REVIEW

Solitaire: Decked Out, Sebuah Game Solitaire Klasik yang Hadir Tanpa Iklan

Andy Chan   09 Aug 2019
Solitaire: Decked Out, Sebuah Game Solitaire Klasik yang Hadir Tanpa Iklan

Permainan kartu Solitaire memang merupakan sebuah game klasik yang pasti pernah dimainkan oleh para pengguna Windows. Dan asyiknya, bagi para penggemar Solitaire, sudah banyak versi dari game tersebut yang beredar di mobile, sehingga mereka bisa dengan bebas memainkannya di mana pun mereka berada. Itulah teknologi ponsel pintar masa kini yang bisa membawakan pengalaman bermain apa pun di genggaman tangan. Kini ada satu lagi versi game Solitaire yang hadir di ponsel pintar, yaitu Solitaire: Decked Out.

Solitaire Klondike yang Klasik

Masih ingat dengan versi Solitaire yang selalu menemani pemilik Windows? Versi tersebut merupakan versi Solitaire klasik yang menggunakan aturan Klondike, di mana pemain harus menyusun kartu-kartu yang berada di medan permainan agar bisa dibersihkan secara tuntas. Nah, versi itulah yang dibawakan oleh Devsisters Corporation dalam game Solitaire: Decked Out ini.

Cara Main

Aturan yang digunakan dalam Solitaire: Decked out meminta pemain untuk menggeser dan menyusun kartu dengan menggunakan layar sentuh, di mana urutannya harus dari paling tinggi "K", ke paling rendah "A". Kartu-kartu harus disusun secara selang-seling warnanya, dan hanya kartu "K" saja yang bisa dipindahkan ke sebuah kolom kosong. Apabila tidak ada langkah lagi yang bisa dilakukan, pemain bisa membuka tumpukan kartu yang ada di atas, baik dengan aturan buka 3 kartu, atau aturan buka satu kartu. Seperti biasa, pemain harus menyusun keempat bagian kosong di kiri atas medan permainan dengan urutan dari rendah ke tinggi, dimulai dari kartu "A". Begitu semua kartu sudah tersusun rapi per gambar, maka permainan pun selesai dan pemain akan mendapatkan rewards.

Tampilan Cantik Kartu Solitaire

Dengan rewards berupa koin tersebut, pemain bisa membeli berbagai macam kartu dan item-item untuk dekorasi. Ada banyak theme yang bisa dipilih untuk kartu, seperti gambar pinguin, kembang, hot dog, UFO, dan lain sebagainya. Selain itu, pemain juga bisa meng-unlock animasi perayaan kemenangan yang unik untuk memberikan variasi di akhir permainan. Pemain juga bisa memainkan game ini secara landscape apabila bosan dengan tampilan portrait.

Tanpa Iklan!

Perbedaan paling menyolok dari game Solitaire: Decked Out dibandingkan dengan game-game solitaire free-to-play lainnya adalah tidak adanya iklan sama sekali di dalam game ini. Asyiknya, Solitaire: Decked Out juga bisa dimainkan secara offline apabila diperlukan, misalnya ketika sedang ada gangguan pada WiFi atau lenyapnya sinyal selular secara misterius. Jadi apabila kalian susah ketemu teman, dan bosan ketika sedang mengalami mati listrik, kalian bisa menikmati game ini secara sendirian sesuai namanya, Solitaire! Tapi tentu saja game-nya menyediakan mikrotransaksi berupa pembelian "Lucky Box" seharga Rp. 23.000,- yang bersifat Gacha karena dapat item dan kartunya pun acak.

Sayangnya, tidak ada hal khusus yang membuat Solitaire: Decked Out ini menyolok dibandingkan dengan game-game Solitaire lainnya di ponsel pintar. Sebagai contoh, Solitaire: Cooking Tower memiliki tema membangun menara restoran yang menarik, sementara Microsoft Solitaire Collection malah memiliki koleksi game Solitaire yang lengkap. Akhir kata, "tanpa iklan!" bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan, karena memang game-nya tidak memiliki keunggulan lain. It's just another Solitaire.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top