REVIEW

Sebenarnya, Berapa Lama Masa Layak Pakai dari Perangkat Apple, sih?

Dikdok   11 Mar 2018
Sebenarnya, Berapa Lama Masa Layak Pakai dari Perangkat Apple, sih?

Selain mempertimbangan kemampuan dan fitur yang dimiliki sebuah gadget, ketahanan dan masa layak pakai gadget tentunya juga menjadi sebuah pertimbangan ketika seseorang memilih sebuah gadget untuk digunakan.

Berbicara mengenai ketahanan dan masa layak pakai gadget, belum lama ini telah diketahui bahwa Apple sempat menurunkan kinerja gadget lawasnya dengan berbagai alasan tertentu. Hal ini tentunya membuat sebuah pertanyaan besar di sekitar masyarakat, "Layak-kah jika kita masih menggunakan gadget lawas Apple saat ini?"

Horace Dediu yang merupakan salah satu analis industri dari Asymco pun mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Jawabannya ini dikemukakan melalui pendapatnya mengenai rata-rata masa layak pakai gadget besutan Apple (iPhone, iWatch, iPad).

Dediu menggunakan berbagai informasi resmi yang didapatkan dari Apple langsung sebagai bahan analisanya.

Sebagaimana diketahui dari laporan keuangan terbaru milik Apple, diketahui terdapat 1,3 miliar unit perangkat Apple yang tengah aktif dan digunakan oleh pemiliknya. Selanjutnya, diketahui pula jumlah penjualan gadget Apple secara kumulatif adalah sebanyak 2,05 unit.

Jumlah Apple secara kumulatif tersebut kemudian dikurangi dengan angka gadget aktif. Hasilnya, diketahui telah ada 750 juta perangkat Apple telah 'dipensiunkan' oleh pemiliknya sejauh ini.

“Penjualan perangkat secara kumulatif mencapai 750 juta unit pada kuartal ketiga 2013. Karena itu, masa pakai diperkirakan antara sekarang dengan kuartal III 2013 atau 17 kuartal, atau 4 tahun tiga bulan,” tulis Dediu melalui laporan yang dibuatnya.

Dengan begitu, diketahui rata-rata masa pakai perangkat Apple adalah tiga hingga empat tahun, sebelum perangkat tersebut dipensiunkan oleh pemiliknya, baik itu dijual, dibuang atau disimpan begitu saja untuk diganti dengan perangkat baru.

Meski demikian, seperti analisan ang diberikan Dediu ini berlaku untuk seluruh perangkat Apple secara keseluruhan.

Analisa secara rinci tidak dapat diberikan, pasalnya Apple memang tidak membeberkan informasi penjualan masing-masing kategori perangkat secara detail. Dengan begitu, bisa jadi beberapa macam perangkat, seperti komputer Mac, memiliki masa pakai yang jauh lebih panjang dibanding perangkat lain. Sebaliknya pada perangkat iPhone, bisa jadi masa pakai akan lebih singkat dibandingkan perangkat Apple lainnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top