REVIEW

Sea Invaders: Game Tembak-tembakan dengan Tema Laut Biru

Andy Chan   03 Mar 2021
Sea Invaders: Game Tembak-tembakan dengan Tema Laut Biru

Tentunya hampir semua gamer pernah memainkan game bertipe space shooter, di mana mereka mengendalikan sebuah pesawat tempur untuk mengalahkan musuh-musuh, baik di langit maupun di luar angkasa. Namun bagaimana kalau setting-nya dirubah dari luar angkasa menjadi di bawah laut? Hadirlah Sea Invaders, sebuah game space shooter unik dengan tema makhluk-makhluk laut yang tidak kalah serunya dengan space shooter pada umumnya.

Menjadi Seekor Lumba-lumba

Dalam Sea Invaders, pemain berperan sebagai seekor lumba-lumba yang membasmi makhluk-makhluk laut jahat di lautannya. Konsepnya masih sama, tembak semua musuh yang bergerak di layar dan perang dalam boss battle yang epik dan seru. Kalau bosan dengan tema luar angkasa, inilah sesuatu yang fresh dari Viva Games Studios.

Cara Berperang

Berhubung pada dasarnya game ini adalah game tembak-tembakan juga, cara pengendaliannya pun masih sama dengan space shooter pada umumnya. Gerakkan jari di layar untuk menggerakkan sang lumba-lumba ke posisi yang diinginkan. Dia akan menembak sendiri secara otomatis, jadi pemain tidak perlu pusing mengenai unsur tembak-tembakannya, dan hanya perlu menghindari peluru-peluru yang beterbangan serta memunguti koin dan power up.

Bersistem Level

Sea Invaders tidaklah hanya sebuah game tembak-tembakan belaka, karena pemain akan bisa naik level sambil membeli skill-skill tertentu di setiap level-nya. Mirip dengan sistem game roguelike arcade, pemain akan diberikan tiga pilihan skill di setiap naik level. Kalau pemain mengulang permainan, skill yang muncul pun berbeda, sehingga permainan akan tetap terasa fresh.

Special Power

Sang Lumba-Lumba memiliki sebuah kekuatan khusus yang bisa diaktivasikan ketika dia sudah mendapatkan skill High Note. Skill ini boleh dibilang semacam bom versi Sea Invaders, jadi begitu pemain sudah memiliknya, dia bisa menembakkan sebuah laser besar yang menghancurkan segalanya. Special Power ini berbeda untuk masing-masing karakter, ada yang menyebabkan ledakan, ada tembakan yang homing, dan lain sebagainya.

Sistem Upgrade Karakter

Di luar permainan, pemain bisa memasangkan berbagai macam gear yang sudah didapatkan kepada sang lumba-lumba untuk membuatnya menjadi lebih kuat. Selain itu, pemain juga bisa mengganti karakter utamanya dari lumba-lumba bernama Fins, menjadi lumba-lumba bernama Salty, atau bahkan menjadi ikan paus bernama Blue. Selain itu, pemain juga bisa membeli Talent untuk mendapatkan upgrade secara permanen.

Cantik dan Memikat Hati

Tidak seperti game tembak-tembakan luar angkasa yang cenderung berlatar belakang hitam, Sea Invaders dihadirkan dengan latar belakang lautan yang cantik nan indah. Bahkan yang ditembakkan oleh sang Lumba-Lumba pun bukanlah peluru, melainkan nyanyian Lumba-Lumba. Game ini juga didukung dengan lagu keren pengiring permainan, serta efek suara lucu dari sang lumba-lumba yang memikat hati. Dengan konsep lautnya ini jugalah, kreator dari game ini bisa kreatif dalam menciptakan musuh-musuhnya, seperti kerang laut dan lobster yang dibuat mirip sebagai turret, berbagai macam ikan bersayap sebagai musuh biasa, hingga boss battle gurita raksasa, ikan hiu pembunuh, dan lain sebagainya yang masing-masing tetap menggunakan tema laut.

Bisa Dimainkan tanpa Internet

Sea Invaders adalah game gratisan yang ternyata tidak membutuhkan Internet lho! Game ini bebas dimainkan kapanpun kalian mau, meskipun sayangnya, ada sebuah sistem energi yang akan menghambat permainan apabila sampai habis. Pemain juga dipersilahkan untuk menonton sebuah video iklan apabila ingin mendapatkan reward tertentu, seperti skill spesifik, dan sejenisnya. Mikrotransaksi tentu saja dihadirkan untuk pembelian mata uang premium berupa Gems, yang bisa digunakan untuk membeli loot box.

Meskipun boleh dibilang hanyalah sebuah reskin dari game space shooter, namun ternyata Sea Invaders ini memiliki daya tarik tersendiri dengan tema biru lautnya. Jika kalian sudah bosan dengan game tembak-tembakan luar angkasa, barangkali kalian akan cocok dengan Sea Invaders!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top