REVIEW

Restaurant Dash: Gordon Ramsay, Serunya Bangun Restoran bareng Gordon Ramsay

Andy Chan   10 Feb 2019
Restaurant Dash: Gordon Ramsay, Serunya Bangun Restoran bareng Gordon Ramsay

Pernah nonton acara Hell's Kitchen? Kalau pernah, pastinya kalian sudah kenal dengan host dari acara tersebut yaitu koki selebritis Gordon Ramsay. Dia dikenal sebagai seorang presenter acara TV mengenai masak yang sering menghina dan memberikan komentar kontroversial kepada para kontestan acaranya. Kali ini Gordon Ramsay hadir dalam game mobile Restaurant Dash: Gordon Ramsay, persembahan dari Glu yang juga dikenal dengan game kenamaannya, Diner Dash.

Kehadiran Gordon Ramsay dalam Game bertipe Dash

Game bertipe dash sebenarnya sudah banyak, seperti Cooking Dash dan Diner Dash. Namun game yang satu ini memiliki kelebihan dengan hadirnya Gordon Ramsay sebagai pembimbingmu dalam membangun sebuah kerajaan restoran yang sukses di seluruh dunia. Tipe permainannya sendiri masih sama, pemain harus menyajikan makanan yang dipesan oleh tamu secara cepat, namun kali ini Gordon Ramsay akan mengawasimu selama permainan.

Game bertipe Dash yang Membutuhkan Kecekatan

Sama seperti game tipe dash lainnya, pemain harus cekatan dalam melayani tamu yang berkunjung makan di restorannya. Setelah melihat apa menu yang mereka pesan, pemain tinggal menyentuh makanan yang diinginkan, sentuh panggangan apabila perlu dipanggang, dan kemudian menyentuh tamunya apabila sudah selesai. Setelah itu pemain tinggal menyentuh uang pembayaran yang ditinggalkan oleh tamu agar mendapatkan penghasilan.

Membuat Antrian Perintah

Pemain juga bisa melakukan stacking command alias menyentuh beberapa hal sekaligus agar karakternya berjalan sesuai antrian perintah, misalnya menyuruhnya mengambil daging, menaruhnya di panggangan, kemudian mengarahkannya ke roti, dan kemudian menyentuh tamu, akan membuatnya melakukan semua hal tersebut secara berurutan, meskipun proses di tengahnya butuh waktu.

Super Gordon!

Dengan mengumpulkan kombo ketika melayani konsumen, maka super bar yang ada di bawah layar pun akan terisi. Begitu super bar ini penuh, saatnya kalian menyentuh Gordon Ramsay dan dia pun akan berubah menjadi Super Gordon dan melayani semua konsumen yang ada dengan cepat dan instan. Luar biasa kan, kehadiran Gordon Ramsay di game ini?

Ciptakan Karaktermu Sendiri

Berbeda dengan Diner Dash yang memiliki karakter utama gadis cantik yang imut, dalam Restaurant Dash: Gordon Ramsay, pemain berkesempatan untuk menciptakan sendiri karakter utamanya. Pemain diberikan pilihan jenis kelamin apakah laki-laki atau wanita, lalu pemain bisa melakukan randomisasi demi mendapatkan penampilan yang diinginkan. Sedikit catatan, pilihannya cukup sedikit, jadi entah mengapa mereka menyuruh pemain melakukan randomisasi, bukannya mengijinkan memilih secara manual saja.

Sistem Upgrade Restoran

Seperti biasa, uang yang dikumpulkan dalam permainan bisa digunakan untuk upgrade restoran. Pemain bisa meng-upgrade berbagai hal dalam restoran milik mereka, mulai dari upgrade perkakas masak agar lebih cepat, upgrade storage agar bisa menyimpan makanan jadi, atau bahkan meng-upgrade makanan itu sendiri agar penghasilan menjadi lebih tinggi.

Stage yang Diibaratkan sebagai Episode

Game Restaurant Dash: Gordon Ramsay ini diibaratkan sebagai salah satu acara yang dibawakan oleh Gordon Ramsay. Oleh karena itu, setiap stage diberikan nama sebagai episode, dan setiap level dinamakan Season. Jadilah Season 1, Episode 1 sebagai stage pertama, sehingga bisa diibaratkan pemain adalah peserta dari acara Gordon Ramsay yang sedang ditonton banyak orang.

Duel Online

Jika kalian suka bertarung dengan teman-teman, game ini menyediakan mode Chef Duel di mana kalian bisa membuktikan kepada teman kalaian siapakah koki paling top di antara kalian.

Artwork gaya Glu yang Menawan

Tidak kalah dengan game tipe dash milik Glu lainnya, Restaurant Dash: Gordon Ramsay juga memiliki artwork yang menawan. Gordon Ramsay sendiri tampil secara kartun namun tetap bisa dikenali dengan baik. Animasi ketika sedang bermain pun benar-benar menarik untuk disimak. Pemain juga memiliki kemampuan untuk membeli berbagai kostum yang akan tampil menghias karakternya sepanjang permainan.

Free-to-Play yang Menarik

Restaurant Dash: Gordon Ramsay juga disajikan oleh Glu secara free-to-play, dan secara teknis, game ini tidak butuh koneksi Internet. Namun apabila pemain memainkannya secara online, maka pemain bisa beradu dengan pemain lain secara online dalam Chef Duel. Sedikit batasan dalam permainan adalah keberadaan Supplies alias bahan masakan, karena pemain harus menggunakan Supplies untuk bisa memainkan sebuah episode. Itulah sistem stamina yang digunakan dalam game ini. Apabila dibutuhkan, game-nya juga menyediakan mikrotransaksi berupa pembelian mata uang premium berupa Gold, pembelian koin, serta pembelian pake VIP.

Game bertipe dash memang banyak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Glu adalah salah satu developer game yang bisa membuat sebuah game seperti ini menjadi seru dan adiktif. Restaurant Dash: Gordon Ramsay dijamin memberikan sebuah pengalaman bermain yang semakin lama semakin sibuk, ramai, dan seru.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top