REVIEW

Kembali Selamatkan Jumanji dalam Iterasi Terbarunya, Jumanji: Epic Run

Andy Chan   12 Feb 2020
Kembali Selamatkan Jumanji dalam Iterasi Terbarunya, Jumanji: Epic Run

Selamat datang di Jumanji! Sekali lagi, Jumanji sedang dalam masalah. Permata Elang yang sangat keramat telah dicuri, dan hanya kamu lah yang bisa menemukannya kembali. Mari kita berperan kembali sebagai Dr. Smolder Bravestone, Franklin “Mouse” Finbar, Ruby Roundhouse, atau Professor Shelly Oberon untuk menyelamatkan Jumanji!

Versi Baru Game Jumanji di Ponsel Pintar

Beberapa waktu lalu, sebuah game berjudul Jumanji: The Mobile Game telah menghiasi layar ponsel pintar kalian. Game buatan NHN Entertainment tersebut adalah sebuah game bergenre monopoli, di mana pemain bergerak dalam sebuah papan menggunakan dadu. Game tersebut kini sudah hilang dari peredaran, dan sebagai gantinya, hadirlah Jumanji: Epic Run, persembahan dari Crazy Labs. Sesuai judulnya, Jumanji: Epic Run tidak lagi dimainkan ala game monopoli, melainkan menjadi sebuah game endless runner.

Berlari ala Jumanji yang Epik

Pemain berperan sebagai salah satu dari tokoh utama Jumanji, baik itu Dr. Bravestone, Mouse, Ruby, atau Professor Oberon untuk berlari mengejar penjahat yang mencuri Permata Elang Keramat. Karakter pemain akan senantiasa berlari tanpa input apa-apa, dan tugas pemain adalah untuk melakukan swiping di layar untuk bergerak pindah jalur ke arah kiri atau kanan, swipe ke atas untuk melompat, serta swipe ke bawah untuk melakukan sliding. Pemain juga bisa melakukan swiping ke arah musuh untuk menyerang mereka. Sejauh ini, masih mirip dengan game endless runner pada umumnya kan?

Empat Gaya Main Keren

Tapi tidak seperti endless runner lainnya, ada empat macam gaya permainan di dalam Jumanji: Epic Run lho! Yang pertama adalah berlari biasa ke arah depan seperti game endless runner, yang kedua adalah berlari ke arah layar menghindari injakan-injakan binatang, lalu yang ketiga adalah tipe permainan mendaki tebing berkecepatan tinggi sambil menghindari rintangan dan batu jatuh, dan yang terakhir adalah melompat turun dari puncak air terjun. Transisi permainan antara keempat mode ini sungguh keren.

Kemampuan Khusus

Seperti pada film Jumanji, di game ini setiap karakter juga memiliki kemampuan masing-masing, dan kemampuan tersebut akan bisa di-upgrade dengan menggunakan uang yang dikumpulkan sepanjang sesi bermain. Dr. Bravestone, misalnya, bisa mendapatkan bumerang untuk ditimpuk-timpuk ke arah musuh, sementara Ruby bisa melakukan serangan nunchuck sambil berdansa.

Unlock Karakter

Pada awal permainan, pemain hanya bisa bermain sebagai Dr. Bravestone saja. Ketiga karakter lainnya Ruby, Mouse dan Dr. Oberon semuanya sedang terperangkap dan harus dibebaskan terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membayar sejumlah Gold untuk membuka peta dari satu region hingga lengkap, atau bisa juga dengan langsung membayar mata uang premium apabila ingin langsung bermain sebagai karakter lain.

Kartunisasi Karakter Jumanji

Memang game-nya tidak menggunakan wajah dari Dwayne Johnson atau Kevin Hart secara persis, karena mereka semua dibuat menjadi karakter kartun dalam 3D. Tapi jangan khawatir, meskipun tidak persis aslinya, namun tingkah laku mereka pun cukup mirip dengan karakter sesungguhnya. Dan asyiknya, pemain akan bisa melakukan kustomisasi pada kostum yang mereka kenakan untuk mendapatkan bonus. Masing-masing region di dalam game ini tampil secara menawan, dan pasti akan mengingatkan pemain kepada serunya kejar-kejaran di dalam film Jumanji.

Tidak Perlu Koneksi Internet

Apabila kalian adalah salah satu pemain yang sempat kesal karena game Jumanji: The Mobile Game wajib online, maka kalian akan bisa senang karena kali ini game Jumanji: Epic Run sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet. Game free-to-play ini juga tidak menggunakan sistem stamina / energi sama sekali, dan bisa dimainkan sesuka hati. Apabila diperlukan, pemain akan bisa membeli mata uang premium Berries yang berguna untuk membeli Gold dan membuka karakter. Sayangnya, game ini menggunakan sistem loot box berwaktu, sehingga apabila pemain sudah mendapatkan peti harta terlalu banyak, rasanya rugi jika peti harta sebelumnya belum berhasil dibuka akibat waktu tunggunya yang cukup lama.

Secara garis besar, game Jumanji: Epic Run ini memang pantas disebut Epic Run. Serunya lari dari kejaran hyena, memanjat gunung, menghindari tanah longsor, hingga terjun bebas dari air terjun maut sambil mengalahkan semua musuh dan merebut kembali Permata Elang Keramat membuat game ini wajib dimainkan oleh para penggemar Jumanji generasi baru. Sedikit kekurangan dari game ini adalah masih digunakannya karakter-karakter film Jumanji: Welcome to the Jungle, padahal sebenarnya di Jumanji: The Next Level, sudah ada karakter baru yang mungkin menarik untuk dimainkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top