NEWS

Setelah Dark Mode, 5 Fitur ini Siap Dihadirkan WhatsApp

en19ma   09 Mar 2020
Setelah Dark Mode, 5 Fitur ini Siap Dihadirkan WhatsApp

Belum lama ini, WhatsApp telah menggulirkan fitur Dark Mode sebagai update di platform Android dan iOS. Meski begitu, tidak lama lagi, juga akan ada lima fitur baru yang segera dihadirkan oleh WhatsApp.

Saat ini, fitur-fitur tersebut tengah menjalani fase ujicoba dan diharapkan bakal dapat segera dinikmati oleh para pengguna WhatsApp dalam beberapa bulan ke depan. Fitur-fitur apa saja, ya?

Dukungan banyak perangkat

Saat ini, pengguna WhatsApp cuma dapat menggunakan akun mereka hanya pada satu perangkat dalam satu waktu saja. Namun, dengan dukungan banyak perangkat yang akan segera dihadirkan ini, para pengguna akan dapat menggunakan satu akun WhatsApp pada lebih dari satu perangkat di saat yang bersamaan. Ini akan menjadi sebuah fitur yang sangat berguna.

Face unlock di Android

WhatsApp untuk Android sudah dilengkapi dengan dukungan fingerprint unlock. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk mencegah keberadaan orang lain yang ingin memeriksa pesan-pesan di WhatsApp milik mereka tanpa meminta izin.

Berhembus kabar bahwa WhatsApp sedang mengujicoba fitur keamanan lain yang bakal mereka usung, yakni Face Unlock, untuk pengguna Android. Fitur ini memang sudah lama hadir di platform iPhone, diharapkan bahwa kemampuan yang sama akan segera tersedia di semua ponsel Android dalam beberapa bulan mendatang.

Last Seen

WhatsApp sudah menawarkan tiga opsi untuk Last Seen, yakni "kontak," "semua orang," atau "hanya saya." Saat ini, WhatsApp tengah bekerja kerasa untuk menghadirkan fitur yang disebut sebagai "Last seen for select friends," yang memungkinkan para penggunanya untuk berbagi waktu terakhir yang terlihat hanya kepada beberapa kontak mereka saja, sementara yang lainnya sama sekali tidak akan dapat memeriksanya.

Pesan yang hilang

Diketahui bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur pesan yang bakal menghilang setelah hitungan beberapa waktu lamanya. Fitur ini akan berfungsi seperti layaknya WhatsApp Status yang bakal menghilang secara otomatis setelah hitungan 24 jam. Fitur pesan yang hilang tersebut akan memungkinkan para pengguna WhatsApp untuk mengatur durasi waktu yang diperlukan untuk mem-posting pesan tertentu yang akan segera terhapus secara otomatis nantinya.

WhatsApp Secure Backup

Terakhir, WhatsApp dikatakan sedang menguji sebuah fitur keamanan baru yang akan mengamankan backup/cadangan obrolan. Saat ini, pengguna dapat mencadangkan riwayat obrolan milik mereka di iCloud dan Google Drive, tetapi file backup tersebut tetaplah tidak dilindungi oleh sistem enkripsi end-to-end oleh WhatsApp pada saat sudah berada di cloud.

Nah, fitur keamanan yang baru ini akan menyelesaikan masalah tersebut sehingga memungkinkan para pengguna untuk mengenkripsi backup, cadangan, mau pun riwayat atas obrolan mereka sebelum mengunggahnya ke cloud.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top