REVIEW

Siapa Sangka, Berputar-putar dalam Loop Taxi Ternyata Menantang

Andy Chan   05 Dec 2017
Siapa Sangka, Berputar-putar dalam Loop Taxi Ternyata Menantang

Ada banyak game taksi untuk mobile, namun rata-rata game seperti itu biasanya memaksakan diri untuk menggunakan grafis 3D. Sebagian bisa terlihat bagus, tapi banyak pula yang memiliki grafis yang kurang sesuai dengan harapan. Nah, apabila Anda tidak suka dengan grafis 3D dan menginginkan sebuah game taksi dengan grafis 2D, maka Loop Taxi buatan GameGuru ini mungkin bakal cocok untuk Anda.

Sesuai dengan judulnya, Loop Taxi merupakan sebuah game dimana Anda sebagai pemain bakal mengendalikan sebuah taksi untuk mengambil penumpang dan mengantarkan mereka ke tempat tujuan. Yang perlu dicatat di sini adalah lokasi pengambilan penumpang dan lokasi pengantarannya yang benar-benar sederhana. Hanya dari ujung jalan yang satu ke ujung jalan yang lain saja. Di sepanjang jalan tersebut, terdapat beberapa persimpangan maut, sehingga pemain harus menentukan kapan waktunya untuk menyeberangi persimpangan tersebut dengan tepat dan cepat.

Pengendaliannya pun benar-benar sederhana. Pemain hanyalah perlu menyentuh bagian kanan dari layar sentuh sebanyak sekali saja untuk menjalankan taksi demi menyeberangi jalan. Taksi pun akan berjalan menyeberang dan berhenti di persimpangan berikutnya. Demikianlah seterusnya sampai Anda berhasil mencapai lokasi pengambilan penumpang, dan kemudian berjalan balik ke arah semula untuk mengantar mereka ke lokasi awal taksi. Setelah itu, taksi pun akan berputar balik ke arah lokasi pengambilan penumpang, dan seterusnya sampai pemain akhirnya gagal menyeberang jalan dan mengalami kecelakaan pada suatu saat nanti.

Kecepatan lalu lintas di persimpangan maut tersebut biasanya tidak akan terlalu cepat. Namun, pemain haruslah berhati-hati apabila mendengar suara sirene, karena itu mengartikan bakal adanya beberapa kendaraan khusus yang dikebut untuk menerobos persimpangan tersebut, seperti pemadam kebakaran, polisi, dan ambulans. Para kendaraan khusus ini akan mengurangi uang yang sudah didapatkan sebagai penalti apabila mereka sampai menabrak taksi pemain.

Mungkin, ada beberapa pemain yang memiliki ide untuk menunggu lalu lintas sampai aman dengan sabar. Namun, berhati-hatilah apabila jadi kelamaan menunggu di persimpangan karena apabila ada mobil derek yang lewat, dia akan menganggap Anda sedang parkir sembarangan, dan taksimu pun akan diderek dengan paksa sehingga mengakibatkan terjadinya game over.

Setiap mengantarkan penumpang, pemain akan mendapatkan sejumlah uang. Uang ini bisa digunakan untuk membeli taksi-taksi baru yang sebagian besar sebenarnya bukanlah sebuah taksi. Ada mobil limosin, mobil sport, mobil van, mini bus, bus besar, sampai berbagai macam mobil militer seperti jip tentara, Armored Personnel Carrier (APC), sampai ada Tank juga. Sayangnya, beberapa kendaraan tidak bisa dibeli dengan uang game, dan harus dibeli dengan uang asli via mikrotransaksi. Masing-masing kendaraan juga memiliki stats yang berbeda. Sebuah bus bisa mengangkut 10 penumpang secara sekaligus, namun kecepatannya akan lambat, sementara taksi hanyalah bisa mengangkut 2 orang penumpang saja, tapi kecepatannya sangat kencang.

Selain mode utama untuk mengantarkan penumpang, Loop Taxi memiliki tiga buah mini games yang bisa dimainkan dengan menggunakan tiket. Ada Prize Wheel yang merupakan sebuah Wheel of Fortune, juga ada Find & Win dimana pemain bakal mencari tiga buah benda yang sama, serta Complete the Word dimana pemain akan membayarkan sebanyak satu tiket untuk membuka kartu yang memiliki huruf dan berusaha untuk menyusun sebuah kata. Tiket bisa didapatkan dari kotak hadiah yang didapatkan di dalam game.

Loop Taxi memiliki grafis kartun yang cukup sederhana. Medan permainan semuanya akan dilihat dari atas, dan terdapat empat buah medan permainan yang bisa dipilih, masing-masingnya dengan lokasi yang unik. Setiap kendaraan yang lewat memiliki animasi yang sederhana, namun apabila mereka sampai menabrak taksi pemain, maka akan terlihat kebakaran dan asap yang cukup bagus. Efek suara orang-orang yang berteriak juga akan terdengar apabila sampai terjadi tabrakan. Penting untuk menyalakan suara dalam memainkan Loop Taxi, karena pemain harus mengetahui kapan ada ancaman dari kendaraan yang memiliki sirene lewat.

Game taksi buatan GameGuru ini merupakan sebuah game free-to-play yang tidak membutuhkan koneksi Internet untuk dimainkan, dan juga tidak memiliki sistem stamina, sehingga bebas untuk dimainkan kapan pun, meski pun akan keluar iklan yang mengganggu permainan. Terdapat sedikit mikrotransaksi untuk membeli tiket dan uang dalam game, dan seperti yang sudah disebutkan, ada beberapa kendaraan khusus yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan uang asli.

Secara keseluruhan, Loop Taxi adalah game yang sangat sederhana dan mudah untuk dimainkan, namun sulit untuk bisa mendapatkan skor tinggi kecuali jika Anda benar-benar hati-hati dalam memainkannya. Game-nya sendiri akan membuat Anda kerap mengutuk kendaraan-kendaraan penting macam pemadam kebakaran dan mobil polisi yang tidak segan-segan untuk menabrak taksi yang sedang menyeberang, namun menariknya, ini yang justru membuat pemain jadi semakin merasa penasaran untuk mendapatkan skor lebih tinggi. Mengingat game-nya hanyalah berukuran 49MB saja, maka tidak ada salahnya jika Loop Taxi untuk ikut berada di jajaran game yang bertengger di ponsel pintar Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top