Selama Ramadhan, Netizen Indonesia Terbiasa Belanja & Donasi dengan Uang Digital

Published: 03 May 2021, oleh NanaMiku

Dengan kehadiran uang digital seperti ShoopePay, OVO, dan GoPay, proses belanja pun jadi semakin praktis. Ternyata uang digital tidak digunakan untuk belanja saja, tetapi juga untuk berdonasi selama Ramadhan ini.

Informasi ini terungkap dari hasil riset ShopeePay yang bekerjasama dengan Jakpat Mobile Survey yang dilakukan di tahun 2021. Hasil risetnya mengungkapkan berbagai preferensi dan prioritas masyarakat Indonesia, terutama di kota-kota besar selama bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Dari hasil risetnya, uang digital terpilih sebagai metode pembayaran yang paling disuka, mencapai 80 persen, untuk berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran. Sedangkan untuk promosi yang paling dinantikan adalah potongan harga sebesar 87 persen dan cashback sebesar 67 persen. Riset ini juga menjadi dasar untuk kampanye ShopeePay Big Ramadhan Deals dan penawaran menarik lainnya.

Risetnya juga menemukan bahwa walau belanja online masih menjadi favorit sebesar 58 persen, belanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran secara offline juga masih cukup tinggi, mencapai 42 persen.

Selama masa Ramadhan dan Lebaran, barang yang paling banyak dibeli adalah makanan dan minuman (94 persen), kebutuhan masak dan rumah tangga (78 persen), produk/pelayanan penunjang kesehatan (58 persen), pakaian (45 persen), perawatan diri & kulit (31 persen), serta kebutuhan seperti bermain game dan online streaming sebesar 21 persen.

Karena itu, ShopeePay Big Ramadhan Deals juga tidak hanya tersedia untuk belanja online saja, tetapi juga bekerjasama dengan berbagai merchant offline. Beberapa contohnya adalah Alfamart, Nanny’s Pavillon, Sour Sally, Gulu Gulu, Auntie Anne’s, Alodokter, D’Cost, Pan & Co, Anteraja, Clairmont, Ice Hill, Burger King, Tiger Sugar, Maxx Coffee, Happy Lemon, Sociolla, Chocochips, Ximpay, by.U, dan UPoint.

Kalian akan bisa menikmati berbagai keuntungan selama masa kampanye yaitu dari tanggal 26 April hingga 11 Mei 2021. Beberapa promo yang bisa kalian nikmati adalah ShopeePay Deals Rp1, Alfamart Murmer diskon hingga 70 persen, dan juga kirim THR gratis ribuan emas.

Tidak hanya belanja saja, hasil riset antara ShopeePay dan Jakpat ini juga mengungkapkan bahwa bersedekah adalah prioritas di bulan Ramadhan ini. Sebesar 97 persen responden mengatakan hal tersebut.

Lebih dari 60 persen orang memilih untuk bersedekah online melalui lembaga yang terpercaya. Tidak hanya itu, 94 persen orang tertarik untuk menggunakan uang digital sebagai metode menyalurkan donasi dan sedekah.

Agar lebih mudah untuk bersedekah, Shopee dan ShopeePay bekerjasama dengna Rumah Zakat, Lembaga donasi dan zakat yang sudah terpercaya. Mereka mengadakan program donasi UMKM Berdaya di Masa Pandemi.

Program ini mengajak masyarakat untuk mendukung UMKM Indonesia agar bisa tetap bertahan dan mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi. Programnya akan memberikan pendampingan, pendanaan, dan edukasi. Tidak hanya itu, ShopeePay pun akan melakukan donasi dua kali lipat untuk donasi yang melalui ShopeePay.

Bahkan penggunaan uang digital tida hanya untuk belanja dan donasi saja. Menurut risetnya, sebanyak 80 persen orang melakukan pembagian THR untuk sanak saudara dengan menggunakan uan digital karena paling mudah, aman, dan praktir, terutama di saat pandemi ini.

Tags

news shopee shopeepay jakpat ramadhan indonesia platform pembayaran payment digital uang elektronik uang belanja online donasi online riset survei Jakpat Mobile Survey kolaborasi rumah zakat pandemik COVID-19 coronavirus virus lebaran UMKM Usaha Mikro usaha kecil dan menengah

Share Artikel