REVIEW

Serunya Bertualang di Dunia Open World, Bow Land

Andy Chan   11 Sep 2020
Serunya Bertualang di Dunia Open World, Bow Land

Selamat datang para pemanah jitu ke dunia mistis yang berbahaya, Bow Land! Sebagai seorang pemanah tunggal, kamu akan berhadapan dengan berbagai marabahaya di dalam dunia ini, termasuk monster-monster dan perangkap mematikan, namun kalau berhasil, kamu akan mendapatkan hadiah yang menakjubkan serta kekuatan yang luar biasa. Itulah sekilas mengenai game buatan Huuuge Games yang berjudul Bow Land.

Menciptakan Pemanah Paling Kuat

Dalam Bow Land, pemain berperan sebagai seorang pemanah, di mana dia bisa mengkustomisasikan berbagai macam item dan artifak serta skill untuk menciptakan sendiri seorang pemanah impiannya. Yah, kalau boleh dibilang, game ini terinspirasi dari game roguelike action, Archero, namun dia telah mengevolusikan permainannya sedemikian rupa sehingga menjadi lebih unik.

Pengendalian Permainan

Pemain mengendalikan karakternya dengan menggerakkan sebuah virtual analog. Apabila pemain berhenti bergerak, maka karakternya akan secara otomatis menembaki musuh. Pemain harus menghindari tembakan dan serangan musuh, lalu secara strategis berhenti bergerak dan membalas serangan mereka. Yah, cukup standar untuk permainan action RPG roguelike seperti ini.

Level Up dan Pemilihan Skill

Setiap pemain mengumpulkan experience yang cukup, maka mereka akan naik level. Nah, setiap naik level, akan ada pilihan tiga buah random skill yang bisa diaktifkan. Ada berbagai macam skill yang bisa diambil, seperti membuat tembakan panah menjadi bercabang, memperkuat tembakan, atau bahkan memberikan elemen api pada tembakannya. Dengan acaknya pilihan yang diberikan, setiap kali bermain akan memberikan pengalaman yang berbeda-beda.

Memasang Gear

Setiap menyelesaikan sebuah level permainan, pemain akan mendapatkan sejumlah loot berupa gear dan uang. Gear ini akan bisa dipasangkan ke karakternya untuk membuatnya menjadi lebih kuat dengan efek-efek seperti mendapatkan healing tambahan, atau kesempatan untuk tidak kena serang. Gear ini juga bisa di-upgrade dengan menggunakan uang, tentunya dengan biaya yang tidaklah murah.

Penggunaan Perks

Selain gear, pemain juga memiliki akses untuk membeli Perks, alias efek permanen. Ada banyak macam Perks yang bisa dibeli, seperti menambah Strength, mempertinggi Health, atau meninggikan Luck agar mendapatkan loot yang lebih bagus.

Meramaikan Kota

Salah satu hal unik dalam Bow Land adalah keberadaan sebuah kota. Di sepanjang permainan, pemain akan menemukan penduduk yang dikurung oleh para monster. Dengan menyelamatkan para penduduk, maka kota ini akan akan semakin ramai dihuni.

Grafis 3D dengan Sudut Pandang Bervariatif

Bow Land tampil dengan grafis 3D yang sangat menawan. Pemain bisa memilih satu di antara lima karakter elegan, yaitu Robin, Bonny, Orius, Xavi, dan Stella, yang tentu saja harus didapatkan dengan menggunakan mata uang premium, Gems. Tapi salah satu kelebihan dari Bow Land adalah dunianya yang dilihat dalam tiga dimensi, terkadang dilihat dari belakang, terkadang dilihat dari atas. Pemain tidak statis berada dalam satu ruangan saja, mereka bisa berjalan-jalan di dunia Bow Land secara bebas, di mana akan ada event serangan musuh di titik-titik tertentu. Dengan kata lain, Bow Land benar-benar terasa seperti sebuah dunia open-world yang dinamis.

Tidak Bisa Offline

Namun kekurangan dari game free-to-play yang satu ini adalah kewajiban pemain untuk senantiasa online. Pemain harus punya koneksi Internet kalau ingin memainkan Bow Land, kalau tidak, game-nya tidak akan mau jalan. Selain itu, pemain juga harus menggunakan Stamina untuk menjalankan sebuah level, di mana jumlah stamina ini tentunya terbatas dan ada waktu tunggu untuk mengisinya kembali. Apabila diperlukan, pemain juga bisa membeli Gems dengan menggunakan in-game store.

Akhir kata, game ini berhasil mengambil basis dari Archero, dan mengembangkannya sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman bermain yang benar-benar beda dengan game asalnya. Jadi angkat busurmu, ambil skill-mu, dan kalahkan musuh dalam game open world action roguelike ini, Bow Land!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top