REVIEW

Selamatkan Kota Tua dari Kutukan Clockmaker dengan Puzzle Match-Three Ini

Andy Chan   05 Nov 2019
Selamatkan Kota Tua dari Kutukan Clockmaker dengan Puzzle Match-Three Ini

Sebuah kota tua telah dikutuk oleh seorang pembuat jam yang jahat. Merasa tidak sanggup menghadapi kutukan yang melanda kotanya sendirian, pamanmu pun memanggil dirimu untuk datang ke kota tersebut dan menyelamatkan para penduduk kota. Jelajahilah kota tua tersebut, bertemulah dengan karakter-karakter baru, dan bantulah sang paman menghilangkan kota dari kutukan misterius sang pembuat jam. Itulah latar belakang permainan Clockmaker buatan Belka Games yang dikenal dengan game Happy Home: Design & Decor.

Puzzle Match-Three Penuh Intrik

Pada intinya, Clockmaker merupakan sebuah game puzzle match-three yang dibalut dengan sebuah peta overworld kota tua yang dikutuk. Pemain mengunjungi sebuah lokasi untuk main puzzle match-three, dan mendapatkan barang-barang yang menjadi reward di lokasi tersebut, misalnya korek api dan kunci di rumah paman, atau ember dan ikan di tempat tinggal nelayan. Barang-barang ini berguna untuk membuka lokasi baru di kota dan menghilangkan kutukan sang pembuat jam.

Aturan Standar Match-Three

Seperti biasa, aturan main puzzle match-three dalam Clockmaker ini kurang lebih sama dengan game sejenis lainnya. Deretkan tiga buah jewel yang berwarna sama untuk menghilangkan mereka dari medan permainan. Apabila pemain melakukan matching empat atau lebih jewel, maka mereka akan mendapatkan jewel khusus seperti bom atau yang membersihkan satu kolom dan satu baris. Pemain harus mencapai goal yang diminta level-nya sebelum batasan langkah yang diberikan habis. Bahkan game ini juga memiliki komplikasi permainan yang kurang lebih sama dengan puzzle match-three lainnya, seperti Golden Tile yang harus dihancurkan dengan melakukan matching di atasnya.

Pengunaan Tools

Untuk membantu menyelesaikan sebuah level, Clockmaker menyediakan empat buah tools. Ada Hammer, Dynamite, Color dan Gloves yang masing-masing punya kegunaan tersendiri seperti palu untuk menghancurkan sebuah jewel tertentu atau dinamit untuk menghancurkan sekelompok jewels. Sayangnya tools ini jumlahnya terbatas, jadi pemain harus hemat-hemat dalam menggunakan tools ini.

Grafis Cantik dengan Sedikit Kekurangan

Clockmaker adalah salah satu game puzzle match-three yang memiliki visual sangat indah. Pemandangan kota yang gelap terkena kutukan dan setelah diangkat kutukannya tampak sangat menawan, didukung dengan artwork karakter-karakter yang tidak kalah menarik. Sayangnya, hal yang sama tidak bisa dibilang dalam memainkan puzzle match-three nya sendiri karena tampilan jewels yang digunakan untuk bermain puzzle terasa tidak enak dipandang.

Tidak Ada Iklan Sama Sekali

Kelebihan dari Clockmaker yang disajikan secara free-to-play ini adalah kemampuannya untuk dimainkan tanpa koneksi Internet, dan tidak adanya iklan sama sekali di dalamnya. Tapi pemain masih harus berhadapan dengan sebuah sistem Life, di mana kalau dia mengalami game over, maka Life akan berkurang satu. Begitu Life ini habis, silahkan menunggu sampai Life tersebut kembali terisi. Dari segi mikrotransaksi, Clockmaker menyediakan pembelian mata uang premium Gems yang juga dibundel dengan Tools.

Meskipun permainannya tidaklah inovatif, namun konsep dan kisah menyelamatkan kota dari kutukan ini cukup menarik, apalagi game-nya juga didukung dengan artwork menawan. Asal kalian bisa tahan dengan tampilan puzzle match-three nya yang kurang enak dilihat, Clockmaker cukup pantas untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top