TIPS TRIK

Serba-serbi USB Type-C

Dwi K   24 Aug 2018
Serba-serbi USB Type-C

Banyak dari smartphone di era sekarang sudah menggunakan USB Type-C. USB Type-C sendiri merupakan suksesor dari Micro USB standar dan sudah merambah ke smartphone Mid-End semenjak tahun lalu.

Kali ini akan kita bahas mengenai serba-serbi USB Type-C. apa saja sih kelebihan dan kekurangannya? Yuk kita simak.

USB Type-C Charge Bolak-balik

Charge bolak-balik? Maksudnya gimana ya?

Jadi USB Type-C bukan hanya memiliki kedua ujung yang sama, namun juga berfungsi serupa dimana kita bisa mengatur kemana arah charge kita ditujukan. Kalo biasanya kita hanya melakukan charge satu arah, maka USB Type-C bisa membalikkan arahnya. Misalnya saat kita charge dengan powerbank, maka setelah penuh secara otomatis powerbank malah discharge oleh smartphone kita karena oleh system dirasa powerbank sudah mulai habis daya.

Hal ini tentu berguna bagi yang ingin mencharge handphone lain disaat tidak ada powerbank atau colokan. Kita tinggal menyambungkan kedua smartphone tersebut dan mengatur arah charge sesuai yang kita inginkan.

Charge lebih Cepat

Konon katanya para pakar sudah belajar dari kesalahan Micro USB terdahulu dan mengimplementasikan perubahannya pada USB Type-C ini. Charger menggunakan USB Type-C lebih cepat dalam mengisi baterai dengan pengisian 15 watts. Tentunya ini 5 kali lebih besar daripada charger lama kita. Dan jangan khawatir, ini aman untuk baterai kita.

Copy Data? Bisa!

Ingin Mengcopy MP3 atau Video dari satu smartphone ke smartphone lainnya? Dengan syarat kita memiliki Android Marshmellow dan USB Type-C maka kita bisa dengan mudah mengcopynya langsung, Android milik kita akan langsung mendeteksi android lain menggunakan ini dan akan menawarkan untuk mengcopy data.

Kita hanya butuh membuka File Explorer untuk menaruh dimana file akan kita simpan.

HDMI dan Audio

USB Type-C telah mulai menggantikan peran berbagai macam kabel. Kabel dengan VGA, DVI, Dan HDMI dimana USB Type-C sudah mempunyai koversi protocol. Tentu hal ini membutuhkan hardware yang pas dan software yang tepat.

Audio pun menjadi bahan perbincangan karena, seperti yang kita tahu Jack sudah mulai dihapuskan disini. Dan USB Type-C jack adapter harus mempunyai digital audio converter dan masih kompatibel dengan perangkat USB Type-C

Kelemahan USB Type-C

Meskipun terjadi peningkatan yang cukup signifikan dalam penggunaan USB Type-C pada smartphone akhir-akhir ini, ada beberapa kelemahan yang masih terlihat. Seperti kelistrikan yang beberapa masih mengandalkan USB2.0 dan bukan upgrade ke USB3.1. hal ini akan berpengaruh ke lama proses copy data. Beberapa kabel masih rapuh. Masih banyak smartphone yang hanya support USB2.0 dan banyak lainnya

Nah apakah smartphone mu sudah menggunakan USB Type-C? share di olom komentar dibawah ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top