REVIEW

Selamatkan Para Korban Hukum Gantung dalam Gibbets: Bow Master!

Andy Chan   04 Oct 2018
Selamatkan Para Korban Hukum Gantung dalam Gibbets: Bow Master!

Oh no! Hangman sang penguasa yang zalim telah memerintahkan seluruh pembangkang untuk dihukum gantung. Siapa yang bisa menyelamatkan mereka? Apakah harus menebak-nebak sebuah kata agar mereka bisa selamat? Tidak perlu! Hadirlah Gibbets: Bow Master, sebuah game di mana Anda lah sang pemanah jitu yang bisa menyelamatkan korban-korban permainan Hangman sebelum mereka kehabisan nafas dan akhirnya tewas.

Game unik persembahan HeroCraft yang juga dikenal dengan game Space Arena: Build & Fight ini merupakan sebuah puzzle inovatif di mana pemain harus mengarahkan busur dan anak panahnya untuk menembak tali yang sedang menggantung para korban Hangman.

Pengendalian Gibbets: Bow Master sebenarnya cukup mudah, pemain hanya perlu menyentuh jari di layar dan kemudian menggeser jari tersebut ke arah berlawanan dari arah tembakan untuk menentukan seberapa kuat panah tersebut akan meluncur. Pemain juga bisa mengatur sudut tembak, baik ke atas atau pun ke bawah secara bebas. Tapi ingat, gravitasi di dalam game Gibbets: Bow Master ini berfungsi dengan baik, jadi setiap panah yang ditembakkan, akan tertarik ke arah bawah. Oleh karena itu, pemain harus memperhitungkan antara jarak, kekuatan, dan sudut tembak agar bisa tepat memutuskan tali gantung tersebut.

Setiap korban Hangman yang sedang digantung lehernya tersebut memiliki life bar. Life bar ini semakin lama akan semakin berkurang, dan apabila sampai habis, maka tewaslah korban tersebut dan permainan pun berakhir. Pemain harus menyelamatkan semua korban Hangman yang ada di dalam satu stage, jangan sampai ada yang tewas, barulah dia bisa berlanjut ke stage berikutnya.

Tapi hati-hati, karena panah yang ditembakkan tersebut pun bisa mengenai sang korban! Efek dari tembakan ke arah korban ini tentu saja adalah berkurangnya Life bar milik sang korban, sehingga secara efektif juga mengurangi jumlah waktu yang tersedia untuk menyelamatkan dirinya. Bisa jadi malah panah tersebutlah yang membunuh sang korban. Pahlawan macam apa yang gagal menyelamatkan korban, malah membunuh korban tersebut sendiri?

Uniknya, selain tali gantung, sepanjang permainan itu tersedia berbagai macam benda untuk ditembak, seperti sekumpulan bintang yang berfungsi sebagai mata uang in-game, burung untuk ditembak, katak yang sedang nangkring, dan sebagainya. Bahkan ada juga berbagai peralatan pembantu tersebar dalam stage seperti panah tambahan, warp, teleport, dan lainnya yang wajib digunakan untuk menyelesaikan stage.

Dengan bintang-bintang yang dikumpulkan tersebut, pemain pun bisa melakukan upgrade, seperti upgrade daya tahan panah, aiming, Life sang korban, serta Bintang itu sendiri. Sayangnya, ongkos upgrade-nya cukup mahal, jadi pemain wajib melakukan grinding sebelum bisa membeli salah satu upgrade tersebut. Pemain juga bisa memberikan kostum kepada para korban dengan membeli kostum-kostum baru, tentunya dengan harga yang tidak kalah mahalnya dengan melakukan upgrade.

Secara esensial, Gibbets: Bow Master ini adalah sebuah game endless. Permainan akan berlanjut terus sampai pemain mengalami game over. Setiap pemain memulai permainan, maka dia akan menemukan berbagai macam stage yang berbeda dan tidak sama karena memang stage-nya disajikan secara acak.

Gibbets: Bow Master menggunakan grafis 2D yang memiliki efek ragdoll yang cukup keren. Setiap pemain berhasil menembak putus tali gantung tersebut, sang korban pun akan jatuh ke bawah bagaikan sebuah ragdoll sesuai dengan lingkungan di sekitarnya. Uniknya, setiap stage memiliki elemen-elemen yang beranimasi, seperti kapal selam lewat, burung beterbangan, dan sebagainya, sehingga tampilan permainan yang sederhana ini tampak cukup hidup. Ditambah ketika korban tewas, tampak ada arwah bersayap yang terbang ke atas bagaikan malaikat komikal.

Game-nya sendiri hadir secara free-to-play, namun pemain bisa membeli bintang tambahan via mikrotransaksi dengan harga yang bervariatif, mulai dari Rp. 23.000,- sampai dengan Rp. 269.000,-. Pemain juga bisa menonton sebuah video iklan untuk mendapatkan bintang. Namun game ini tidak membutuhkan Internet sama sekali, jadi apabila pemain ingin menghilangkan iklan, cukup dengan memainkannya secara offline.

Selain game utama yang endless, Gibbets: Bow Master juga memiliki mode Challenge, di mana pemain ditantang untuk melakukan suatu misi yang spesifik, misalnya membuat 5 burung terbang, atau mengambil enam buah bintang. Sayangnya, mode ini menggunakan sebuah sistem stamina berupa amunisi panah, sehingga hanya bisa dimainkan beberapa kali saja sebelum panahnya habis.

Akhir kata, Gibbets: Bow Master merupakan sebuah game yang cukup menantang dan menyenangkan hati. Stress karena suatu hal? Anggaplah sang korban adalah orang yang mengakibatkan stress untukmu, dan tembakilah dia dengan panah sampai tewas. Asyik, kan? Nah, bisakah kamu memutuskan tali gantung tersebut sebelum sang korban menarik nafas terakhirnya? Cari tahu dalam Gibbets: Bow Master!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top