REVIEW

Simulasi Neraka Hell Clicker Perlihatkan Mengerikannya Siksaan Setan

Andy Chan   14 Apr 2019
Simulasi Neraka Hell Clicker Perlihatkan Mengerikannya Siksaan Setan

Neraka diyakini sebagai sebuah tempat penyiksaan dan kesengsaraan di mana mereka yang tidak pernah bertobat dan sering berbuat dosa atau kejahatan pada kehidupannya, akan berakhir di alam akhirat. Apakah neraka itu ada atau tidak, sebenarnya tidak ada yang tahu dengan pasti. Nah, developer Red Machine mencoba untuk mengingatkan betapa seramnya neraka itu dalam game mereka yang berjudul Hell Clicker (Idle Heroes of Hell - Clicker & Simulator di Google Play Store).

Bermain sebagai Manajer Neraka

Dalam Hell Clicker, pemain bertugas untuk menyiksa para manusia yang berdosa, dan kemudian mengoleksi jiwa-jiwa mereka untuk bisa meng-upgrade berbagai alat siksa yang ada serta membeli alat siksa baru. Selain itu juga pemain bisa membeli berbagai bonus yang bisa mempercepat proses penyiksaan dan pendapatan.

Bisa Clicker, Bisa Swiper

Biasanya dalam sebuah game clicker, pemain harus melakukan click atau melakukan ketukan di layar sentuh untuk menghasilkan uang. Memang dalam Hell Clicker, pemain juga bisa mengetuk sebuah alat siksa untuk mengambil jiwa yang sudah dikumpulkan, namun oleh karena ada banyak alat siksa di layar permainan, pemain bisa langsung mengambil semuanya dengan cara melakukan swiping melewati alat-alat siksa tersebut.

Upgrade Alat Siksa

Ada banyak alat siksa yang bisa dibeli oleh pemain untuk melengkapi neraka mereka, mulai dari alat siksa cambuk, merebus orang, siksa telinga, dan lain sebagainya. Masing-masing alat siksa memiliki penghasilan tersendiri, dan penghasilan serta kecepatan produksi jiwa tersebut bisa dipercepat dengan cara melakukan upgrade.

Koleksi Jiwa Otomatis

Pada awalnya, pemain wajib mengoleksi jiwa tersebut sendiri dari masing-masing alat siksa. Namun apabila pemain bisa membeli sebuah upgrade khusus, maka jiwa tersebut akan dikoleksi sendiri sampai terkumpul banyak, dan pemain cukup melakukan swiping melewati alat-alat siksa yang ada untuk mengambil semuanya tanpa perlu melakukan proses "clicking" lagi.

Tetap mengumpulkan Jiwa meski Tidak Dimainkan

Sesuai standar game idle clicker, Hell Clicker pun akan tetap mengumpulkan jiwa ketika pemain tidak sedang memainkan game-nya, dengan catatan pemain sudah membeli upgrade koleksi jiwa otomatis untuk alat siksa yang diinginkan.

Panggil Boss untuk mendapatkan Apel

Setiap game clicker pasti memiliki sebuah mode prestise untuk mengulang permainan dengan bonus-bonus tambahan. Hell Clicker pun memiliki fitur ini yang dinamakan "Panggil Boss". Dengan memberikan semua alat siksa dan jiwa-jiwa yang sudah dikumpulkan kepada sang boss, kalian akan mendapatkan sejumlah apel, dan seluruh progress yang sudah kalian lakukan pun lenyap semua harus mengulang lagi dari nol. Tapi jangan khawatir, dengan adanya apel ini, kalian bisa membeli upgrade-upgrade yang membuat permainan menjadi lebih cepat dan epik.

Neraka yang Tampak "Menyenangkan"

Neraka dalam Hell Clicker tampak sangat sempit, hanya memiliki ruangan sebesar satu layar ponsel pintar saja. Artwork para manusia yang disiksa di neraka pun terlihat imut, tidak seperti manusia yang berada dalam ngerinya siksaan. Uniknya di sini, ternyata para manusia yang berdosa itu tidak semuanya merasa tersiksa, malah ada yang "menikmati" siksaan tersebut, salah satunya adalah direbus hidup-hidup dalam pot, namun mereka malah merasa seperti berendam di air hangat.

Tidak Perlu Keluar Uang untuk Main

Hell Clicker adalah sebuah game free-to-play, jadi pemain tidak perlu membayar apa-apa sama sekali untuk bisa memainkannya. Game ini bisa dimainkan secara offline, tidak perlu terganggu dengan koneksi Internet yang mungkin kadang-kadang lemah. Mikrotransaksi memang disediakan untuk pembelian mata uang premium Gems, yang bisa digunakan untuk membeli bonus-bonus seperti penghasilan dobel, time travel, dan memanggil boss tanpa perlu mengorbankan alat siksa.

Mungkin Hell Clicker ini adalah jawaban Millenials atau anak zaman now atas komik Siksa Neraka yang ngetop berat di era '80-an, meskipun tentu saja, tidak sesadis komik tersebut. Jika kalian suka dengan game-game clicker namun sudah mulai merasa bosan dengan tema-tema yang ada, barangkali Hell Clicker yang memiliki tema siksaan neraka ini boleh dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top