NEWS

Sekarang, Bisa 'Googling' Tanpa Internet

Dikdok   26 Jan 2017
Sekarang, Bisa 'Googling' Tanpa Internet

Google kembali menambahkan layanan yang membantu para penggunanya dalam berselancar online. Bila para pengguna smartphone Android sebelumnya tidak akan bisa melakukan aktivits ‘googling’ saat menghadapi koneksi internet yanng buruk, maka masalah tersebut dapat diatasi kali ini.

Untuk mengatasi hal tersebut, Google mencoba menghadirkan sebuah fitur pencarian offline pada aplikasi Google Search untuk Android. Perlu dicatat, pembaruan ini bukanlah dihadirkan pada sebuah browser internet. Kini, para pengguna dapat melakukan aktivitas pencarian informasi-informasi tertentu melalui mesin pencari tanpa terkoneksi dengan internet. Namun, hasil pencarian akan ditunda.

Ketika pengguna telah berhasil tekkoneksi internet dengan baik, Google akan segera memberikan notifikasi bahwa hasil pencarian yang sebelumnya dimasukkan sudah tersedia. Untuk membuka hasil pencarian, pengguna cukup menekan notifikasi tersebut, lalu akan dialihkan secara otomatis menuju aplikasi pencarian Google dan hasil pencarian pun langsung ditampilkan. Tidak perlu memasukkan ulang kata kunci lagi untuk melakukan sebuah pencarian.

"Dengan mode offline, hasil pencarian disimpan ketika Anda tak mendapat koneksi lalu diberikan ketika Anda sudah kembali terkoneksi," begitu tertera pada blog resmi Google pada beberapa waktu lalu.

Sebenarnya, ini bukanlah kali pertama bagi Google untuk meluncurkan mode offline pada layanannya. Sebelumnya, mode serupa juga telah mereka sediakan pada aplikasi Google Maps dan Google Translate. Namun, mekanisme pada Google Search memang sedikit berbeda. Pada Google Maps dan Google Translate, pengguna diharuskan mengunduh informasi lokasi atau terjemahan yang dirasa penting terlebih dahulu. Setelah melakukan proses pengunduhan, pengguna baru bisa melakukan pencarian Maps dan juga Translate walau pun dalam kondisi offline.

Berbeda dengan kedua aplikasi tersebut, Mode offline pada Google Search tidak harus menggunakan mekanisme pengunduhan, namun penundaan. Intinya, mode ini diharapkan mampu mempermudah pengguna untuk menelusuri segala informasi dengan cepat, meski sempat terdistraksi gangguan koneksi.

Untuk dapat menggunakan layanan ini, pengguna harus memperbarui aplikasi Google di Android terlebih dahulu. Selanjutnya, bila sudah memiliki aplikasi Google terbaru, pengguna cukup menggulir apllikasi ke kiri untuk bertemu dengan opsi "Settings." Selanjutnya, pilih "Offline Search" dan aktifkan "Always Retry Searches."

Semua penelusuran yang Anda lakukan kala sedang offline bisa dilihat di opsi "Manage Searches." Selamat mencoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top