LOADING
REVIEW

Smartphone Anti Air, Sungguhan Ada atau Hanyalah Mitos?

Dikdok   02 Jun 2018
Smartphone Anti Air, Sungguhan Ada atau Hanyalah Mitos?

Saat ini banyak produsen smartphone yang telah mencoba meluncurkan produknya dengan "embel-embel" anti air, terutama pada smartphone flagship yang dikembangkannya. Namun, apakah janji-janji manis tersebut sesuai dengan kenyataanya?

Jika kita berpikir sedikit lebih jauh lagi, sebenarnya banyak yang harus dipastikan terkait kemampuan anti air ini. Pada batasan apa smartphone anti terhadap air? Apakah tahan terhadap rintik hujan? Kuat ketika terkena tumpahan air minum? Bisa dicuci? Atau bahkan bisa dibawa bernang dan menyelam?

Ketika membeli smartphone yang menjanjikan teknologi anti air, jika kalian membaca spesifikasi secara lebih teliti, maka kalian bisa melihat adanya kode yang bertuliskan IP67 dan IP68. Lalu apa itu IP67 dan IP68? Nah untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

Hubungan IP67 & IP68 terhadap Daya Tahan Smartphone terhadap Air

IP67 dan IP68 merupakan sebuah dipublikasikan oleh International Electrotechnical Commision (IEC), dimanakode tersebut menunjukkan tingkat perlindungan yang dimiliki smartphone terhdap beberapa hal.

Untuk lebih mudah dalam menjelaskan arti di dalam kode IP67 dan IP68, oleh karena itu mari kita mengerti setiap elemen huruf dan angka yang ada di kode tersebut.

Huruf

Huruf IP merupakan singkatan dari International Protection.

Angka Pertama

Angka pertama dari kode tersebut merupakan indikator perlindungan dari partikel solid atau benda padat. Terutama pada komponen yang beresiko seperti konduktor dan bagian yang bergerak.

Angka Kedua

Angka kedua menunjukkan indikator perlindungan terhadap masuknya benda cair.

Waspada? Tetaplah Harus!

Jika dilihat dari berbagai penjelasan di atas, maka bisa kita ketahui terdapat berbagai jenis perlindungan yang dimiliki oleh smartphone. Namun beberapa hal yang harus diperhatikan adalah berbagai uji dalam sertifikasi ketahanan ini tidak dilakukan dalam kondisi yang beragam.

Sebagai contoh, uji coba perangkat ini tentunya dilakukan ketika perangkat berada di dalam mode stand by, dengan anggapan tidak ada aktivitas yang berlangsung di smartphone.

Selain itu, dalam beberpa uji coba, ketahanan air yang dimaksudkan hanyalah ketahanan etrhadap air tawar, sehingga jika smartphone terkena air asin, maka reaksi yang ditimbulkan pun jug akan berbeda.

Untuk itu, walaupun kita memiliki smartphone yang tahan terhadap air, kita tetap tidak boleh sembarangan memakainya ya. Tetap berhati-hati dengan menjaga smartphone agar terhindar dari pengaruh eksternal yang berpotensi merusak smartphone kita!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top