REVIEW

Selesaikan Puzzle & Bangun Kebun Binatangmu sendiri dalam Wildscapes!

Andy Chan   22 Aug 2019
Selesaikan Puzzle & Bangun Kebun Binatangmu sendiri dalam Wildscapes!

Mendengar judul sebuah game yang menggunakan akhiran "-scapes" serta pengembangnya yang bernama Playrix, sudah pasti bisa langsung dibayangkan game puzzle match-three seperti game-game mereka sebelumnya seperti Homescapes, Gardenscapes, serta Township. Game yang berjudul Wildscapes ini pun tidak jauh berbeda dengan yang lainnya, secara genre-nya adalah sebuah puzzle match-three. Namun ada satu yang membedakan game ini dengan game-game puzzle match-three dekorasi lainnya.

Jadilah Manager sebuah Kebun Binatang

Wildscapes bukanlah mengisahkan mengenai memperbaiki rumah yang sudah rusak, atau merapihkan kebun yang terbengkalai. Game ini mengambil kisah mengenai sebuah kebun binatang yang perlu dikembangkan menjadi meriah, dan tugas tersebut pun jatuh ke tanganmu.

Puzzle Match-Three sebagai Penghasil Uang

Untuk mengembangkan sebuah kebun binatang, dibutuhkanlah uang. Cara mendapatkan uang tersebut adalah dengan memainkan sederetan game puzzle match-three yang unik, bertemakan snack yang biasa dijual di berbagai stand dalam kebun binatang. Cara memainkannya sih kurang lebih sama dengan puzzle match-three pada umumnya, dengan sedikit aturan khusus.

Match-Three dan Barang Spesial

Seperti biasa, pemain harus menderetkan tiga atau lebih benda berwarna sama, di mana di sini benda-nya adalah snack macam apel, es krim, pisang, minuman, dan lainnya. Apabila pemain bisa menderetkan empat atau lebih benda yang sama, mereka akan mendapaktan Soda yang bisa menghilangkan satu kolom atau baris, sekantong chips yang berfungsi sebgai bom, gasing yang terbentuk apabila pemain berhasil membentuk sebuah kotak berukuran 2x2 yang berwarna sama, yang fungsinya mengambil target, serta seember permen yang terbentuk dengan menderetkan lima buah benda berwarna sama, yang fungsinya adalah membersihkan layar dari warna tertentu.

Power Up dari Para Binatang

Uniknya, di setiap level akan ada binatang yang bisa membantu pemain dengan memberikan power up. Untuk mengaktifkan binatang ini, pemain cukup memberinya makan sampai dia kenyang, misalnya sang rakun akan meminta 10 buah apel untuk memberikan beberapa gasing di medan permainan. Selain itu juga ada beberapa tools yang bisa membantu menyelesaikan sebuah level, salah satunya adalah palu untuk menghancurkan satu kotak.

Target dan Komplikasi Permainan

Setiap levelnya, pemain akan ditantang untuk mengoleksi benda-benda yang diminta oleh level tersebut seperti sejumlah apel, atau mengambil kotak tertentu. Tentu saja, ada komplikasi permainan yang menyusahkan, seperti harus mengambil tiket yang tertutup benda, mengambil kembang, ada kotak yang tidak bisa digeser, dan lain sebagainya. Pemain juga harus menyelesaikan target yang diminta dalam batasan langkah tertentu, kalau tidak maka terjadilah game over dan Life pun berkurang satu.

Membangun Kebun Binatang

Tapi hal paling menarik dari Wildscapes ini adalah kemampuan pemain untuk melakukan kustomisasi pada kebun binatang itu sendiri. Meskipun progresi dari pembangunan kurang lebih sudah ditentukan, seperti kandang Panda, tempat bermain, dan seterusnya, namun pemain bebas menaruh lokasi kandang dan dekorasi sesuka hatinya.

Tampil Imut dan Menawan

Dibandingkan dengan game-game puzzle match three lainnya, Playrix memang memiliki ciri khas grafis yang menawan. Dan hal tersebut masih ditambah lagi dengan penampilan para binatang di kebun binatang tersebut yang semuanya imut-imut, membuat pemain semakin penasaran ada binatang apa saja yang bisa ditaruh di dalamnya. Dan dekorasi dari kebun binatang yang dihadirkan dari obyek unik dunia akan membuat hasil akhirnya benar-benar enak untuk dilihat.

Sedikit Butuh Online

Seperti Gardenscapes dan Homescapes yang mendahuluinya, Wildscapes juga disajikan oleh Playrix secara free-to-play. Namun pemain butuh koneksi Internet ketika pertama sekali menyalakan game ini, karena ada beberapa data yang harus di-download. Setelah itu sih, pemain bebas memainkannya secara offline. Game ini sebenarnya cukup murah hati mengenai mata uang premium yang diberikannya dengan cara menyelesaikan tugas, namun pada akhirnya, apabila pemain membutuhkan lebih banyak, bisa dibeli menggunakan mikrotransaksi.

Premis membangun kebun binatang dalam Wildscapes dengan berbagai macam binatang yang imut sambil menyelesaikan puzzle match-three sangatlah menarik. Ayo dirikan kandang binatang yang nyaman dan lengkapilah kebun binatang milikmu sendiri dengan berbagai kafe, taman bermain, tempat nyantai, dan lain sebagainya dalam Wildscapes!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top