TIPS

Sering Menonton Streaming Bisa Bikin Gendut?

Dwi K   20 Aug 2019
Sering Menonton Streaming Bisa Bikin Gendut?

Menonton film dengan menggunakan streaming apps sebagai medianya memang sudah menjadi salah satu budaya bagi kita pada saat ini. Berbagai macam platform sudah tersedia, sehingga tergantung dari kita untuk memilih mana yang cocok.

Seringkali, kita menonton secara streamg selepas kita melakukan aktivitas sehari-hari untuk melepas penat dan demi bersantai. Tidak sedikit pula, ada yang melakukannya sebelum pergi tidur.

Ternyata, jika kita sering menonton apa yang dihadirkan secara streaming, seperti Netflix, Hooq, iFlix, dan lain sebagainya, sebelum pergi tidur, kebiasaan ini dikatakan dapat berpengaruh ke berat badan kita, lho!

Memangnya, apa hubungannya antara menonton dengan berat badan?

Ya, karena menonton secara streaming sebelum pergi tidur akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Waktu tidur kita menjadi terlambat, atau bahkan kita menjadi kurang tidur.

Hal tersebut juga dapat memicu nafsu makan hingga meningkat, dan memperlambat proses metabolisme dalam tubuh. Misalnya, kita menonton serial yang sedang seru-serunya, kita biasanya merasa lapar dan akhirnya jadi mengemil, bukan?

Seringnya, kita bahkan terekspos dengan sinar layar yang memancar dari gadget milik kita, yag juga dapat membuat kualitas tidur jadi memburuk.

Sebuah penelitan terhadap 34.722 perempuan menyebutkan bahwa 17 persen responden yang tidur dengan televisi menyala nyatanya memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami kenaikan berat badan. Hal ini telah diperhitungkan dengan menganalisa perubahan berat badan, ukuran, pinggang, pinggul, dan lain sebagainya serta menghitung Indeks Masa Tubuh mereka.

Dengan menonton secara streaming sambil mengemil nyatanya juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Bagi yang memiliki kebiasaan untuk menonton selama 2-4 jam, didapati bahwa mereka mempunyai resiko 54% lebih tinggi untuk mengalami kematian yang berhubungan dengan penyakit dengan gejala inflamasi, seperti Alzheimer, asma, diabetes, dan penyakit ginjal.

Lalu, bagaimana caranya agar berat badan kita tidak sampai naik walau pun kita ingin menonton?

Menontonlah dalam batas-batas yang wajar, agar tubuh kita tetap mendapatkan jumlah tidur yang cukup. Jangan terlupa juga untuk mematikan gadget kita jika ingin pergi tidur.

Menggunakan Mode Malam (Night Mode) pada handphone dan aplikasi juga akan membantu untuk meminimalisir cahaya yang terekspos pada kita.

Dan, jika memang merasa lapar, carilah cemilan yang sehat atau perbanyaklah meminum air putih.

Menonton secara streaming di aplikasi-aplikasi, seperti Netflix, Hooq, atau iFlix, memang seru dan bisa bikin ketagihan, namun berilah batasan pada kebiasaan ini agar badan kita bisa tetap sehat dan terjaga kondisinya sehingga kita juga tetap bisa mendapatkan hiburan untuk melepas penat dan demi bersantai.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top