REVIEW

Serunya Pertarungan di Langit dalam Warplanes: WW2 Dogfight

Andy Chan   18 Nov 2018
Serunya Pertarungan di Langit dalam Warplanes: WW2 Dogfight

Perang Dunia II adalah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia sampai akhirnya mereka membentuk dua aliansi militer yang besar, yaitu Sekutu dan Poros. Dalam pertempuran sengit ini, berbagai macam peralatan perang digunakan oleh mereka, mulai dari tank, kapal laut, hingga pesawat tempur.

Warplanes: WW2 Dogfight merupakan sebuah game karya Home Net Games di mana pemain bisa ikut berperang menggunakan berbagai macam pesawat tempur. Asiknya, pemain bisa berpihak kepada tiga negara, apakah itu Great Britain, USSR ataupun Jerman.

Pengendalian Pesawat

Warplanes: WW2 Dogfight memiliki dua macam tipe pengendalian yang bisa dipilih oleh pemain.

Pengendalian menggunakan Accelerometer

Disebut juga dengan pengendalian ala gyro atau motion control, pemain mengendalikan pesawat dengan cara memiring-miringkan ponsel pintarnya. Metode ini lebih akurat, namun apabila kalian memainkannya di tempat umum, kalian akan terlihat lucu dan jadi tontonan.

Pengendalian menggunakan Virtual Joystick

Cara pengendalian yang satu ini lebih umum digunakan, dan juga lebih mudah untuk dilakukan. Pemain tinggal menyentuh layar, lalu menggerakkan ibu jari kiri ke arah yang kalian inginkan untuk mengarahkan pesawat ke posisi tersebut.

Selain metode pengendalian pesawat, pemain juga bisa menyentuh beberapa icon di layar seperti icon boost untuk melaju lebih cepat, icon targeting untuk melakukan auto aim pada pesawat musuh, icon peluru untuk menembaki pesawat musuh, serta icon bom apabila pesawat yang dikendalikan memiliki kemampuan untuk membuang bom.

Sebuah Simulasi Skuadron Pesawat yang Unik

Uniknya Warplanes: WW2 Dogfight ini adalah kemampuan pemain untuk menciptakan sebuah skuadron pilot pesawat dan mengembangkan markas tempur secara mendetail. Jadi tidak hanya terbang sendirian saja, pemain juga bisa membawa sebuah skuadron tempur dalam peperangan mereka. Skuadron ini pun bisa diberikan perintah, seperti disuruh menyerang pesawat lain atau pun melakukan serangan darat, bahkan sampai pemboman target.

Fitur Berganti Kendali yang Instan

Kerennya, ketika pemain sedang bertempur di angkasa bersama dengan skuadronnya, mereka bisa langsung berpindah kendali ke pesawat lain dengan cara menyentuh tombol pesawat dan memilih pesawat yang diinginkan. Jadi pemain bebas ingin mengendalikan pesawat tempur ataupun pesawat pembom sesuai keinginan.

Pembangunan Markas yang Keren

Warplanes: WW2 Dogfight memiliki empat buah mata uang, yaitu gold, medal, silver, dan bahan bakar. Gold berlaku sebagai mata uang premium, dan baik gold maupun silver, bisa digunakan untuk memperbagus markas dengan berbagai macam upgrade speerti menambah hangar, menambah AA Cannon, Workshop, dan sebagainya. Selain itu, pemain juga memiliki Skill Manager yang berguna untuk meringankan beban biaya harian markas. Dan apa pun yang kalian lakukan untuk meng-upgrade markas, akan terlihat di layar dalam tampilan 3D.

Grafis 3D yang Cantik

Warplanes: WW2 Dogfight menggunakan grafis ala 3D yang cantik. Pemain bisa menikmati serunya pertempuran dengan mendetail, lengkap dengan ledakan-ledakan pesawat musuh serta panorama yang menawan sebagai latar belakang pertempuran di Asia, Afrika dan Eropa. Apalagi suasana pertempuran juga ditambah dengan suara radio berbahasa Inggris, Rusia dan jerman yang menambah otentiknya suasana perang dunia.

Lebih dari 30 Pesawat Bersejarah

Game ini juga menyediakan lebih dari 30 macam pesawat bersejarah yang otentik, mulai dari pesawat klasik yang ringan sampai ke pesawat pembom yang berat. Sebut saja, Spitfire, Hurricane, Lancaster, Il-2 "Shtrumovik", La-5FN, Ju-87 “Stuka”, Fw 200 “Condor”, dan masih banyak lagi yang bisa kamu kendalikan.

Kustomisasi yang Menawan

Dan yang paling asyik, kalian juga bisa melakukan kustomisasi, upgrade, serta mengecat ulang pesawat-pesawat tempur tersebut agar menjadi sebuah pesawat tempur yang benar-benar personal untuk kalian.

Fitur Free-to-Play yang Menarik

Sebagai salah satu game gratisan, Warplanes: WW2 Dogfight ini sistemnya menggunakan sistem bahan bakar pesawat sebagai pembatasan penerbangan, namun bahan bakar akan kembali hadir setelah beberapa waktu berlalu. Selain game-nya bisa dimainkan secara offline, tersedia juga berbagai macam mikrotransaksi yang siap membantu kalian memperbagus pasukan pesawat, seperti pembelian Gold, Premium Mode, Bundel pesawat, dan bermacam-macam booster.

Dengan game ini, pemain ditantang untuk menjadi pemimpin skuadron pesawat tempur yang ternama dalam variasi misi dalam masing-masing campaign. Akhir kata, Warplanes: WW2 Dogfight merupakan salah satu game pesawat tempur jaman Perang Dunia II yang benar-benar otentik, lengkap, strategis, seru, dan menawan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top