REVIEW

Serunya Aksi Pendekar Mungil dalam Soul Knight

Andy Chan   04 Jul 2017
Serunya Aksi Pendekar Mungil dalam Soul Knight

Dalam masa pedang dan sihir, sebuah batu mistis yang mempertahankan kestabilan dunia telah dicuri oleh alien berteknologi tinggi. Oleh karena itu, berbagai macam pendekar hadir untuk merebut kembali batu mistis tersebut dari tangan para alien. "Kami juga tidak bisa menggombal lebih banyak mengenai ceritanya, jadi marilah kita menembaki para alien tersebut!" demikian yang diungkapkan oleh developer game Soul Knight, ChillyRoom. Ya, siapa yang peduli dengan cerita kalau game-nya sudah asyik, bukan?

Soul Knight merupakan sebuah game action survival semi-roguelike yang perspektifnya dilihat dari atas. Pengendalian karakter menggunakan virtual gamepad, jadi pemain diberikan sebuah gamepad di sebelah kiri untuk menggerakkan karakter, tombol action untuk menyerang, tombol skill untuk mengaktifkan skill, serta sebuah icon senjata untuk mengganti senjata. Pemain harus menghindari berbagai tembakan lawan, dan menyerang lawan dengan senjata miliknya.

Tersedia total 145 macam senjata untuk didapatkan. Mulai dari pistol jelek, panah, tongkat sihir sakti, kapak sampai ke persenjataan modern macam UZI atau pun rifle. Asyiknya di sini, untuk senjata proyektil, tembakan pemain biasanya secara otomatis langsung diarahkan ke lawan tanpa perlu repot untuk melakukan aiming.

Terdapat tiga buah stat di dalam permainan, yaitu Life, Armor, dan Energy. Apabila pemain tertembak oleh musuh, maka Armor yang direpresentasikan dengan icon Shield akan berkurang. Apabila Armor habis dan pemain terkena tembakan, maka Life akan mulai berkurang. Dan, jika Life ini sampai habis, maka karakter pemain akan tewas. Armor akan kembali bertambah seiring dengan berjalannya waktu, jadi apabila Armor habis, ada baiknya untuk kabur terlebih dahulu. Sementara itu, Energy digunakan oleh berbagai macam senjata yang tidak standar, misalnya tongkat sihir sakti dengan tembakan yang menyebar akan menggunakan Energy sebagai peluru. Demikian pula halnya dengan berbagai persenjataan modern, macam UZI dan lainnya.

Dungeon di dalam Soul Knight adalah random, jadi pemain tidak akan pernah mengetahui apa yang akan dihadapi di dalamnya dan bakal selalu menemukan hal-hal yang baru. Kadang, satu ruangan bisa berisi musuh semua, atau bisa juga berisi toko, bahkan kadang ada patung untuk disembah. Dalam dungeon, pemain pun akan menemukan kotak harta yang berisikan benda-benda random. Bisa berisikan senjata, bisa juga uang, atau healing potion. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencapai portal ke stage berikutnya, yang berlokasi secara random juga.

Di luar perjalanan dungeon, tersedia sebuah hub dimana pemain bisa memilih karakter untuk dimainkan, mengobrol dengan karakter lain, mengecek kiriman tukang pos (untuk mengambil bonus login harian), menonton TV (alias video iklan) untuk mendapatkan bonus, dan lain sebagainya.

Grafis dari Soul Knight tampil secara retro, para pendekar diwujudkan secara imut dan cebol, lengkap dengan animasi pergerakan sederhana ketika sedang berada dalam dungeon. Tapi, yang paling mengasyikkan dari Soul Knight adalah lagunya yang menemani petualangan dalam dungeon dan membuat pemain menjadi hype. Boleh dibilang, permainan ini memiliki salah satu soundtrack yang terkeren dalam sebuah game mobile.

Soul Knight merupakan sebuah game free-to-play yang memiliki mikrotransaksi untuk meng-unlock karakter. Ada karakter yang bisa dibeli dengan menggunakan in-game money berupa gem, ada juga yang harus menggunakan uang asli. Selain meng-unlock karakter, juga terdapat mikrotransaksi untuk membeli gem dengan menggunakan in-game shop yang berlokasi di dalam kulkas di hub. Tidak ada iklan yang mengganggu permainan, namun pemain bisa menonton video iklan untuk mendapatkan bonus.

Meski pun kelihatannya sederhana dan banyak bantuannya seperti auto-aiming, Soul Knight Sebagai sebuah game action shooter ternyata sangatlah menantang pemain untuk menghindari tembakan-tembakan edan dari lawan. Inilah game mobile yang pantas untuk dipasang di smartphone milik para penggemar dungeon crawling.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top