TIPS

Semakin Lama, Mengapa Smartphone Semakin Lambat, ya?

Dwi K   16 May 2018
Semakin Lama, Mengapa Smartphone Semakin Lambat, ya?

Saat pertama kali kita membeli smartphone, gadget tersebut serasa gadget paling mutakhir. Semua berjalan dengan lancar, internetan kencang, gaming seru dan foto-foto serasa begitu indah. Namun biasanya gadget atau smartphone kita semakin lama terasa semakin melambat. Browsing lemot, main game lemot, bahkan buka galeri pun serasa lemot.

Apakah memang gadget kita melambat? Ataukah ada hal lainnya? Nah kali ini kita bahas mengapa semakin lama, smartphone semakin lemot.

Terlalu Banyak Install Software

Tentu dengan gadget yang baru, performa lebih oke dan kita akan menginstal berbagai macam aplikasi didalamnya. Selain aplikasi utama yang sering kita gunakan seperti social media atau transportasi online. Namun kita juga biasanya menginstal aplikasi-aplikasi sampingan.

Aplikasi-aplikasi tambahan ini biasanya memakan RAM atau CPU karena ada beberapa aplikasi yang berjalan di background sehingga mempengaruhi performa secara keseluruhan. Saat kita baru membeli, jumlah aplikasi yang harus diproses masih berjumlah sedikit, namun semakin lama aplikasi yang kita install semakin banyak sehingga banyak yang harus diproses RAM dan CPU bahkan disaat kita belum menggunakannya atau bahkan saat tidak menggunakannya.

Jika kita sudah tidak menggunakan aplikasi tersebut dalam kurun waktu 2 bulan, ada baiknya jika aplikasi tersebut kita hapus terlebih dahulu . apalagi jika aplikasi tersebut menggunakan internet untuk digunakan.

Memori Penuh

Memang jika handphone lemot , masalahnya tidak akan jauh dari memori karena memori memegang salah satu peranan bagi performa handphone.

Jika kita sudah menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu, maka aplikasi yang masih kita gunakan juga akan memenuhi handphone kita dengan update-updatenya. Dan juga beberapa aplikasi akan menambah penggunaan RAM sedangkan smartphone yang kita gunakan mempunyai RAM yang terbatas. Jika memori kita sudah overeload, maka perangkat akan menggunakan media lain dan akan memakan waktu dalam prosesnya. Hal ini yang menyebabkan handphone yang kita gunakan menjadi lemot.

Cache yang memenuhi memori pun berpengaruh, sehingga cache jika memenuhi memeri akan membuat handphone kita melambat.

Kerusakan Fisik

Handphone adalah salah satu benda yang kita gunakan setiap hari. Dan setiap hari kita tidak tahu kejadian apa saja yang menimpa. Jika sedang sial, mungkin smartphone kita jatuh, terbentur, atau mengalami kejadian tidak mengenakkan lainnya.

Nah apabila handphone tersebut mengalami kejadian tidak mengenakkan tersebut dan menjadi lemot, dikhawatrikan ada kerusakan fisik yang mempengaruhi performa. Periksakan gadget kita di service center yang terpercaya untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.

Nah demikianlah mengapa semakin lama, handphone kita terasa lemot. Apakah ada hal-hal yang belum kita bahas disini? Atau ingin menyanggah pembahasan diatas? Komentar di bawah ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top