REVIEW

Seru tapi Santai! Yuk, Main Bricks Ball Crusher!

Andy Chan   25 Feb 2020
Seru tapi Santai! Yuk, Main Bricks Ball Crusher!

Saatnya untuk kembali lagi ke genre Bricks Breaker, sebuah permainan klasik yang menyenangkan dan membuat santai. Biasanya game bricks breaker itu dimainkan secara real-time, namun ada sub-genre dari Bricks Breaker yang dimainkan secara turn-based, biasanya karena satu bricks butuh ditembak berkali-kali baru hancur. Itulah yang diangkat oleh Poseidon Games dalam game Bricks Breaker mereka, Bricks Ball Crusher.

Varian dari Game Bricks

Bricks Ball Crusher adalah sebuah game unik, di mana pemain menembakkan sejumlah bola untuk menghancurkan semua bricks yang ada di medan permainan. Namun sebenarnya game ini lebih mirip seperti game puzzle, karena setiap turn yang diambil oleh pemain, bricks yang ada di medan permainan akan bergerak turun ke bawah. Apabila bricks sampai mengenai lantai bawah, barulah terjadi game over.

Membersihkan Layar dari Bricks

Dalam setiap level Bricks Ball Crusher, pemain harus menghancurkan bricks yang ada di medan permainan. Masing-masing bricks memiliki sebuah angka, dan pemain harus menembakkan bricks tersebut dengan bola. Setiap satu bola yang mengenai bricks akan mengurangi angkanya satu, dan bricks baru akan hancur apabila sudah mencapai angka nol.

Untuk mengendalikan arah tembakan, pemain cukup menyentuh posisi layar yang diinginkan, dan ke-limapuluh bola pun akan ditembakkan sambil memantul dari apapun yang ditabraknya. Begitu semua bola sudah kembali mendarat di bawah, turn pun berakhir dan kumpulan bricks yang tersisa akan turun satu. Hancurkan semua bricks sebelum mereka mencapai bagian bawah layar. Sederhana, kan?

Komplikasi Permainan

Di setiap level permainan Brick ini, terdapat yang namanya tiga buah bintang untuk didapatkan. Pemain bisa mengumpulkan bintang ini dengan cara menghancurkan bricks secara tepat. Selain itu, terkadang juga ada elemen-elemen menarik yang bisa merubah gaya bermain, seperti kehadiran kelelawar yang bisa memakan bricks, bricks khusus yang bisa menghancurkan kolom, serta keberadaan bricks berisi mata uang premium.

Tools Bantuan

Ada banyak lho, tools yang bisa membantu pemain dalam menyelesaikan level. Ada Timer untuk memundurkan waktu satu turn, Rocket untuk menghancurkan bricks, Add Balls untuk menambahkan jumlah bola, Iron Blocks yang membantu memantulkan bola, dan lain sebagainya. Semua tools ini terbatas, dan dijual dengan menggunakan mata uang premium.

Tampilan yang Unik

Tidak seperti game Bricks lainnya yang menaruh bricks secara acak, Bricks Ball Crusher justru menggunakan komposisi tampilan bricks dengan unik. Ada bricks yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah smiley, pesawat terbang, dan lain sebagainya. Pemain juga akan bisa melakukan kustomisasi pada bola yang digunakan, tentu saja dengan ongkos mata uang premium yang tidak murah. Tapi pastinya, sangat menyenangkan melihat para bola menghancurkan bricks dalam game ini.

Main tanpa WiFi atau Mobile Data

Salah satu kelebihan Bricks Ball Crusher yang hadir secara free-to-play ini adalah kemampuannya untuk bisa dimainkan tanpa perlu ada WiFi ataupun mobile data. Tapi tentu saja, ada sedikit kekurangan, yaitu keberadaan sebuah sistem stamina / energi di dalamnya yang berbentuk Life. Pemain akan menggunakan Life ini setiap kali main, baik menang maupun kalah, jadi kalau sampai habis, maka dia harus menunggu sekitar sepuluh menit baru bisa melanjutkan permainan. Terakhir, tentu saja ada sistem mikrotransaksi untuk membeli mata uang premium Diamond, serta menghilangkan iklan.

Selain permainan utamanya, Bricks Ball Crusher juga memiliki banyak varian mode lho. Ada mode Event, mode Super, Mode Gravity, Mode Clean, dan Mode Infinity, semuanya seru dan menantang untuk dicoba. Dengan konten sebanyak ini, tidak salah kalau Bricks Ball Crusher adalah salah satu game bricks breaker yang wajib berada di jejeran game-game ponsel pintar kalian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top