REVIEW

Habiskan Waktu dengan Slidey: Block Puzzle yang Santai tapi Menantang ini

Andy Chan   15 Feb 2019
Habiskan Waktu dengan Slidey: Block Puzzle yang Santai tapi Menantang ini

Apakah kalian sedang bosan menunggu? Ingin main game namun rata-rata game kalian membutuhkan koneksi Internet, sementara sinyal sedang susah atau kuota sedang sekarat? Kini hadir Slidey: Block Puzzle, sebuah game puzzle persembahan Habby yang akan bisa menghabiskan waktu kalian ketika sedang menunggu sesuatu!

Konsep Bermain mirip Tetris

Slidey: Block Puzzle merupakan salah satu game puzzle untuk mobile yang sebenarnya sangat mudah untuk dimainkan, namun sulit untuk dikuasai. Konsep permainannya mirip dengan Tetris, di mana pemain harus menggeser-geser block yang diberikan oleh game-nya agar menjadi penuh dari kiri ke kanan, dan begitu penuh, block tersebut pun akan hilang satu baris. Sederhana, kan?

Pengendalian via Layar Sentuh

Ada beberapa ukuran block dalam Slidey: Block Puzzle, mulai dari yang 1 kotak, sampai 4 kotak. Untuk menggeser-geser block tersebut, pemain cukup menyentuhnya di layar sentuh, dan menggesernya ke kiri atau ke kanan. Block yang berada di posisi kosong, akan jatuh ke bawah. Terkadang ada satu block khusus yang bisa menghancurkan block-block di sekitarnya sebagai variasi permainan.

Tidak ada Batas Waktu, tapi ada Batas Baris

Setiap pemain menggerakkan satu block, maka tumpukan block pun akan naik satu ke atas. Pemain tidak diberikan batasan waktu sama sekali, boleh berpikir sesuka hati, namun harus senantiasa membersihkan block-block yang ada di medan permainan dengan cara memenuhi satu baris penuh agar block tersebut hilang. Kalau pemain gagal membersihkan baris dan block-nya pun sampai penuh ke atas layar, maka terjadilah game over.

Item untuk Membantu Permainan

Apabila pemain merasa kewalahan namun sayang dengan skor yang sudah dikumpulkan, pemain bisa menggunakan item-item bantuan yang disediakan oleh game-nya seperti item untuk menghancurkan block, item untuk menaruh block khusus di layar, serta palu untuk memecahkan block menjadi pecahan kecil-kecil.

Satu Mode Permainan saja

Sayangnya, Slidey: Block Puzzle tidak memiliki varian permainan. Pemain hanya bisa memainkan satu mode saja, yaitu mode klasik survival endless di mana pemain memainkan puzzle-nya sampai terjadi game over. Tantangan ada pada pengumpulan skor tertinggi, dan apakah pemain bisa mengalahkan skor tertinggi sebelumnya.

Tampilan Sederhana dengan 2 Skin

Sebagai game puzzle, tampilan dari Slidey: Block Puzzle cukup sederhana. Block-block ditampilkan dengan warna-warni meskipun sebenarnya tidak berpengaruh pada permainan, dan tampilannya pun ala Shaman, namun apabila pemain bosan dengan tampilan tersebut, tersedia juga skin untuk mengganti temanya menjadi tema kucing. Tapi kalau boleh dibilang, skin kucing ini agak membuat permainan terasa janggal, meskipun mungkin terlihat menawan bagi para penggemar kucing.

Free-to-Play tanpa Internet

Slidey: Block Puzzle hadir secara gratis alias free-to-play tanpa ada sistem stamina. Game-nya juga tidak membutuhkan koneksi Internet, jadi bisa dinikmati kapan saja. Mikrotransaksi tersedia untuk pembelian Gems, yang berguna untuk membeli item-item bantuan permainan.

Memang game puzzle ini sebenarnya agak monoton, namun ternyata Slidey: Block Puzzle cukup menantang untuk dimainkan. Ibarat memainkan game Tetris, menjadi kepuasan tersendiri apabila pemain berhasil mendapatkan skor yang lebih tinggi dari pencapaian sebelumnya. Apabila kalian butuh game penghabis waktu offline, Slidey: Block Puzzle adalah pilihan yang tepat.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top