LOADING
REVIEW

Serunya "Back to Campus" dalam Party in my Dorm

Andy Chan   09 Jun 2018
Serunya "Back to Campus" dalam Party in my Dorm

Apakah kalian kangen dengan masa-masa di kampus? Atau ingin mencoba kembali merasakan bagaimana serunya kehidupan kampus? Inilah dia, Party in my Dorm, sebuah simulasi game kehidupan kampus, persembahan dari A Thinking Ape Entertainment yang akan membawamu menjadi mahasiswa lagi dalam sebuah game mobile yang unik.

Judulnya mungkin seru ya, "Party in my Dorm". Ini karena simulasi kampus yang dilakukan oleh A Thinking Ape Entertainment adalah simulasi kampus di Amerika Serikat, di mana biasanya para mahasiswa memiliki yang namanya asrama sendiri dan mereka pun bisa bersosialisasi dan membentuk kelompok masing-masing. Tidak jauh berbeda sih dengan di Indonesia.

Pada awal permainan, pemain akan diberikan kesempatan untuk menciptakan sendiri karakter yang ingin dimainkan, lengkap dengan pilihan nama dan avatar yang juga menentukan jenis kelamin. Setelah itu, pemain pun bisa langsung tinggal di kamar asramanya, dan mulai bertualang di kampus.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kampus, yang pertama tentunya adalah bertemu dengan teman baru. Nah, dalam Party in my Dorm ini, "teman" yang akan ditemui olehmu itu bukanlah NPC, melainkan pemain lain yang juga memainkan Party in my Dorm secara online. Uniknya, selain berteman dan melakukan chatting dengan mereka, pemain juga bisa berinteraksi dengan cara sedikit "kasar", misalnya menghajar mereka untuk merebut uangnya, mengajak mereka adu disko dengan hadiah uang, ngerjain mereka, atau bahkan mencari tahu mengenai kebusukan mereka dengan cara memata-matainya.

Memang adu disko dan ngajak berantem itu menghasilkan uang, namun sebenarnya ada cara yang lebih efektif untuk mendapatkan uang, yaitu dengan cara bekerja. Ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pemain, termasuk menjadi tutor, memotong rumput, mencoba belajar di kelas, membantu teman mencatat pelajaran, dan banyak lagi yang masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan tentunya tingkat pembayaran yang bervariasi.

Baik mengajak berantem pemain lain ataupun bekerja, keduanya akan menghabiskan yang namanya Strength dan Intelligence. Kedua stats ini berfungsi sebagai sistem stamina dalam Party in my Dorm, dan akan kembali terisi seiring berjalannya waktu.

Kamar milikmu pun bisa dikustomisasi sesuka hati, mulai dari hiasan di dinding, ranjangnya, sampai ke wallpaper dari ruangannya pun bisa dimodifikasi. Selain kustomisasi kamar, penghuni-penghuni dari asramamu juga bisa ditambahkan dan dikustomisasi sendiri, yang akan meningkatkan batas maksimum Strength dan Intelligence.

Tentunya untuk mendapatkan kustomisasi ini harus dibeli, baik menggunakan uang in-game, ataupun mata uang premium berupa "Extra Credit". Tersedia mikrotransaksi untuk pemain membeli Extra Credit dan Catatan Dokter yang akan mengembalikan Strength dan Intelligence. Extra Credit juga bisa digunakan untuk membeli avatar baru dan merubah penampilanmu menjadi lebih keren.

Masing-masing avatar memiliki artwork yang berbeda, dan Party in my Dorm tidaklah mengecewakan dalam memberikan pilihan avatar. Paling tidak, pasti ada satu atau dua avatar yang cocok dengan kepribadianmu. Dengan tampilan layar yang cukup intuitif, meskipun mungkin perlu sedikit dipelajari, Party in my Dorm tampil menawan hati.

Bagaikan rentenir, Party in my Dorm juga menyediakan jasa "Bank", di mana uangmu katanya akan aman di dalam Bank dan tidak bisa direbut oleh pemain lain. Lucunya, bukannya kita mendapatkan bunga untuk menyimpan dalam Bank tersebut, malah dikenai biaya sebesar 20% secara flat. Yah, maklum lah, bank-nya hanyalah penitipan saja, bukan bank sesungguhnya.

Namun seperti yang sudah disebutkan, Party in my Dorm itu adalah sebuah game online. Meskipun game-nya gratis alias free-to-play, pemain wajib memiliki koneksi Internet untuk main. Dengan tujuan utama menjadi orang paling keren dan populer di kampus, Party in my Dorm boleh dibilang adalah sebuah game sosial online yang unik dan tidak ada duanya.

Mau berteman dengan semua orang? Bisa! Butuh teman bicara? Dijamin ada satu atau dua orang yang bersedia ngobrol denganmu. Mau pacaran pun bisa, bahkan disediakan fitur pacaran khusus untuk mendukung hal tersebut! Jika Anda ingin menghidupkan kembali kenangan masa-masa kuliah, Party in my Dorm wajib dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top