NEWS

Sambut Hari Santri: Aplikasi KESAN Luncurkan Marketplace Ramah Santri, Dukung UMKM Go-Digital

en19ma   21 Oct 2020
Sambut Hari Santri: Aplikasi KESAN Luncurkan Marketplace Ramah Santri, Dukung UMKM Go-Digital

Menyambut Hari Santri Nasional (esok hari, tanggal 22 Oktober), aplikasi Kedaulatan Santri (KESAN) secara resmi meluncurkan fitur Umat Market atau disingkat U-Mart per kemarin (20/10/20). U-Mart sendiri adalah marketplace Islami yang ramah santri dan mendukung digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air. Singkatnya, produk/jasa santri serta UMKM mendapatkan prioritas dan promosi di KESAN.

Setelah sebelumnya fokus di pengembangan fitur-fitur Islami, aplikasi KESAN kini fokus untuk mengembangkan fitur ekonomi, seperti U-Mart, dalam rangka penguatan ekonomi umat, terlebih lagi di masa pandemi. Berbeda dengan marketplace lainnya, fitur U-Mart di KESAN dikurasi sehingga calon pembeli merasa nyaman akan kehalalan atau kebolehan dari produk dan jasa yang dipesan. U-Mart KESAN juga tidak menampilkan aurat wanita dan pria. Tak kalah penting, transaksi di KESAN juga halal, bebas riba dan gharar (ketidakpastian).

“U-Mart didesain [agar] ramah produk santri dan Islami. Ada kurasi produk dan jasa UMKM di dalam U-Mart agar para pembeli merasa nyaman akan kehalalan transaksi. Kami mendorong digitalisasi UMKM santri dan nasional di masa pandemi serta menawarkan kemudahan bagi para pembeli yang menginginkan produk dan jasa halal,” ujar H. Hamdan Hamedan, M.A., CEO KESAN, saat launching virtual U-Mart.

Dalam sambutannya, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Dr. Waryono, M.Ag mengapresiasi hadirnya KESAN dan fitur terbarunya, U-Mart.

“Saya senang dengan hadirnya aplikasi KESAN yang memberikan konten-konten Islami yang sejuk dan mendidik di satu sisi. Dan, di sisi lain memungkinkan santri dan umat Islam memasarkan produk dan jasanya secara mudah,” kata Waryono.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Nyai Hj. Nawal Nur Arafah percaya bahwa santri dapat terus menjadi aktor penggerak ekonomi umat.

“Sejak dulu, santri berperan aktif sebagai motor ekonomi umat. Dengan hadirnya KESAN dan U-Mart nya, saya percaya [bahwa] santri dan purna santri akan semakin termotivasi dan terbantu dalam menggerakkan roda ekonomi umat,” pungkas Hj. Nawal dalam sambutannya.

Produk Santri dan UMKM di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 telah menggeser pola transaksi masyarakat dari tatap muka ke digital. Hal ini dialami betul oleh Ramli Peci, salah satu pelaku UMKM yang tergabung di U-Mart KESAN. Ia mengaku bahwa keputusannya untuk menjual produk pakaian Islami-nya secara online telah berbuah manis.

“Perekonomian saya terbantu sekali dengan adanya U-Mart, karena di musim pandemi, orang jarang beraktivitas keluar dan memilih belanja secara online. Ternyata, online-online itu nggak susah-susah banget,” ujarnya.

Saat launching virtualnya, terdapat lebih dari 1000 UMKM yang telah bergabung di U-Mart KESAN. Aplikasi KESAN sendiri telah diunduh sebanyak lebih dari 200 ribu kali oleh para pengguna, baik di dalam mau pun luar negeri. Tercatat, KESAN sudah digunakan di lebih dari 40 negara. Aplikasi KESAN ini sudah dapat diunduh secara gratis di Google Play, Apple Store, atau di website KESAN (http://www.kesan.id).

Tentang KESAN

KESAN (Kedaulatan Santri) adalah aplikasi Islami karya anak negeri yang terlengkap, gratis, dan bebas iklan, yang didesain secara khusus untuk menunjang kebutuhan religi dan ekonomi dari para santri, purna santri, dan segenap umat Islam pada setiap saatnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top