NEWS

Samsung Umumkan Kehadiran Bixby! Apakah Kemampuan yang Dibawanya?

Dikdok   29 Mar 2017
Samsung Umumkan Kehadiran Bixby! Apakah Kemampuan yang Dibawanya?

Setelah begitu banyaknya teka-teki mengenai kehadiran asisten digital Bixby, kini semua hal tersebut pun terjawab sudah. Pada hari ini, tanggal 29 Maret 2017, Samsung akhirnya resmi memperkenalkan sebuah program artificial intelligence (AI) pada perangkat smartphone terbarunya.

Dalam pengumuman yang disampaikan oleh Sriram Thodla selaku Senior Director Intelligence & IoT Lead Samsung Electronics America, asisten digital Bixby diketahui membawa empat kemampuan utama yang menjadi ujung tombaknya, yaitu Voice, Vision, Reminder, dan Home.

Untuk lebih memahami empat kemampuan tersebut, berikut adalah penjelasannya:

Voice

Sama halnya seperti asisten digital lainnya, asisten digital Bixby dapat diaktifkan melalui sebuah perintah suara. Untuk memanfaatkan kemampuan tersebut, pengguna hanya perlu menekan tombol aktivasi yang terletak di bawah tombol volume, kemudian mengucapkan ‘Bixby’ atau langsung menekannya pada tampilan Bixby Home.

Dengan kemampuan voice yang dibawanya, dapat dikatakan bahwa Bixby bisa beradaptasi dengan beragam gaya bahasa yang berbeda dari penggunanya. Bila Bixby gagal mengenali perintah suara dari penggunanya, Bixby nantinya akan kembali meminta informasi hingga dia dapat menyelesaikan perintah tersebut.

Vision

Kemampuan lainnya yang dibawa Bixby adalah dia dapat mengenali apa yang dilihat oleh penggunanya, serta dapat melakukan tindakan terhadap apa yang dilihatnya. Berkat penggunaan kamera di Galaxy S8, Bixby dapat melakukan pencarian foto dan informasi hingga menerjemahkan teks dalam foto. Dalam kegiatan berbelanja, Bixby juga dapat digunakan untuk menemukan barang yang telah difotonya.

Reminder

Asisten digital Bixby juga mengusung kemampuan Reminder, dimana ia akan memberikan sebuah notifikasi pengingat kepada penggunanya mengenai tugas atau kegiatan tertentu di waktu, lokasi, dan kondisi tertentu yang telah diatur sebelumnya. Bixby juga dirancang untuk bisa menjadi pengingat sebagai penanda halaman atau paragraf terakhir yang telah dibaca.

Home

Pada tampilan Bixby Home, pengguna dapat menemukan sebuah konten yang paling sering diakses oleh mereka. Contohnya saja, dia dapat menampilkan kartu kontak untuk menunjukkan kontak yang paling banyak dihubungi. Contoh lainnya, ketika pengguna menggunakan aplikasi pemutar musik, maka Bixby dapat kembali memutar lagu yang sebelumnya telah di-pause.

Bixby sendiri diumumkan akan hadir untuk Galaxy S8 dan S8+, demikian seperti yang dilansir dari OkeZone baru-baru ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top