REVIEW

Simulasi Streaming di Jaman Medieval, Subscribe to My Adventure

Andy Chan   24 Jun 2020
Simulasi Streaming di Jaman Medieval, Subscribe to My Adventure

Di jaman sekarang, streamer yang senang bertualang tentunya sudah tidak asing lagi. Lihat saja vlog-vlog yang sudah jadi di platform YouTube misalnya, pasti ada banyak para petualang yang antusias membagikan video petualangannya ke seluruh dunia. Bagaimana kalau misalnya fenomena ini terjadi di jaman medieval? Pertanyaan menarik ini diangkat menjadi sebuah game oleh GamTropy dengan judul Subscribe to My Adventure.

Menjadi Streamer di Kerajaan Ohfly

Subscribe to My Adventure adalah sebuah game RPG di mana pemain berperan sebagai seorang streamer newbie yang ingin mendapatkan ketenaran dan subcribers agar channel-nya berhasil mencapai satu juga subcribers. Dengan menggunakan platform Halbook, pemain akan berhadapan dengan berbagai macam tantangan demi bisa menjadi seorang influencer ternama di jaman kerajaan Ohfly.

Platform Halbook

Subscribe to My Adventure mengemulasikan sebuah platform yang tidak asing lagi di jaman sekarang, yaitu Facebook. Tampilan utama game ini yang bernama Halbook, dibuat semirip mungkin dengan Facebook mobile. Pemain akan bisa membaca postingan orang-orang yang juga bertualang di jaman ini, bahkan bisa memberikan likes kepada postingan mereka.

Pergi Streaming sambil Membunuh Monster

Sesuai temanya di jaman medieval, pemain akan bisa pergi ke hutan demi mencari monster-monster untuk dikalahkan. Sambil mencari monster, pemain akan sekaligus juga melakukan live streaming. "Jadi guys, kita lagi jalan-jalan ke hutan nih, jangan lupa like dan subscribe yaaa. Eh tuh ada monster, yuk kita lawan!" Semakin besar, heboh, mengerikan dan unik monster yang dilawan, semakin tinggi juga likes berdatangan. Ingat, penonton ingin melihat action yang seru!

Pertarungan di dalam game ini berlangsung secara real-time, di mana pemain harus memilih skill apa yang akan dia gunakan untuk mengalahkan monster. Ada skill menggunakan tameng, menyerang, bahkan skill untuk mengucapkan hai kepada para penonton (meskipun ada monster di belakang). Skill ini bisa dikustomisasi sesuai selera, apakah ingin menggunakan kombinasi serangan yang seru, atau malah beraksi secara konyol demi mendapatkan view lebih banyak, semua tergantung tingkat keberanianmu sebagai seorang streamer.

Cerita ala Sosial Media Virtual

Sesuai dengan tema game ini yang mengangkat sosial media di jaman medieval, pemain juga bisa berkomunikasi dengan para streamer lain sesuai dengan jalan ceritanya. Tentu saja, komunikasi di sini adalah dengan menggunakan Private Message, di mana akan ada pilihan dialog yang menarik. Pemain juga bisa melihat notifikasi dengan menyentuh icon berbentuk lonceng untuk melihat ada apa saja yang sedang terjadi di dunia maya ini.

Bergaya Kartun

Art style yang digunakan oleh Subscribe to My Adventure ini sangatlah unik. Boleh dibilang, gayanya lebih mirip tampilan kartun dalam sebuah buku bergambar untuk anak kecil. Tampilan sosial medianya yang mirip dengan Facebook patut diacungi jempol. Bisa jadi, kalau di jaman medieval dulu ada internet dan sosial media, kejadiannya akan seperti di game ini.

Virtual Online

Subscribe to My Adventure sebenarnya adalah sebuah game offline, namun game-nya mensimulasikan sebuah platform yang sebenarnya online. Jadi apabila kalian melihat game-nya berusaha untuk konek ke Internet, sebenarnya belum tentu sedang benar-benar online. Matikan koneksi Internet kalian, dan game-nya akan secara ajaib tetap bisa nyambung ke Internet, karena memang Internet dalam game ini tidaklah nyata. Dengan sistem-nya yang free-to-play, tentu saja akan ada mikrotransaksi di game ini yaitu berupa pembelian Life Reset Scroll, penghilang iklan, coin, dan lain sebagainya.

Konsep permainannya sederhana, namun salah satu keunikan yang patut diacungi jempol di sini adalah emulasi platform Facebook yang kental, sehingga pemain benar-benar merasa sedang browsing Facebook di jaman medieval. Subscribe to My Adventure wajib kalian coba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top