REVIEW

Sangat Rusuh, Crash Club adalah Online Battle Royale antar Kendaraan di Pusat Kota

Andy Chan   11 Jul 2018
Sangat Rusuh, Crash Club adalah Online Battle Royale antar Kendaraan di Pusat Kota

Setelah mencoba game petualangan Land Sliders yang unik, ternyata developer game Prettygreat memiliki beberapa game lain yang tidak kalah menariknya untuk dicoba. Nah, salah satu game mereka kali ini berjudul Crash Club, sebuah game mengemudi mobil di mana pemain benar-benar diberikan kebebasan untuk melakukan apa saja!

Crash Club bukanlah sebuah game balapan. Game ini mengajak pemain untuk menghancurkan segala hal yang ada di dalam kota, mengemudi kemana pun yang diinginkan, serta menghancurkan para pemain lain untuk mendapatkan poin demi menjadi yang nomor satu di Crash Club.

Cara pengendalian kendaraan sebenarnya sederhana, karena kendaraan akan senantiasa melaju ke depan. Pemain hanya perlu melakukan swipe ke kiri dan ke kanan untuk membelokkan arah kendaraan, serta melakukan swipe ke bawah untuk mengerem. Untuk menggunakan turbo boost, pemain tinggal melakukan tap pada layar. Tapi apabila pengendalian swipe ini tidak disukai, tersedia juga pengendalian klasik yang menggunakan tombol.

Setelah pemain mengumpulkan cukup banyak uang, mereka pun bisa mengunjungi Stop 'N Go, sebuah toko di medan permainan di mana kendaraan yang dikendalikan bisa dipasangi berbagai macam power up, termasuk shield dan senjata. Cukup dengan cara menyentuh kendaraan pemain lain, maka kendaraan yang dikendalikan akan menembakkan senjata ke arah mereka. Tapi hati-hati, karena pemain lain pun tidak akan tinggal diam dan akan senantiasa mencoba untuk saling menghancurkan satu sama lain, dan tentu saja Anda pun termasuk salah satu targetnya!

Yang membuat permainan ini seru adalah karena permainan ini dimainkan secara online. Semua kendaraan yang bertempur di tengah-tengah kota tersebut adalah pemain lain yang nyata, sampai dengan total lebih dari 30 pemain yang bisa meramaikan kota tersebut. Berhubung permainannya adalah saling menghancurkan dengan bebas, oleh karena itu Crash Club pantas disebut sebagai sebuah game yang benar-benar rusuh.

Perlu dicatat bahwa biasanya pemain lain itu jauh lebih jago (dan lebih memiliki persenjataan keren karena mereka sudah main lebih lama), sehingga bermain secara online ini justru lebih mirip dilempar ke kandang macan. Jarang ada pemain yang bisa bertahan lama dalam permainan ini. Yah, boleh dibilang juga ini adalah "Battle Royale" menggunakan kendaraan, jadi jangan berkecil hati apabila baru main sebentar sudah tewas dengan sukses.

Tersedia lebih dari 25 jenis kendaraan dengan berbagai macam kustomisasi warna dan aksesoris yang siap dihias dengan modifikasi dan berbagai macam upgrade untuk menciptakan sendiri gaya pemain. Dengan menggunakan artwork bertipe kartun, Crash Club memiliki animasi yang cukup memukau seperti ledakan-ledakan yang terjadi, serta berbagai macam hal yang bisa dihancurkan di dalam kota.

Crash Club hadir secara free-to-play, dan berhubung game-nya adalah game perang melawan pemain lain, maka diwajibkan untuk selalu memiliki koneksi Internet. Tampaknya Prettygreat benar-benar memanfaatkan kewajiban online ini dengan menyodorkan sejumlah iklan mulai dari iklan video serta halaman iklan yang tampil berderetan dan sangat mengganggu. Tersedia mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium Gems, di mana Gems bisa dikonversikan menjadi koin atau untuk membeli kendaraan baru.

Meskipun game-nya memiliki poin negatif berupa iklan yang mengganggu (dan tidak bisa dilenyapkan), namun Crash Club ini adalah sebuah game bertipe battle royale yang sangat kompetitif, seru, dan benar-benar rusuh.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top