LOADING
REVIEW

Serunya Viola's Quest, Sebuah Marble Shooter yang Menantang

Andy Chan   06 Aug 2018
Serunya Viola's Quest, Sebuah Marble Shooter yang Menantang

Pernah tahu game bergenre Marble Shooter? Dalam game yang boleh disebut sebagai action puzzle tersebut, pemain menembakkan marbles (kelereng) untuk membentuk tiga atau lebih warna yang sama dan menghancurkan marbles-nya sampai tuntas. Kini ada sebuah varian baru dari genre Marble tersebut, karya Two Desperados. Ikutilah kisah Viola dalam misinya menghentikan Desmond yang jahat menembus berbagai lokasi cantik nan menawan dalam sebuah game unik yang diberi judul Viola's Quest: Free match 3 Marble Blast Game.

Viola's Quest adalah sebuah game puzzle bergenre marble shooter, di mana pemain mengendalikan sebuah seekor kumbang yang berada di tengah layar untuk menghancurkan para marbles yang bergerak ke titik akhir. Apabila pemain gagal menghancurkan semua marbles sebelum mereka mencapai garis finish, maka pemain pun akan kehilangan satu Life.

Metode pengendalian semuanya menggunakan layar sentuh. Pemain cukup menyentuh sebuah lokasi untuk menembakkan sebuah marble ke arah yang diinginkan. Apabila pemain menyentuh kumbang penembak marbles yang ada di tengah, pemain pun bisa mengganti marble yang akan ditembakkan dengan satu marble lainnya. Sederhana, bukan?

Tapi berbeda dengan game marble shooter lainnya yang populer macam Zuma, Viola's Quest memiliki power up unik di mana pemain memiliki kekuatan sihir yang siap memudahkan permainan. Setiap pemain menghancurkan marbles, maka Rune di sebelah kiri bawah permainan akan terisi. Apabila Rune ini sudah terisi penuh, maka pemain pun bisa menggunakan sebuah magic blast yang bisa membersihkan sebagian marbles yang ada di layar. Hal tersebut diperlukan karena para marbles banyak yang memiliki fungsi tersendiri, misalnya marbles untuk memundurkan gerakan, marbles untuk menghentikan waktu, marbles yang bisa berubah warna, marbles yang beku, dan sebagainya. Apabila tidak ingin pusing, cukup hancurkan saja semuanya dengan magic blast.

Tujuan dari masing-masing stage pun cukup bervariasi, ada stage di mana pemain harus melepaskan capung, ada stage melawan waktu untuk mencapai sebuah skor tertentu, ada stage standar yang meminta hanya untuk membersihkan semua marbles, ada juga boss stage.

Boss stage adalah sesuatu yang baru dalam Viola's Quest. Dalam boss stage, pemain bertugas untuk menembakkan marbles ke arah boss yang berlokasi di luar deretan marbles yang bergerak. Untuk bisa menembak boss tersebut, pemain harus menciptakan sebuah celah agar marbles yang ditembakkan bisa mengenainya tanpa terhalang oleh para marbles yang bergerak itu. Apabila sudah ditembak, Boss tersebut juga bisa berpindah lokasi, tidak hanya di satu lokasi saja, sehingga permainan akan terasa sengit.

Tapi hal yang paling unik dalam Viola's Quest adalah kemampuan pemain untuk menghias sebuah taman milik pribadi dalam. Setelah pemain mencapai stage 13, maka dia pun meng-unlock yang namanya Garden. Nah, taman ini bisa dihias sesuka hati, tentunya apabila pemain memiliki material untuk membangunnya. Cara mendapatkan material ini pun unik, pemain bisa mengunjungi garden milik orang lain dan memainkan sedikit mini game menangkapi daun jatuh. Mini game bisa dimainkan setiap beberapa saat sekali, jadi pemain memiliki cukup alasan untuk membuka Viola's Quest.

Dari segi grafis, Viola's Quest tampil secara 2D kartun yang cukup menawan. Ada total 13 buah chapter atau lokasi untuk dikunjungi, masing-masing lokasi memiliki sejumlah stage untuk diselesaikan. Setiap lokasi pun memiliki tampilan yang unik, mulai dari Enchanted Woods yang hijau, Forest of neverending Night yang kelam, dan seterusnya sampai ke Holy Fox Temple. Didukung dengan karakter-karakter unik yang siap membantu Viola yang cantik, Viola's Quest memang sedap untuk dipandang.

Viola's Quest sendiri hadir secara free-to-play, dan seperti yang sudah disebutkan memiliki sistem Life di mana apabila pemain gagal menyelesaikan sebuah stage, maka Life yang dimiliki akan berkurang satu. Life sendiri akan hadir kembali setiap setengah jam, jadi waktu tunggunya boleh dibilang lumayan juga. Game-nya sendiri bisa dimainkan secara offline, jadi pemain tidak perlu khawatir mengenai gangguan iklan. Ada tersedia mikrotransaksi untuk pembelian Gold yang bisa digunakan untuk melakukan continue.

Viola's Quest bukanlah sebuah game yang santai. Pemain diwajibkan untuk selalu awas dan memperhatikan dengan jelas mengenai posisi para marbles di layar. Kesalahan melihat warna biasanya berakibat fatal. Kalau Anda menginginkan sebuah game puzzle action yang membutuhkan ketelitian dan kejelian menembak, Viola's Quest pantas dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top