REVIEW

Buktikan Dirimu sebagai Shark Terbaik dalam Shark Tank Tycoon

Andy Chan   27 Nov 2020
Buktikan Dirimu sebagai Shark Terbaik dalam Shark Tank Tycoon

Apakah kalian memiliki kemampuan untuk bertahan dalam Shark Tank? Bangunlah kerajaan bisnismu, dan jadilah seorang milyader dalam game resmi dari Sony Pictures Television yang berjudul Shark Tank Tycoon!

Apakah Shark Tank itu?

Mungkin nama Shark Tank kurang dikenal di Indonesia, dan pastinya, bukan ikan hiu secara harafiah, namun di Amerika Serikat, Shark Tank adalah sebuah reality show di mana para pebisnis melakukan presentasi mengenai bisnis mereka kepada lima orang investor yang disebut "shark. Setelah presentasi selesai, para shark akan memutuskan apakah akan menginvestasikan uang mereka pada bisnis tersebut atau tidak. Boleh dibilang acara tersebut adalah drama mengenai pertemuan bisnis di mana para investor akan mencecar pengusaha mengenai model bisnis mereka.

Shark Tank bermodel Idle

Uniknya, game Shark Tank Tycoon ini hanya mengambil elemen dari acara tersebut secara minim saja. Pemain berperan sebagai seorang "Shark" di acara Shark Tank untuk memilih satu dari antara dua buah bisnis yang ditawarkan, lalu kemudian menjalankan bisnis tersebut seperti game idle pada umumnya.

Membangun Bisnis

Setelah pemain menentukan bisnis apa yang akan diinvestasikan, mereka pun mulai menjalankannya secara manual. Pemain bisa meng-upgrade bisnis tersebut, lalu mengambil uang atau produk yang dihasilkan dengan cara mengetuk icon yang ada di atasnya. Setiap kali pemain ingin melakukan ekspansi, mereka akan mengunjungi Shark Tank dan memilih lagi bisnis baru untuk menjadi bagian dari kerajaan bisnis mereka.

Otomatisasi Bisnis

Berhubung menjalankan bisnis secara manual itu melelahkan, pemain akan bisa melakukan otomatisasi bisnis berjalan dengan cara mendapatkan kartu sang pebisnis. Dengan adanya kartu itu, maka bisnis yang mereka jalankan akan berjalan secara otomatis dan pemain tinggal ongkang-ongkang kaki menunggu penghasilan datang saja sambil melakukan upgrade.

Pindah Kota

Jika bisnis sudah booming dan pemain berhasil menyelesaikan semua tugas di level tersebut, maka mereka bisa pindah kota untuk mengulang lagi dari nol dan menjalankan bisnis baru dengan tentunya mendapatkan berbagai macam reward seperti pebisnis baru, Shark Coin untuk upgrade pebisnis, serta Shark Briefcase yang fungsinya semacam loot box.

Shark Ranking

Tujuan akhir permainan adalah untuk menjadi seorang Shark nomor satu di dunia, menggunakan sistem poin dan ranking. Bisakah kalian merebut posisi Shark nomor satu dalam Shark Tank Tycoon?

Menggunakan Artwork Kartun

Shark Tank Tycoon disajikan dengan tampilan bergaya isometris, di mana pemain bisa melihat bisnis mereka berkembang secara nyata. Artwork dari para pebisnis di sini semuanya menggunakan gaya kartun yang unik, khas Amerika. Sayangnya, nuansa Shark Tank hanya terasa sedikit saja, karena memang game ini pada dasarnya adalah sebuah game idle yang dibungkus dengan skin Shark Tank saja.

Tidak Perlu Online

Tapi paling tidak, pemain sama sekali tidak perlu online untuk bisa menikmati game free-to-play yang satu ini. Tentu saja, untuk mengembangkan bisnis lebih lanjut, pemain akan bisa menonton video iklan agar mendapatkan bonus-bonus menarik, atau bisa juga dengan menggunakan fitur mikrotransaksi untuk membeli mata uang premium.

Harus diakui kalau hanya mengemulasikan acara Shark Tank ke dalam sebuah game, tentunya tidak akan menjadi game yang menarik. Jadi meskipun sama saja dengan game idle sejenisnya macam Idle Mafia, mungkin game idle yang dibungkus dengan acara Shark Tank ini bisa menjadi sesuatu yang cukup menarik untuk dimainkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top