REVIEW

Segera Hadir di Indonesia, Platform Pembayaran Digital Milik Google

Dikdok   20 Sep 2017
Segera Hadir di Indonesia, Platform Pembayaran Digital Milik Google

Jika selama ini sudah banyak berbagai platform pembayaran digital, seperti GO-Pay, Mandiri E-Cash, T-Cash, GrabPay, Apple Wallet dan berbagai platform lainnya, maka kini tampaknya kita sebentar lagi juga akan didatangi oleh sebuah platform pembayaran digital terbaru yang bernama Tez.

Tez sendiri merupakan sebuah alat pembayaran digital yang dikembangkan oleh Google yang baru saja diperkenalkan untuk para pengguna di India pada tanggal 18 Agustus 2017 lalu.

Sebagaimana dihadirkan oleh beberapa platform pembayaran online lainya, Tez juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan pembayaran platform online di berbagai merchant offline. Tez pun dapat digunakan untuk melakukan transfer dana ke pengguna lain.

Meski begitu, berbeda dengan aplikasi dompet digital, seperti GO-Pay atau pun GrabPay, dimana pengguna harus melakukan isi ulang (top up) terlebih dahulu sebelum digunakan, maka pengguna pada Tez tidak harus melakukan isi ulang saldo.

Tez akan lebih seperti Apple Wallet, dimana pengguna hanya perlu menghubungkan rekening bank yang dimiliki dengan smartphone miliknya. Nantinya, aplikasi tersebut akan langsung menarik uang yang dimiliki oleh pengguna di rekeningnya pada setiap saat ia melakukan transaksi.

Di India sendiri, sudah ada beberapa bank yang terdaftar di dalam aplikasi ini, di antaranya adalah Axis, HDFC Bank, ICICI, dan State Bank of India. Dan berbicara mengenai mitra yang telah menerima pembayaran menggunakan Tez, telah terdapat Dominos, RedBus, dan Jet Airways yang siap untuk menerimanya.

Selain itu, Tez juga membatasi transfer yang bisa dilakukan dalam satu hari. Pengguna hanya bisa mengirim uang maksimal sebanyak 100 ribu rupee, atau setara Rp 20 juta, dan melakukan transfer sebanyak 20 kali dalam satu hari.

Kabarnya, Google juga telah mendaftarkan logo dari Tez ini ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (DJKI), Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Oleh karena itu, platform pembayaran digital milik Google ini kemungkinan besar juga akan segera datang meramaikan persaingan di ranah aplikasi serupa di Indonesia.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top