REVIEW

Simulacra, Simulasi Thriller Super Seram dari Kreator Sara is Missing

Anduril   25 Apr 2018
Simulacra, Simulasi Thriller Super Seram dari Kreator Sara is Missing

Semakin hari semakin banyak developer game yang memiliki ide-ide yang sangat kreatif dan unik yang dituangkan ke dalam game-nya. Salah satunya adalah developer asal Malaysia, Kaigans Games. Studio ini sebelumnya menghadirkan sebuah game yang menggunakan konsep misteri dan horor di dalam gawai pintar.

Salah satunya yang paling terkenal di kalangan Youtuber adalah Sara is Missing yang sudah diunduh 1 juta kali. Sara is Missing ternyata merupakan sebuah market terst untuk game mereka selanjutnya, karena Kaigan Games telah merilis game yang serupa dengan judul mereka sebelumnya, yaitu Simulacra. Judul yang satu ini baru dirilis pada tahun lalu untuk Android, iOS, dan Steam.

Dalam Simulacra, kamu akan diminta untuk memecahkan sebuah misteri dengan menggunakan senjata utama yaitu sebuah gawai pintar. Misteri itu terkait dengan hilangnya Anna sang pemiliki gawai pintar yang kamu temukan.

Bagian layar dari gawai pintar tersebut akan diselimuti kabut ungu yang menambah kengerian sepanjang permainan. Setiap pergerakan dalan game terlihat menakutkan, terutama ketika berada di home-screen ponsel milik Anna. Meskipun kamu tidak menjelajahi ruangan, nuansa horor dalam menelusuri setiap aplikasi tampak sangat mencekam.

User interface di sini berwujud serupa dengan tampilan gawai pintar pada umumnya seperti e-mail, teks, browse, hingga aplikasi kencan. kamu akan mendapakan petunjuk awal berupa video yang ditinggalkan Anna sebelum dia menghilang. Setelah itu akan ada percakapan secara online melalui akun media sosial dan aplikasi kencannya.

Tugasmu selanjutnya adalah mengumpulkan semua informasi yang berkaitan dengan misteri hilangnya Anna melalui aplikasi-aplikasi dan pesan di ponsel miliknya. Setiap rekan yang melakukan kontak dengan Anna akan menjadi tersangka, sebelum akhirnya kamu menemukan tersangka aslinya.

Beberapa petunjuk di sini terasa tidak wajar. Kamu perlu menggali informasi lebih dalam dan secara berulang-ulang agar bisa mencapai checkpoint berikutnya. Selama proses pencarian petunjuk, akan ada banyak momen dan visual yang bakal menghantuimu. Beberapa momen dan visual tersebut akan membuatmu kurang nyaman untuk melihatnya. Jadi silakan siapkan mental yang kuat ketika memainkannya.

Penggambaran percakapan melalui online, status, hingga komentar-komentar di media sosial menjadi daya tarik dalam game ini. Teks antara kamu dengan teman Anna tampak sangat realistis, serta memiliki pengisi suara yang hebat dan meyakinkan di setiap aspek permainan. Selain itu, kamu juga akan menemukan kesalahan penulisan dan ejaan dalam percakapan. Hal ini membuat game tersebut terlihat realis, mengingat developer memasukkan unsur dari kebiasaan pengguna gawai pintar. Jika menemukan typo, bukan berarti game tersebut mengalami bug.

Dalam Simulacra terdapat berbagai jenis mini games. Di antaranya seperti memecahkan anagram melalui teks, hingga menggabungkan gambar dari album di ponsel. Banyak penggemar memuji jenis tantangan seperti ini, karena mini games tersebut sangat menantang dan sangat cerdas dalam menguji kemampuan otak pemainnya

Simulacra menjadi salah satu game misteri, horor yang patut dimainkan di saat malam hari ketika tidak ada orang di sekelilingmuj. Kamu sudah bisa mendapatkannya di Google Play Store dan iOS dengan harga yang realtif murah. Kamu hanya diharuskan merogoh Rp64.000,- untuk mendapatkan game keren dan menegangkan ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top