NEWS

Shipper, Startup Aggregator Pengiriman Barang Indonesia, Dapatkan Pendanaan Seri A

en19ma   20 Jun 2020
Shipper, Startup Aggregator Pengiriman Barang Indonesia, Dapatkan Pendanaan Seri A

Shipper, platform logistik berbasis teknologi asal Indonesia, per 18 Juni 2020 lalu mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh dana Seri A yang berasal dari beberapa investor yang dipimpin oleh Prosus Ventures - sebelumnya dikenal dengan nama Naspers Ventures, untuk dapat mengembangkan dan memperluas jangkauan bisnis di Indonesia. Beberapa investor lainnya, termasuk Lightspeed, Floodgate Y, Combinator, Insignia Ventures, dan AC Ventures, turut serta dalam pendanaan ini.

Shipper adalah platform logistik yang berbasis teknologi dalam menawarkan solusi layanan one stop service, mulai dari platform pengiriman multi-kurir hingga distribusi jaringan jasa pergudangan dan pemenuhan. Shipper menawarkan lebih dari 30 lokasi untuk dipilih, dan berencana untuk memperluas jangkauannya ke kota-kota lain dan wilayah baru di Indonesia guna mengakomodasi kebutuhan konsumen.

Berdasarkan “Indonesia Logistics and Warehousing Market by Sector (Freight Forwarding, Warehousing, VAS), by Domestic and International Services - Outlook to 2021", nilai atas pasar logistik Indonesia diproyeksikan akan mencapai US$ 240 miliar pada tahun 2021 mendatang, angka ini hampir sama dengan estimasi pasar logistik di India sebesar US$ 215 miliar di tahun 2020 ini. Meski begitu, terlepas dari ukurannya, pasar logistik di Indonesia masih tergolong sangat tidak efisien. Di kota tier 2 dan tier 3, biaya pengiriman seringkali bertambah hingga 40% dari total transaksi di e-commerce sehingga menjadi penghalang utama bagi masyarakat di kota-kota tersebut untuk mengadopsi e-commerce secara massal.

Shipper hadir sebagai solusi atas tiga masalah utama dalam aspek logistik di Indonesia, mulai dari pemilihan jasa pengiriman & pergudangan yang rumit, kurangnya transparansi harga, dan kemampuan pelacakan rute yang masih di bawah rata-rata.

“Dengan investasi ini, Shipper akan terus berkembang dan terus mencari talenta lokal berkualitas untuk bergabung dengan kami dalam membangun data yang kuat melalui teknologi untuk menyusun pemenuhan kebutuhan logistik dan pengiriman yang belum terstruktur dengan baik,” ungkap Budi Handoko, COO dan Co-Founder, Shipper.


Budi Handoko, COO & Co-Founder, Shipper

Dengan investasi terbaru ini, Shipper akan bisa terus memperluas jangkauan solusi mereka dan membantu konsumen dalam menemukan mitra pengiriman yang terbaik; tanpa perlu menghabiskan waktu dalam mempertimbangkan perbandingan biaya, pesanan, pelacakan, asuransi, dan banyak lagi lainnya.

“Prosus Ventures selalu mencari mitra bisnis yang memiliki solusi unik berbasis teknologi dalam memecahkan masalah kebutuhan masyarakat lokal. Kami ingin benar-benar memberi dampak yang berarti sebagai investor, dan membidik sektor-sektor ekonomi dimana teknologi bisa membuat perubahan yang berarti dalam perilaku konsumen dan ekonomi,” jelas Banafsheh Fathieh, Principal Investor, Prosus Ventures. “Shipper telah mengidentifikasi kebutuhan besar di pasar Indonesia dan mencocokkannya dengan solusi berbasis teknologi sehingga dapat memberi manfaat bagi konsumen dan menjadikan proses logistik untuk bisnis lebih mudah dan hemat biaya. Kami sangat senang bisa bermitra dengan Shipper untuk mengubah logistik e-commerce untuk Indonesia menjadi lebih baik," tambah Banafsheh.


Banafsheh Fathieh, Principal Investor, Prosus Ventures

“Shipper menjawab kebutuhan logistik dengan layanan berbasis teknologi dan model variabel-kapasitas yang menguntungkan. Model ini telah menunjukkan adopsi awal yang kuat sejak diluncurkan dan akan terus berkembang, terutama didukung oleh tim yang kuat dan berpengalaman,” tambah Budi.

Saat ini, Shipper telah bekerja dengan lebih dari 100 kurir ekspres untuk memberikan layanan yang efisien, biaya pengiriman yang kompetitif, dan data yang transparan sehingga para pemilik bisnis e-commerce dapat memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada pengembangan bisnis mereka.

Tentang Shipper

Shipper adalah platform logistik berbasis teknologi yang menawarkan solusi layanan one-stop service, mulai dari platform pengiriman multi-kurir hingga distribusi pergudangan dan jaringan pemenuhan (fulfillment). Shipper didirikan dengan misi untuk menciptakan pengalaman logistik yang lengkap sekaligus sederhana demi lebih membantu para pemilik usaha kecil dan menengah dalam menemukan layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Tentang Prosus

Prosus adalah grup perusahaan global yang berbasis internet dan salah satu investor teknologi terbesar di dunia. Beroperasi dan berinvestasi secara global dengan fokus terhadap potensi pertumbuhan jangka panjang, Prosus membangun perusahaan internet konsumen terkemuka yang memberdayakan masyarakat dan memperkaya komunitas.

Prosus juga fokus pada membangun bisnis yang berarti di ranah iklan baris online, sistem pembayaran dan fintech, serta pengiriman makanan di beberapa negara termasuk India, Rusia, dan Brasil.

Melalui beberapa investasi di bidang-bidang, termasuk teknologi pendidikan dan kesehatan, Prosus secara aktif mencari peluang baru untuk bermitra dengan para pengusaha luar biasa yang menggunakan teknologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih besar.

Setiap hari, jutaan orang menggunakan produk dan layanan perusahaan tempat dimana Prosus berinvestasi, mengakuisisi, atau membangun, termasuk Avito, Brainly, BYJU'S, Codecademy, eMAG, Honor, iFood, LazyPay, letgo, Meesho, Movile, OLX, PayU, Red Dot Payments, Remitly, SimilarWeb, SoloLearn, Swiggy, dan Udemy.

Demikian pula, ratusan juta orang telah menjadikan platform rekanan Prosus sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari mereka: Tencent (http://www.tencent.com; SEHK 00700), Mail.ru (http://www.corp.mail.ru; LSE: MAIL), Ctrip.com International Limited ("Ctrip") (NASDAQ: CTRP), dan DeliveryHero (http://www.deliveryhero.com; Xetra: DHER)

Saat ini, perusahaan dan rekanan Prosus telah membantu dalam meningkatkan kehidupan sekitar seperlima populasi dunia.

Prosus tercatat di dua bursa efek, yaitu di Euronext Amsterdam (AEX: PRX) dan Bursa Efek Johannesburg (XJSE: PRX), dan mayoritas dimiliki oleh Naspers. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi http://www.prosus.com.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top