengapa ada yang mau membunuh dirinya.

Uniknya, kisah ini semuanya mengambil waktu secara real-time, sesuai dengan apa yang sedang dilakukan oleh Cat. Jadi misalnya Cat sedang sibuk melakukan sesuatu (misalnya mencari barang atau sedang dalam perjalanan), maka dia pun tidak akan mengirimkan pesan apa-apa, dan kamu bisa mematikan game Somewhere - The Vault Papers ini untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari. Setelah beberapa waktu berlalu, Cat pun akan menghubungimu lagi via text message dan mengutarakan situasi terbaru yang sedang dialaminya. Demikian seterusnya sampai beberapa hari, namun kamu tidak perlu buru-buru menjawabnya, karena Cat akan menunggu.

Terkadang Cat pun menghadapi masalah yang tidak bisa dia selesaikan sendiri, bahkan mungkin di luar kemampuanmu sebagai penolong. Misalnya Cat sedang nyasar di suatu tempat, dia ingin tahu lokasinya, maka kamu dianjurkan untuk membuka Google Maps dan melacak lokasinya berdasarkan tempat yang disebutkan oleh Cat, lalu mengatakan kepadanya lokasi apa yang sebaiknya dia tuju.

Secara umum, Somewhere - The Vault Papers ini merupakan sebuah game yang harus dimainkan berkali-kali untuk mendapatkan ending yang berbeda. Namun dengan adanya sistem tunggu seperti ini, game-nya menjadi panjang dan tidak ideal untuk dimainkan berkali-kali. Oleh karena itu, setelah pemain berhasil menamatkan Somewhere - The Vault Papers sekali saja, akan ada fitur baru yang bisa dinyalakan oleh pemain, yaitu "Fast Mode" yang meniadakan waktu tunggu tersebut. Selain itu, pemain pun bisa melompat ke poin tertentu dalam ceritanya untuk memberikan respon berbeda dan melihat kelanjutan kisahnya yang tentunya berubah dari pilihan yang lain itu.

Perlu dicatat bahwa semua ilustrasi yang dihadirkan dalam screenshot review ini hanyalah ilustrasi belaka. Di dalam game, pemain hanya akan melihat tampilan teks saja karena Somewhere - The Vault Papers semuanya menggunakan teks, tampilannya hadir ala sebuah text messenger seperti WhatsApp, Line, atau Yahoo Messenger. Tidak ada gambar sama sekali di dalam game-nya, meskipun ada sedikit artwork di judulnya. Game-nya juga biasanya sunyi senyap, persis seperti sedang berkomunikasi dengan orang menggunakan text messenger. Memang kedengarannya tidak menarik, namun sebagai sebuah simulasi text messenger, Somewhere - The Vault Papers ini cukup oke.

Sebenarnya Somewhere - The Vault Papers bukanlah sebuah game gratisan. Namun pemain bisa memainkan hari pertama dari game ini secara cuma-cuma, tak perlu koneksi Internet, tanpa ada gangguan iklan, sistem stamina / energi, ataupun mikrotransaksi. Tentu saja, hanya memainkan hari pertama saja akan membuatmu sangat penasaran dengan nasib dari Cat ini, oleh karena itu, Somewhere - The Vault Papers bisa di-unlock versi full nya seharga Rp. 34,000,- via menu di samping.

Bagi yang sudah pernah memainkan game sejenis ini, seperti SIM: Sara Is Missing, tentu tidak asing dengan simulasi ponsel pintar. Malah boleh dibilang, Somewhere - The Vault Papers merupakan sebuah misteri unik yang wajib dicoba. Somewhere - The Vault Papers cukup pantas untuk dihargai Rp. 34,000,-, dan ingat, Free Trial untuk hari pertama tersedia secara gratis, jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba menolong Cat dari situasi genting yang dialaminya itu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top