TIPS

Sering Belanja Online? Simak Tips Berikut Ini, yuk!

Dwi K   26 Sep 2018
Sering Belanja Online? Simak Tips Berikut Ini, yuk!

Berbelanja online saat ini memang sudah sangat mudah. Cukup bermodalkan smartphone, kita bisa belanja apa saja. Mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, peralatan elektronik, hingga rumah pun bisa kita beli hanya dengan beberapa tap saja.

Situs-situs belanja online pun bermunculan. Masing-masing menawarkan harga yang terbaik dan promo-promo yang menggiurkan. Belum lagi yang berjualan di media social, makin banyak pilihan kita untuk berbelanja.

JIka kita berbelanja di situs-situs belanja online, maka kita harus mengetahui keamanan situs berbelanja tersebut agar belanja kita tetap aman dan nyaman.

Nah apa saja yang harus diperhatikan untuk berbelanja online? Yuk kita simak

Pastikan Kemanan Smartphone

Sebelum kita mulai berbelanja pada aplikasi ataupun situs belanja online, tentu kita harus memastikan perangkat kita aman. Mengapa? Gunanya untuk menghindari kebocoran data-data penting melalui malware-malware yang berpotensi hinggap di smartphone kita.

Install antivirus dan antimalware bila diperlukan untuk menjaga keamanan handphone kita. Update juga OS kita agar patch-patch terbaru bisa terpasang di smartphone kita. Gunakan pula koneksi yang dirasa aman seperti WiFI rumah atau koneksi operator yang kita gunakan, serta hindari menggunakan koneksi public yang keamanannya dirasa kurang.

Cek Reputasi Tempat Belanja Online

Sebenarnya hal ini bisa diminimalisir jika kita berbelanja di situs belanja online yang sudah kenamaan. Namun tidak ada ada salahnya berjaga-jaga. Cek kembali reputasi tempat belanja online tersebut, bagaimana respon customer servicenya, apakah fast respon ataukah membutuhkan waktu. Bagaimana kebijakan mereka tentang pengembalian barang, kerusakan barang, atau pedagang nakal. Cek juga terms and conditions yang disediakan oleh mereka jika kita ingin berbelanja dengan nominal yang cukup besar. Jangan lupa cek juga kebijakan situs belanja online tentang data pribadi kita, untuk berjaga-jaga data pribadi kita disalahgunakan atau malah diperjual belikan.

Cek Penjual dan Reputasinya

Dengan banyaknya penjual yang tersedia di situs-situs belanja online, tentu kita ingin penjual yang menawarkan harga terbaik dong. namun jangan mudah tergoda dengan iming-iming harga murah. cek reputasi toko dan testimoni-testimoni. di beberapa situs belanja, kita bisa melihat rating si penjual dan seberapa responsif penjual tersebut dalam membalas pesan dan membuat pesanan. terkadang ada pedagang yang harganya bagus, namun sangat lambat dalam membuat pesanan. tentu kita tidak ingin terlalu lama dong menunggu barang pesanan kita.

Periksa isi testimoni dari pembeli lain, apakah testimoni itu asli atau hanya generik alias rekayasa saja. Hal ini diperlukan agar kita mengetahui apakah penjual tersebut adalah penjual yang terpercaya atau tidak.

Jika penjual dirasa sudah aman dan memiliki reputasi baik, sekarang kita cek barang yang dia jual. apakah sesuai dengan yang kita butuhkan. cek terms and condition yang ada dan juga cek deskripsinya. misalnya jika kita ingin membeli handphone, cek spesifikasinya apakah sesuai dan bukan barang palsu atau kw. Jika ada barang yang memiliki diskon yang terlalu besar, coba cek kembali apakah benar atau tidak barangnya. jangan sampai tertipu atau mendapatkan barang yang tidak sesuai keinginan.

Pembayaran

jika memang barang sudah cocok, penjual sudah oke, nah saatnya kita mengecek bagian pembayaran. Pembayaran disini maksudnya adalah cara pembayaran, jumlah pembayaran dengan ongkos kirim. Sesuaikan dengan budget kita dan pilih cara pemnbayaran yang sesuai misalnya transfer atau membayar dengan kartu kredit.

jika kita ingin berjaga-jaga dengan nomor kartu kredit, COD alias Cash On Delivery bisa jadi pertimbangan demi keamanan. Saat ini pembayaran tidak hanya transfer atau kartu kredit saja, kita juga bisa memilih bayar di Minimarket agar lebih mudah.

Setelah transaksi dilakukan, jangan lupa untuk menyimpan bukti transfer. gunanya sebagai bukti jika sewaktu-waktu terjadi masalah dengan barang kita, baik dari pengiriman maupun retur.

Demikianlah tips-tips ringan dalam berbelanja online. Belanja online memang mudah dan menyenangkan, namun kita juga harus berhati hati demi keamanan dan kenyamanan kita. Nah apakah ada yang ingin dibahas lebih lanjut? atau ingin menyanggah tips diatas? komentar di bawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top