REVIEW

Siapkan Topi Koboi & Taklukkan Wild West di Game Simulasi, Frontier Justice

Andy Chan   10 Sep 2020
Siapkan Topi Koboi & Taklukkan Wild West di Game Simulasi, Frontier Justice

Apakah kalian ingin menjadi seorang pemburu hadiah di jaman koboi, wild west? Inilah kesempatan kalian untuk menjajalnya dalam sebuah game unik persembahan ONEMT yang berjudul Frontier Justice: Return to the Wild West.

Strategi Action di Jaman Koboi

Frontier Justice adalah sebuah game simulasi sekaligus juga strategi di jaman Wild West. Pemain akan berperan sebagai seorang pemburu hadiah yang bisa dipilih apakah ingin menjadi pria atau wanita. Misi pemain adalah untuk mengembangkan kota yang ditinggalinya serta menangkap para penjahat, berburu binatang, berperang melawan bandit, dan lain sebagainya.

Konsep Permainan

Pada dasarnya, permainan Frontier Justice ini adalah sebuah game simulasi membangun kota. Meskipun begitu, game ini benar-benar terasa seperti Wild West, karena ada berbagai macam karakterisasi dari jaman tersebut, seperti para koboi, sheriff, pemburu hadiah, dan lain sebagainya.

Pembangunan Kota

Pemain bisa membangun kota wild west impiannya di sini dengan sesuka hati. Mulai dari Saloon, kandang kuda, Hotel, stasiun kereta api, hingga menara jam, ada banyak variasi bangunan yang masing-masing memiliki kegunaan sendiri untuk dibangun di sini. Bahkan pemain juga memiliki kemampuan untuk memindahkan bangunan ke tempat yang lebih strategis, jika diinginkan.

Proses yang Butuh Waktu

Setiap bangunan di dalam kota memiliki fungsinya sendiri-sendiri, seperti Barrack yang bisa melatih pasukan pembela kota, hotel untuk bermain bersama pemain lain, saloon untuk merekrut hero baru, Town Hall sebagai bangunan utama di kota, dan lain sebagainya. Mereka semua bisa di-upgrade untuk ditingkatkan level-nya dan menjadi lebih produktif, namun akan ada waktu tunggu yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunannya. Ya, game ini menggunakan real-time untuk melakukan apapun, baik itu memproduksi pasukan, membangun bangunan, hingga melakukan upgrade.

Berduel

Bukan dunia koboi namanya kalau tidak ada aksi tembak-tembakan. Pemain bisa menggunakan karakternya untuk berduel melawan para penjahat. Kendalinya pun cukup mudah, hanya menggeser jari di layar untuk melakukan aiming ke arah lawan, dan lepaskan sentuhan begitu ingin menembak.

Multiplayer

Dengan format membangun kota seperti ini, sudah bisa dipastikan kalau game ini akan memiliki fitur multiplayer semacam MMO. Pemain-pemain lain juga akan membangun kota yang sama, di mana pemain nantinya akan bisa berkeliaran keluar kota dan bertemu dengan pemain lain. Bentuklah Alliance atau justru berperang melawan pemain lain untuk mendapatkan material, semua itu terserah dari masing-masing pemain. Namun ingat, pemain lain juga bisa saja menyerang kotamu di saat kalian lengah, misalnya ketika sedang tidak memainkan game-nya.

Dunia Koboi yang Terlihat Otentik

Meskipun tampil secara isometris, namun Frontier Justice tampak sangat cantik dan terlihat seperti dunia koboi sesungguhnya. Mulai dari gurun pasir yang panas, padang bersalju, hutan rimba, ditambah dengan lagunya juga memang bernuansa koboi (meskipun agak monoton), sehingga pembangunan kota koboi akan menjadi semakin terasa otentik. Yang pasti, artwork yang digunakan untuk menampilkan karakter-karakter dalam game ini memang benar-benar menawan, lengkap dengan animasi idle, serta serunya berduel melawan penjahat secara satu lawan satu. Sedikit disayangkan bahwa karakter yang menjadi avatar pemain sudah ditentukan, tidak ada kustomisasi sama sekali.

Game yang Perlu Online

Tentu saja, dengan berada dalam genre MMO, Frontier Justice haruslah dimainkan secara online. Game free-to-play ini juga menyediakan macam-macam mikrotransaksi untuk digunakan oleh pemainnya, seperti pembelian mata uang premium Gold untuk mempercepat pembangunan, pembelian Premium Pack, dan lain sebagainya.

Dengan begitu banyaknya hal yang bisa dilakukan dalam game ini, mulai dari berburu penjahat untuk hadiah, melatih kuda, berburu binatang langka, dan berinteraksi dengan pemain lain, Frontier Justice bisa disebut sebagai game yang benar-benar dalam dan butuh dedikasi untuk dimainkan. Bagi penggemar wild west, pastikan kalian mencoba Frontier Justice.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top