REVIEW

Santainya Menggelindingkan Bola dalam Dunia 3D Tenkyu

Andy Chan   12 Jan 2019
Santainya Menggelindingkan Bola dalam Dunia 3D Tenkyu

Seberapa cekatan dan teliti kah kalian dalam menggelindingkan sebuah bola? Hal tersebut kini bisa kalian ketahui karena Voodoo yang dikenal dengan game-game unik seperti Helix Jump, Twisty Road, serta Dune!, telah membuat sebuah game bertemakan menggelindingkan bola dalam dunia 3D yang mereka beri judul Tenkyu.

Lagi, Sebuah Game mengenai Bola

Voodoo memang dikenal dengan banyak game bertemakan bola, ada Ball Shoot!, Dunk Hit, Helix Jump, dan Drop The Ball. Tidak heran kalau mereka pun mempersembahkan satu lagi game bertemakan bola yang berjudul Tenkyu ini. Dalam game ini, pemain ditugaskan untuk menggelindingkan sebuah bola dalam dunia 3D dengan tujuan mencapai ke titik goal, sambil tentunya mengambil Gems yang berada di medan permainan.

Manipulasi Dunia 3D via Layar Sentuh

Uniknya Tenkyu ini adalah bahwa pemain sama sekali tidak bisa mengendalikan bola-nya secara literal. Yang dikendalikan oleh pemain justru adalah medan permainannya dengan cara melakukan menyentuh dan menggeser jari di layar untuk membuat medan permainan miring ke posisi tertentu.

Dengan memiringkan medan permainan, maka gravitasi pun akan bekerja dan membawa bola tersebut menggelinding sesuai jalur dan arah gravitasi. Tapi pemain juga harus waspada akan dinding jalur yang kadang-kadang kurang tinggi, sehingga apabila medan permainannya dimiringkan terlalu drastis, maka bola pun akan keluar dari jalur dan dari medan permainan sehingga menyebabkan game over.

Stage Permainan yang Berlapis

Menambah komplikasi dari permainan, kadang goal yang dituju itu bukanlah goal dari sebuah stage. Begitu bola berhasil menggelinding ke lubang goal, seringkali bola akan jatuh ke bawah untuk mencapai lapisan stage berikutnya. Demikian seterusnya sampai pemain berhasil mencapai goal di lapisan terakhir, barulah stage-nya selesai. Tentu saja apabila pemain keluar jalur di lapisan bawah, dia pun harus mengulang dari lapisan pertama lagi.

Tenkyu dengan Grafis 3D serta Kustomisasi Bola

Sebuah game mobile tentunya belum lengkap apabila tidak memiliki fitur-fitur pendukung.

Grafis 3D yang Minimalis

Tenkyu hadir secara 3D, sehingga pemain bisa melihat medan permainan dalam sebuah stage dari berbagai sudut. Stage-nya sendiri juga tidaklah statis, kadang-kadang ada sebuah lokasi yang bergerak sehingga membutuhkan timing dari pemain untuk bisa melewatinya. Meskipun 3D, namun Tenkyu tetap menggunakan tampilan yang cukup minimalis tanpa ada pemanis tambahan sebagai background. Disayangkan bahwa game ini cenderung sunyi senyap dan hanya memiliki efek suara saja tanpa ada lagu pengiring.

Kustomisasi Bola

Bola yang digelindingkan oleh pemain pun bisa dikustomisasi dengan sejumlah pilihan bola di mana masing-masing memiliki cara sendiri untuk di-unlock. Ada yang mewajibkan pemain untuk main 3 hari berturut-turut untuk mendapatkan bola berbentuk smiley, dan ada juga yang mewajibkan pemain untuk mengumpulkan sejumlah Gems.

Free-to-Play dan Offline

Seperti biasa, Voodoo pun menghadirkan game menggelindingkan bola Tenkyu ini secara free-to-play alias gratis. Game-nya pun tidak memiliki sistem stamina dan bisa dinikmati secara offline. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali, meskipun pemain bisa membeli sebuah fitur untuk menghilangkan iklan.

Secara menyeluruh, Tenkyu adalah sebuah game yang sederhana dan santai untuk dimainkan. Tidak ada batasan waktu yang membuatmu terburu-buru, dan yang pasti, akan membuatmu penasaran untuk mencoba melewati sebuah stage. Dengan ukuran game yang cukup kecil, hanya 103 MB saja, Tenkyu cocok berada di jejeran game-game ponsel pintarmu sebagai teman dalam perjalanan atau bersantai.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top