EKSKLUSIF GADGET

Smartphone Terbaik Rilisan Tahun 2015

Admin   05 Jan 2016
Smartphone Terbaik Rilisan Tahun 2015

Tahun 2015 memang telah berakhir. Namun, sebelum move on dan lebih memasuki tahun 2016 ini, marilah kembali melihat deretan smartphone terbaik yang dirilis selama 1 tahun ke belakang.

Apple iPhone 6s dan 6s Plus

Tampaknya, kedua smartphone ini merupakan perwakilan dari kubu yang tidak berjalan pada sistem operasi Android dalam daftar ini. Dua ponsel milik Apple ini merupakan smartphone kontroversial dalam hitungan waktu ke waktu. Namun, Apple tetaplah berhasil menjual 13 juta unit iPhone 6s dan 6s Plus, yang membuktikan popularitas nama Apple tetaplah kondang di antara para pengguna smartphone.

Asus Zenfone Zoom

Meski diperkenalkan pada awal tahun 2015, smartphone ini barulah diluncurkan secara resmi pada kuartal keempat tahun lalu. Spesifikasinya meliputi layar 5,5 inci beresolusi Full HD, prosesor Intel Atom Z3590 2,5 GHz, pilihan memori internal 32 GB, 64 GB, atau 128 GB (dan dapat ditambah hingga 128 GB), RAM 4 GB, seta baterai 3000 mAh. Untuk kameranya, terdapat kamera 13 MP dengan LED flash pada bagian belakang dan 5 MP pada bagian depan. Kamera utamanya sendiri amatlah spesial karena menggunakan lensa HOYA dari Jepang dengan kemampuan 3x perbesaran optik dan 12x perbesaran digital, yang didukung kestabilan gambar melalui optik dan laser autofocus. Itulah alasan bagi ponsel tersebut diberi nama Zoom.

Huawei Mate 8

Diluncurkan pada kuartal keempat dengan dibekali segala spesifikasi terbaik, smartphone ini mengusung layar 6 inci yang didukung RAM 4 GB dan chipset Kirin 950 yang tangguh. Dua kamera yang dimilikinya beresolusi 16 MP dan 8 MP. Kian menakjubkan, ponsel tersebut diperkuat oleh baterai 4000 mAh, yang dapat diisi penuh dalam waktu setengah jam saja.

Lenovo Vibe X3

Dibekali layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD, chipset Snapdragon 808 hexa-core, dua slot SIM card, sistem operasi Android 5.1 Lollipop, RAM 3 GB, dan dua pilihan memori internal, yaitu 32 GB atau 64 GB, yang bahkan dapat ditambah hingga 128 GB, ponsel tersebut kian perkasa dengan baterainya yang cukup besar dengan kapasitas 3600 mAh dan dapat diisi penuh dengan cepat berkat teknologi Quick Charge 2.0 (60% dalam 30 menit). Keunggulan smartphone ini terletak pada kameranya, dua kamera yang beresolusi 21 MP dan 8 MP, yang amatlah cocok bagi para pengguna yang menggemari fotografi.

LG V10

Patut disebut monster berkat RAM yang mencapai 4 GB, smartphone dari LG ini hadir dengan desain menawan serta dua layar unik yang membuat banyak orang merasa penasaran. Belum lama, LG telah mengumumkan bahwa LG V10 berhasil terjual sebanyak 450.000 unit di Amerika dalam hitungan 45 hari, yang mengartikan bahwa ponsel tersebut terjual hingga 10.000 unit pada tiap harinya. Angka penjualan yang amat impresif ini membuktikan bahwa gadget ini merupakan salah satu smartphone terhangat yang pernah diluncurkan pada tahun 2015.

OnePlus Two

Menjadi smartphone yang banyak dibicarakan pada bulan Agustus 2015, ponsel tersebut dianggap sebagai pesaing kuat dari smartphone berikutnya pada daftar ini dengan berbekal RAM 4 GB serta nama besar yang dimilikinya. Meski ponsel tersebut tidaklah tampil seheboh para pesaingnya, namun masih menjadi smartphone dengan kualitas tinggi yang pernah dirilis tahun lalu.

Samsung Galaxy Note 5

Smartphone muktahir dari salah satu raksasa asal Korea Selatan. Untuk sebagian besar orang, ponsel ini bukanlah gadget yang asing. Utamanya, ketika gadget tersebut merebut gelar smartphone dengan layar terbaik yang pernah ada di dunia. Beberapa spesifikasi lainnya adalah RAM 4 GB, baterai 3000 mAh, dan sepasang kamera beresolusi 16 MP dan 8 MP.

Sony Xperia Z5

Tak hanya satu seri, sekeluarga ponsel milik Sony ini adalah deretan smartphone terbaik yang pernah diproduksi mereka. Salah satu serinya, Xperia Z5 Premium, merupakan salah satu bintang di tahun lalu dan tahun ini dengan menjadi smartphone pertama di dunia yang dibekali layar 4K. Selain itu, keluarga ponsel ini juga digelari sebagai smartphone berkamera terbaik melalui resolusi 23 MP yang didapatkan via sensor buatan Sony sendiri.

Vivo X6

Spesifikasinya meliputi prosesor MediaTek MT6752, layar Super AMOLED 5,2 inci beresolusi Full HD, baterai 2400 mAh, RAM 4 GB LPDDR4, memori internal 32 GB, dua slot SIM card, dan Funtouch OS berbasis Android 5.1 Lollipop. Selain itu, ponsel tersebut juga dibekali kamera utama 13 MP dengan PDAF dan dual-tone LED flash serta kamera depan 8 MP dengan sudut yang lebar. App kameranya dapat dibuka hanya dalam waktu 0,6 detik dan kecepatan autofocus-nya mencapai sekitar 0,1 detik.

Tahun 2015 menjadi tahun yang ramai dengan hadirnya berbagai smartphone mutakhir dan terbaru. Daftar smartphone di atas mungkin hanyalah sekedar subjektifitas semata dari kami. Mungkin kalian memiliki pilihan smartphone yang jadi favorit secara personal di tahun lalu selain nama-nama di atas?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top