REVIEW

Senangnya Kelola Pabrik Sendiri dalam My Factory Tycoon

Andy Chan   22 Oct 2020
Senangnya Kelola Pabrik Sendiri dalam My Factory Tycoon

Pabrik adalah sebuah kompleks di mana proses produksi terjadi, di mana para pekerja mengolah material menjadi produk jadi, lalu mengirimkannya kepada toko-toko retail untuk dijual. Ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang bos dari sebuah pabrik? Dalam My Factory Tycoon, pemain diberikan kesempatan untuk mengelola sebuah pabrik virtual.

Menjadi Pengelola Pabrik

My Factory Tycoon adalah game persembahan dari Stormx yang bergenre idle. Pemain diberikan sebuah pabrik untuk dikelola dan dikembangkan menjadi besar, di mana pemain bisa memilih mau ikutan aktif, atau membiarkan para pekerja bekerja tanpa pengawasan.

Proses Produksi Pabrik

Dalam sebuah pabrik, ada tiga buah bagian yang saling berkesinambungan untuk memproduksi sebuah produk, yaitu bagian produksi, bagian pengepakan, serta bagian pengiriman. Material atau bahan mentah akan diproses di bagian produksi, lalu dikirimkan ke bagian pengepakan untuk dibungkus, dan kemudian diserahkan ke bagian pengiriman untuk dikirim ke toko-toko retail dan dijual. Setelah proses selesai, uang pun akan mengalir masuk. Mudah, kan?

Upgrade Pabrik

Untuk mempercepat proses produksi dan volume penjualan, pemain harus melakukan upgrade pada ketiga bagian dari pabrik tersebut. Selain itu, pemain juga bisa menambahkan lini produksinya agar menjadi lebih banyak produk yang dihasilkan, tentunya dengan membayarkan sejumlah uang yang tidak sedikit.

Penggunaan Manager

Pemain juga akan bisa menggunakan manager-manager untuk mengelola dan meningkatkan proses produksi. Para manager ini bervariatif skill-nya, dan bisa diaktifkan setiap beberapa menit sekali. Jadi kalau pemain ingin pabriknya bekerja dengan lebih cepat dan efisien, ada baiknya untuk mengawasi kerja para manager ini dan menyuruh mereka aktif lagi setelah masa cooldown selesai.

Otomatisasi Pabrik

Sebenarnya pemain bisa mengetuk bagian dari pabrik untuk membuatnya bekerja lebih cepat, namun seiring upgrade yang dilakukan olehnya, maka pemain tidak lagi perlu mengetuk-ngetuk layar untuk mempercepat proses produksi. Para pekerja pabrik tersebut sudah bisa mengatur sendiri kerjanya secara otomatis, tanpa ada campur tangan pemain. Bahkan pabrik pun akan tetap berjalan ketika game ini tidak sedang dimainkan, dan hasilnya akan diberikan kepada pemain begitu mereka kembali berkunjung ke pabrik.

Keberadaan Bottleneck

Yang namanya proses produksi, tidak boleh sampai timpang antara satu bagian dengan bagian lain. Ini berarti, kalau bagian proses produksi menghasilkan produk lebih banyak dibandingkan kekuatan proses pengepakan atau pengiriman, maka akan terjadi bottleneck atau penumpukan barang yang menunggu diproses. Pemain harus bisa membagi upgrade antar bagian agar tidak terjadi ketimpangan.

Pemasukan Lainnya

Selain pengiriman barang via truk di pabrik, pemain juga akan bisa mengirimkan dan menjual barang dengan menggunakan kereta api ataupun helikopter. Tapi tentu saja, proses penjualan seperti ini membutuhkan waktu yang variatif dan biasanya lumayan lama, mulai dari pengiriman kereta 5 menit, hingga pengiriman helikopter yang bisa mencapai 12 jam. Reward yang didapatkan pun bervariatif, bahkan bisa mendapatkan mata uang premium juga lho.

Dunia Overworld yang Menawan

Grafis game ini tampil secara retro namun dengan pewarnaan yang cerah. Dan meskipun disebut sebagai game idle, namun ternyata My Factory Tycoon memiliki elemen-elemen yang membuatnya tampak menawan, seperti peta overworld yang cantik, serta berbagai macam lokasi untuk dikunjungi. Yang pasti, animasi proses produksi di pabrik-pabrik yang dimiliki pemain itu bisa membuat senang dan memberikan kepuasan tersendiri, apalagi ada berbagai macam produk yang bisa dibuat, seperti furniture, mainan, kapal, dan lain sebagainya.

Asyik Dimainkan tanpa Internet

My Factory Tycoon disediakan untuk mobile secara gratisan, alias pemain bisa memainkannya tanpa perlu membayar sepeserpun. Pemain juga bisa membeli mata uang premium Ruby dengan uang asli, dan bisa menonton video iklan untuk mendapatkan reward-reward lainnya, tapi secara garis besar, game ini sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet.

Memang genre idle itu sudah membanjiri ranah mobile, namun dengan elemen-elemen yang cukup kompleks namun tetap menarik, My Factory Tycoon berhasil memberikan keasyikan tersendiri bagi para pemainnya agar tidak merasa jenuh ketika menjadi bos bisnis pabriknya. Inilah game idle yang wajib kalian coba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top