REVIEW

Sky Force 2014, Versi Lebih Keren dari Sky Force di Nokia

Andy Chan   07 Jul 2020
Sky Force 2014, Versi Lebih Keren dari Sky Force di Nokia

Apakah kalian sedang mencari game tembak-tembakan pesawat yang modern tapi tetap klasik? Tahukah kalian kalau Infinite Dreams pernah mempersembahkan tembak-tembakan pesawat sederhana yang meskipun tampak old-school, namun ternyata sudah dimodernisasi dalam perayaan 10 tahunnya? Ya, itulah Sky Force 2014, sebuah revisi dari Sky Force tahun 2004 yang telah hadir di ponsel pintar modern.

Versi 10 Tahun Kemudian

Dalam Sky Force 2014 yang merupakan edisi perayaan 10 tahun ini, pemain akan bisa menikmati grafis 3D yang menawan, kendali layar sentuh yang kerne, serta sebuah sistem upgrade yang akan membuat pemain ketagihan untuk menghancurkan musuh tanpa henti (alias grinding) demi mendapatkan cukup uang untuk upgrade.

Pengendalian ala Layar Sentuh

Sky Force 2014 dikendalikan sepenuhnya menggunakan layar sentuh, dengan tipe pengendalian pesawat akan mengikuti gerakan jari, jadi pemain hanya perlu menyentuh dan menggeser jari saja untuk menggerakkan pesawat. Ada dua opsi untuk pengendalian pesawat, yaitu relatif dan tidak relatif. Tidak relatif di sini berarti pesawat akan memaksa untuk mendekati jari pemain, jadi bisa dibilang agak mengganggu penglihatan karena pasti akan terhalang oleh jari pemainnya. Oleh karena itu, sebaiknya dimainkan dengan opsi relatif saja. Kerennya, apabila pemain mengangkat jari dari layar, permainan akan melambat secara drastis, hampir menjadi semacam pause.

Menembak Otomatis

Seperti biasanya game tembak-tembakan pesawat di ponsel pintar, pesawat akan secara otomatis menembakkan senjata utamanya tanpa input apa-apa dari pemain. Senjata ini akan menjadi semakin kuat seiring dengan pemain mengumpukan power up yang bertebaran setelah menghancurkan pesawat musuh.

Persenjataan Keren

Di sepanjang permainan, akan ada banyak bintang bertebaran ketika pemain menghancurkan musuh. Bintang-bintang ini adalah mata uang yang harus dikumpulkan untuk meng-upgrade pesawat tempur milik pemain. Ada upgrade untuk health, main cannon, magenet, misil, laser, dan lain sebagainya yang keren-keren.

Tantangan setiap Stage

Di setiap stage, pemain akan ditantang untuk menyelesaikan beberapa buat objektif. Ada objectif untuk menghancurkan seluruh pasukan musuh, menyelamatkan seluruh orang, tidak terkena tembak, dan lain sebagainya.

Grafis 3D yang Menawan

Sky Force 2014 merupakan update dari versi 2004 yang masih menggunakan sistem OS Symbian di Nokia, sehingga perbandingan grafisnya sangat nyata terasa. Game-nya juga terasa keren karena selain memiliki efek suara dan grafis 3D yang menawan, juga diiringi dengan lagu bergaya elektronik yang tidak kalah kerennya.

Tidak Perlu Internet

Disediakan secara free-to-play, Sky Force 2014 sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet. Pemain bisa dengan bebas memainkannya di mana pun dia mau, baik itu di tempat yang tidak ada sinyal, maupun di perjalanan. Ada sedikit sistem stamina di sini yang sebenarnya bisa disebut sistem Life. Setiap kali bermain, pemain akan menggunakan satu buah pesawat, dan kalau sampai habis, harus menunggu pesawat tersebut muncul kembali.

Sky Force 2014 memang keren, tapi sebenarnya sudah ada versi yang lebih baru lagi, yaitu Sky Force Reloaded. Namun bukan berarti Sky Force 2014 tidak layak main, karena game ini bisa menjadi semacam nostalgia yang dimodernkan di ponsel pintarmu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top