NEWS

Sempat Down, Facebook Timbulkan Kepanikan di Kalangan Penggunanya

Conny   22 Feb 2017
Sempat Down, Facebook Timbulkan Kepanikan di Kalangan Penggunanya

Begitulah, jangan merasa panik sendirian. Karena, banyak pengguna lainnya yang juga melaporkan terjadinya down di Facebook mereka pada hari ini, tanggal 22 Februari 2017.

Tampaknya, masalah ini terjadi pertama kali dalam skala yang lumayan besar di Eropa, namun beberapa pengguna di Amerika Serikat nyatanya juga memberikan konfirmasi bahwa mereka tak melihat tampilan news feed apa pun di timeline mereka.

Jagat Twitter nyatanya juga cepat tanggap menyoal terjadinya down tersebut.

Situs DownDetector mengindikasikan bahwa jejaring sosial terpopuler di muka bumi itu mengalami down terhitung sejak jam 16:00 WIB, yang diikuti dengan skala yang lebih besar seputar jam 16:30 WIB saat lebih dari 1000 orang melaporkan terjadinya down tersebut.

Berdasarkan feedback yang diberikan, para pengguna mengalami masalah dengan news feed di timeline. Inilah yang dikatakan oleh salah satu pengguna asal Florida:

“Newsfeed still doesn’t work on my mobile. Tried my desktop and the feed is from hours ago and not “by the minute” as normal. Bottom of the screen has a search for friends button. Basically still problems apparently worldwide.”

Pada jam 17:12 WIB, tampaknya para pengguna di Eropa secara perlahan telah kembali mendapatkan tampilan news feed di timeline mereka. Namun, pada saat itulah, masalah tersebut nyatanya merambat menuju ke Asia –utamanya, Malaysia dan Indonesia– hingga mencapai Australia.

Pihak Facebook pun belakangan mengetahui terjadinya down pada layanan mereka per jam 17:20 WIB melalui Status Page yang terdedikasi untuk kasus-kasus seperti ini. Sebelum terjadinya down dengan skala yang besar pada sore ini, nyatanya mulai terjadi per 7 Februari 2017 lalu ketika dirunuti lebih jauh.

Sekitar jam 17:55 WIB, Facebook sepertinya telah menemukan solusi. Hal ini diketahui dari banyaknya pengguna yang melaporkan bahwa mereka telah melihat tampilan news feed di timeline mereka. Meski begitu, kami masih mendapati munculnya masalah lain, yaitu gagal melakukan login meski paket data atau pun koneksi internet dalam kondisi yang stabil, pada waktu yang tak terlalu jauh berselang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top