REVIEW

SEGA Heroes Bawakan Karakter-karakter SEGA Klasik dalam Pertempuran Puzzle Match-Three

Andy Chan   15 Dec 2018
SEGA Heroes Bawakan Karakter-karakter SEGA Klasik dalam Pertempuran Puzzle Match-Three

Apakah kalian pernah mengenal SEGA? Publisher game yang dulu pernah membuat konsol tersebut terkenal dengan game-game klasik seperti Golden Axe, Shinobi, dan Super Monkey Ball. Sebelumnya, SEGA pernah membangkitkan karakter-karakter klasik mereka dalam sebuah game mobile berjudul SEGA Slots. Sayangnya, dalam SEGA Slots, pemain hanyalah bermain mesin slot yang bertemakan game-game SEGA saja. Tapi kini SEGA telah menghadirkan game mobile terbaru mereka yang berjudul SEGA Heroes!

Ayo, Kenalan dengan SEGA Heroes!

Dalam SEGA Heroes, pemain akan mengumpulkan berbagai hero legendaris dari game-game SEGA favorit mereka. Buatlah sebuah tim impianmu, upgrade hero-hero tersebut, dan saksikan mereka bertempur dalam sebuah game RPG campuran dengan puzzle match-three ini.

Latar Belakang SEGA Heroes

Dikisahkan bahwa sebuah penyihir kuat dan misterius bernama Dremagen telah menemukan dunia SEGA, dan berencana untuk menguasai seluruhnya untuk kepentingan pribadi. Dengan bantuan Dr. Eggman, Dremagen pun menangkap para jagoan SEGA seperti Sonic, Ax Battler, Shinobi, Blaze Fielding, dan lainnya dalam dimensi negatif miliknya. Tugasmulah untuk membantu para jagoan SEGA ini untuk bertempur melawan Dremagen dan pasukan klon-nya yang jahat dan jenderal-jenderal jahatnya seperti Dr. Eggman, Mr. X dan Death Adder.

Cara Bermain ala Puzzle Match-Three

Pada intinya, SEGA Heroes adalah sebuah game puzzle match-three di mana pemain bertugas untuk menderetkan tiga atau lebih gems yang berwarna sama. Dengan menghancurkan deretan gems tersebut, pemain pun akan menyuruh sang hero yang ada dalam timnya untuk menyerang musuh.

Konfigurasi Lima Warna

Masing-masing Hero SEGA di sini memiliki kode warna tersendiri, baik itu merah, kuning, biru, atau hijau. Dengan menderetkan tiga atau lebih gems berwarna merah, maka pemain pun akan menyuruh hero berwarna merah, contohnya Blaze Fielding, untuk menyerang lawan. Demikian halnya dengan gems berwarna lain seperti hijau untuk menyuruh Amy menyerang, atau kuning untuk menyuruh AiAi menyerang.

Ada satu warna khusus di sini yaitu warna ungu. Fungsinya bukanlah untuk menyerang, melainkan untuk menaikkan level serangan. Setiap menderetkan gems berwarna ungu, maka meteran ungu di bawah akan bertambah penuh, dan begitu penuh, maka level serangan pun naik ke level 2 dan serangan bertambah kuat untuk stage tersebut.

Serangan Khusus Tiap Hero

Masing-masing Hero juga memiliki meteran tersendiri, dan apabila meterannya sudah penuh, dengan menyentuh foto mereka, maka sang hero pun akan mengeluarkan jurus maut miliknya, seperti gempa bumi oleh Ax Battler, lempar pisang oleh AiAi, dan sebagainya.

Power Up yang Unik

Apabila pemain berhasil menderetkan empat atau lebih gems berwarna sama, maka mereka pun akan mendapatkan sebuah gem power up, yang bisa digunakan untuk mengeluarkan jurus khusus lainnya dari masing-masing hero berwarna sama.

Fitur-fitur yang Keren

SEGA Heroes memang merupakan sebuah game puzzle match-three, namun ternyata di balik itu, terdapat banyak fitur yang unik.

Sistem RPG yang Sederhana

Masing-masing karakter dalam SEGA Heroes memiliki level, di mana pemain bisa menaikkan level tersebut dengan membayar sejumlah uang. Di samping itu, setiap karakter juga bisa dinaikkan rarity-nya dengan cara mengumpulkan pecahan karakter, serta terdapat juga sistem untuk menaikkan skill mereka.

Bentuk Tim Heroes Favoritmu

Satu tim terdiri dari empat orang hero, di mana pemain bisa menggunakan hero-hero favoritnya. Sayangnya, terdapat sedikit batasan dalam membuat tim ini, yaitu warna yang dimiliki oleh para hero tidak boleh dobel atau duplikat. Jadi pemain hanya bisa memilih antara AiAi atau Death Adder, tidak bisa membawa dua-duanya karena warna mereka sama-sama kuning.

Berbagai Macam Mode yang Menarik

Selain bermain dalam mode utamanya Campaign Mode, pemain juga bisa menikmati varian permainan misalnya Arnea, Survival, serta Beyondering. Selain itu, terdapat juga sistem Quest di mana pemain bisa menyelesaikan berbagai macam quest untuk mendapatkan macam-macam rewards menarik, Daily Quest, serta Event Mode.

Grafis Kartun yang Unik

Sayangnya, bagi kalian yang menginginkan tampilan klasik para karakter jagoan SEGA, mungkin kali ini harus kecewa. Artwork para heroes di sini tampil secara karikatur, kepalanya agak lebih besar dibandingkan badannya. Akibatnya, pemain akan merasa aneh melihat para jagoan favorit mereka yang tidak proporsional tersebut, apalagi sebagian artworknya kurang enak dilihat, salah satunya adalah Tyris Flare yang sudah pasti akan diprotes oleh para fans tampilannya. Tapi paling tidak, animasi ketika sedang bertarung di medan perang cukup oke.

Kumpulan Jagoan Game-game SEGA klasik

Ada banyak lho game-game SEGA klasik yang jagoannya tampil di SEGA Heroes. Mulai dari Sonic The Hedgehog, Streets of Rage, Golden Axe, Shinobi, Super Monkey Ball, Jet Set Radio, sampaia ke Phantasy Star. SEGA juga menjanjikan akan ada hero baru secara periodik.

Free-to-Play dengan Sistem Stamina

Seperti SEGA Slots, SEGA Heroes juga hadir secara free-to-play. Namun sayangnya, pemain akan dibatasi dengan sebuah sistem stamina, dan untuk bisa melakukan grinding pun dibatasi per harinya. Dan berhubung game ini bersifat online, maka pemain wajib memiliki koneksi Internet untuk bisa memainkan SEGA Heroes. Tersedia juga mikrotransaksi yang isinya adalah pembelian mata uang premium diamond, di mana Diamond tersebut bisa digunakan untuk membeli berbagai macam barang seperti pecahan Heroes serta item-item lain.

Secara keseluruhan, boleh dibilang SEGA Heroes ini adalah game yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar SEGA. Apalagi kalau sempat kecewa dengan SEGA Slots yang notabene kurang memuaskan hati secara penuh. Memang artworknya mungkin kurang cocok bagi sebagian penggemar, namun bagi yang butuh nostalgia, SEGA Heroes tidak boleh dilewatkan!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top