NEWS

Samsung Galaxy Note 10 Diisukan Tidak Memiliki Tombol Volume & Power

Anduril   31 Mar 2019
Samsung Galaxy Note 10 Diisukan Tidak Memiliki Tombol Volume & Power

Samsung baru saja merilis smartphone flagship Galaxy S10. Seperti tak mau bersantai, vendor ponsel Korea Selatan itu dikabarkan tengah menyiapkan perangkat dari lini Galaxy Note, yakni Note 10.

Situs berita Korea Selatan ETNews memberitakan bahwa sumber dalam industri mengatakan bahwa Samsung bakal memasang teknologi keyless (tanpa tombol fisik) di smartphone premium berikutnya. Konsep ponsel tanpa tombol fisik ini kabarnya bakal diperkenalkan Samsung pada 25 April mendatang.

Kemungkinan teknologi ini bakal diterapkan pertama kali di Galaxy Note 10. Desain ponsel Galaxy S dan galaxy Note Samsung selama ini memang masih mengandalkan tombol fisik untuk sejumlah fungsi tertentu, seperti tombol power, volume, dan tombol khusus Bixby. Lantas jika tombol fisik tersebut dihilangkan, bagaimana Samsung menggantikan tugas tombol-tombol tersebut?

Sensor Sentuh

Samsung dikabarkan tengah mengembangkan teknologi kontrol lewat sentuhan, seperti untuk tombol volume naik-turun. Pabrikan modul keyless asal China, NDT disebut-sebut sebagai rekanan Samsung dalam mengembangkan teknologi tersebut. NDT sendiri diketahui mengembangkan teknologi modul yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan.

Lebih menariknya lagi, teknologi tombol sentuh ini juga disebut-sebut bukan hanya untuk lini ponsel premium Samsung saja, melainkan juga untuk lini ponsel kelas menengah dan bawah Samsung, seperti lini Galaxy A.

Bukan yang Pertama

Konsep smartphone tanpa tombol fisik ini telah dikenalkan sebelumnya oleh vendor China, Meizu, lewat ponselnya Meizu Zero. Untuk Galaxy Note 10 sendiri, bocoran spesifikasi yang beredar sejauh ini mencakup chip Snapdragon 855 atau Exynos 5100 dengan 5G atau Exynos 9825, RAM 12 GB, dan penyimpanan 1 TB.

Galaxy Note 10 juga digadang-gadang sebagai ponsel kelas flagship pertama Samsung dengan empat kamera belakang. Galaxy Note 10 diprediksi bakal dikenalkan Samsung pada Agustus 2019 mendatang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top