REVIEW

Sling Drift, Asyiknya Tantangan Drift dengan Grappling Hook

Andy Chan   08 Jul 2018
Sling Drift, Asyiknya Tantangan Drift dengan Grappling Hook

Pernahkah ketika Anda berlari, mencoba membeloki tikungan yang tajam dengan cara berpegangan pada sebuah tiang? Sebuah rasa yang asyik bukan, ketika membelok dengan bantuan tiang tersebut dalam kecepatan tinggi? Bahkan Batman pun pernah melakukannya dalam Batmobile dengan menggunakan grappling hook dalam film Tim Burton's Batman (1989) (https://www.youtube.com/watch?v=gQkCBmks_l0). Nah, tema itulah yang dibawakan oleh tastypill dalam game mobil mereka yang berjudul Sling Drift!

Sesuai judulnya Sling Drift, pemain di sini mengendalikan sebuah mobil balap dengan cara menembakkan grappling hook ke tiang yang ada di pinggiran jalan untuk membelok ala drift secara cepat. Tentu saja, kalau dibilang ini adalah "drift", rasanya sedikit salah, karena biasanya untuk melakukan drift, tidak diperlukan grappling hook, melainkan dibutuhkan skill pengendalian kendaraan dari sang pengemudi untuk mengatur arah belok, rem tangan, rem kaki, dan gas.

Cara mengendalikan game ini pun benar-benar mudah dan tidak kompleks. Mobil yang dikendarai akan senantiasa meluncur dengan kecepatan tinggi tanpa ada campur tangan dari pemain. Yang perlu diperhatikan hanyalah ketika ada tikungan, di mana pemain hanya perlu menyentuh layar untuk menembakkan grappling hook ke arah tiang secara otomatis. Begitu grappling hook tersangkut di tiang tersebut, mobil pun akan mulai berputar mengikuti arah belokan. Pemain harus sigap mencabut grappling hook dari tiang tersebut sebelum mobilnya berputar dan menabrak pinggiran jalan. Apabila pemain berhasil belok dengan sempurna, maka dia akan mendapatkan "Perfect Drift" yang akan meningkatkan skor.

Permainan akan terus berjalan tanpa henti sampai mobil yang dikendalikan oleh pemain mengalami kecelakaan. Setelah itu, pemain akan diberikan skor, dan boleh mengulang permainan untuk mencoba mengalahkan skor yang sudah dicapai tersebut. Di samping mengumpulkan skor, pemain juga diberikan sederetan Quest yang harus diselesaikan, misalnya mencapai skor tertentu, melakukan perfect drift, dan sebagainya. Quest ini biasanya menghadiahkan mata uang in-game berupa diamond.

Kesulitan yang akan dihadapi oleh pemain adalah liku-liku jalanan yang sulit ditebak karena setiap kali memainkan game ini, pemain akan diberikan jalanan secara random. Dengan demikian tidak ada dua permainan yang sama persis, namun juga akan sulit untuk menentukan apakah tikungan berikutnya ini adalah putaran balik, atau hanya tikungan biasa saja. Kecelakaan akan terjadi apabila pemain salah menerka tikungan.

Sling Drift memiliki grafis berupa kartun yang cenderung sederhana. Tidak ada jalanan yang realistik, tidak ada mobil yang realistik juga, karena semuanya tampak 2D dilihat dari atas. Untungnya, tersedia banyak sekali mobil untuk di-unlock oleh pemain yang bisa memberikan variasi agar permainan ini menjadi lebih berwarna, baik yang bisa dibeli menggunakan diamond, menonton video iklan, dari daily rewards, ataupun dari membeli VIP.

Memang Sling Drift adalah sebuah game free-to-play, dan harus diakui, game-nya cukup adiktif dan menantang. Namun astaga iklan yang ditampilkan dalamnya itu benar-benar mengganggu. Untunglah game ini bisa dimainkan secara offline, dan SANGAT disarankan untuk dimainkan secara offline untuk mengatasi gangguan iklan yang dihantamkan bertubi-tubi kepada pemain. Tentu saja disediakan mikrotransaksi untuk menghilangkan iklan dengan "harga miring", serta pembelian status VIP.

Tapi meskipun game-nya cukup menantang dan adiktif, Sling Drift tetap merupakan sebuah game casual yang mungkin tidak terlalu menarik bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang lebih, seperti kustomisasi mobil, power up, atau mode lain yang lebih variatif daripada sekadar balapan mobil dan belok-belok tanpa akhir.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top