REVIEW

Santainya Buka Coffee Shop Sendiri bersama My Cafe

Andy Chan   10 Dec 2019
Santainya Buka Coffee Shop Sendiri bersama My Cafe

Menikmati kopi di sebuah cafe memang sangat menyenangkan. Suasananya yang santai dengan staf-staf yang bersahabat, sambil menghirup aroma kopi yang wangi, pasti membuat orang bisa menikmati harinya dengan baik. Apakah kalian ingin mencoba menjalankan sendiri bisnis coffee shop? Inilah kesempatan kalian dalam game persembahan dari Melsoft Games yang berjudul My Cafe!

Simulasi Game Restoran

My Cafe adalah sebuah game simulasi, di mana pemain berperan sebagai pemilik coffee shop baru. Pemain akan bisa mendekorasikan coffee shop miliknya sesuka hati, merekrut staf, menentukan makanan dan minuman yang disediakan pada menu sampai menentukan harganya juga. Asyiknya, game ini akan tetap berjalan meskipun sedang tidak dimainkan lho!

Mengembangkan Restoran

Tidak seperti game-game bertempo cepat macam Diner Dash, atau game idle seperti Coffee Craze: Idle Barista Tycoon, My Cafe justru dimainkan secara sangat santai. Pemain cukup membeli perlengkapan restoran dan menaruhnya di dalam toko yang mereka miliki secara bebas. Asal sudah ada makanan dan minuman tersedia, serta ada tempat untuk para konsumen duduk bersantai menikmati hidangan dan minumannya, maka bisnis pun akan berjalan secara otomatis.

Interaksi dengan Konsumen

Sebagai seorang pemilik coffee shop sesungguhnya, tentu kalian akan bertemu dengan konsumen dari berbagai macam kalangan. Pemain akan bisa berbicara dengan mereka, memberikan pesanan mereka secara personal, hingga memberikan nasehat-nasehat mengenai kehidupan mereka. Jika kalian menggemari drama dan romansa, hal tersebut akan kalian temui bersama para konsumen My Cafe!

Dekorasi Cafe

Apakah kalian menggemari design interior? Dengan sistem interior design yang disajikan oleh My Cafe, kalian akan bisa mengatur sendiri bagaimana coffee shop kalian tampil. Mulai dari posisi meja-meja tamu, lokasi tempat pelayanan makanan dan minuman, memasang televisi di dinding, berbagai macam gaya dekorasi yang bebas dipilih, dan lain sebagainya, kalian akan bisa menciptakan sebuah coffee shop yang benar-benar personal dengan sentuhan pribadimu.

Mengatur Menu

Salah satu tanggung jawab pemain adalah mengatur harga dari menu di cafe dan restoran mereka. Apabila harganya sudah berwarna hijau tua, itulah harga paling ideal untuk menu tersebut, tidak terlalu mahal, tidak terlalu murah juga. Selain itu, pemain juga akan bisa menciptakan menu baru dengan mencoba-coba menggabungkan berbagai menu yang sudah dimiliki, seperti menambahkan Espresso dan susu menjadi Espresso Macchiato atau Teh dengan susu menjadi English Tea, dan berbagai macam kombinasi yang bisa dicoba-coba sendiri.

Tetap Berjalan di Background

Seperti menjadi pemiliki coffee shop sesungguhnya, pemain pun tidak perlu mengawasi cafe miliknya secara terus menerus 24/7. Ketika pemain menutup aplikasi My Cafe ini, game akan tetap berjalan di server, sehingga begitu pemain kembali mengunjungi cafe miliknya, akan ada laporan mengenai penjualan yang sudah dilakukan selama waktu berlalu.

Tampilan Isometris yang Menawan

My Cafe tampil secara isometris, dan obyek-obyek di dalamnya tampil dalam bidang 3D. Pemain akan bisa merubah-ubah posisi furniture di dalam cafe miliknya, baik itu orientasinya ataupun lokasinya secara mendetail. Memang pada awalnya, cafe tersebut akan tampil menyedihkan, karena space yang tersedia luas, tapi isinya hanyalah segelintir saja. Namun begitu pemain sudah berhasil mengembangkan bisnis coffee shop-nya lebih lanjut, ramainya restoran dengan berbagai pengujung unik akan membuat hati senang.

Wajib Online

Meskipun Melsoft Games menyajikan My Cafe secara cuma-cuma, namun sayangnya game ini wajib untuk terhubung ke Internet untuk dimainkan. Padahal tidak banyak alasan untuk memainkan game ini secara online selain untuk bertemu dengan pemilik coffee shop lain serta teman-teman. Game seperti ini seharusnya lebih asyik dimainkan secara offline. Tentu saja, pasti disediakan mikrotransaksi di mana pemain bisa mengunjungi Bank untuk membeli mata uang premium Diamonds, yang bisa digunakan untuk membeli resep baru, furniture baru, mempercepat proses produksi makanan, dan sebagainya.

Akhir kata, My Cafe sangatlah menyenangkan untuk dimainkan, karena selain tidak butuh kecekatan ataupun keahlian khusus, pemain bisa menikmati nuansa cafe yang penuh kekeluargaan di dalamnya. Yuk, buka coffee shop sendiri bersama My Cafe!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top