REVIEW

Saksikan Piala Dunia di Genggaman Tangan dengan Ace Stream

Bruno Mukti   29 Jun 2018
Saksikan Piala Dunia di Genggaman Tangan dengan Ace Stream

Di jaman yang selalu terhubung dengan internet ini, hampir setiap kegiatan selalu memiliki kaitan yang erat dengan internet. Salah satunya adalah menonton pertandingan sepak bola 4 tahunan Piala Dunia. Sekarang ini tidak sedikit yang menonton sepak bola melalui layanan video streaming baik melalui PC ataupun perangkat mobile mereka. Penggunaan layar televisi dengan antena eksternal pun sudah semakin jarang digunakan. Hal ini tentu saja dikarenakan kualitas dengan menonton layanan streaming memang memiliki lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan antena.

Salah satu aplikasi yang menyediakan layanan streaming sepak bola adalah Ace Stream. Mungkin nama Ace Stream sendiri sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sudah sering menonton acara olahraga dari layar ponsel mereka. Namun bagi yang belum, di dalam artikel ini akan dijelaskan sedikit tentang aplikasi ini dan bagaimana cara menggunakannya.

Ace Stream sendiri adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh siapa aja untuk streaming siaran langsung pertandingan olahraga dan konten video lainnya. Aplikasi ini memiliki infrasturktur yang kurang lebih sama dengan yang dimiliki oleh BitTorent yaitu peer-to-peer. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa menggunggah bagian-bagian dari video orang lain pada saat yang bersamaan dengan menyaksikan pertandingan atau sedang menjalankan aplikasinya.

Yang membuat aplikasi ini sedikit berbeda dibandingkan dengan aplikasi streaming lainnya adalah, dimana aplikasi ini tidak meminta para penggunanya untuk berlangganan. Pengguna tidak perlu berlangganan untuk bisa menikmati layanan pada aplikasi tersebut. Hanya dengan mengunduhnya, dan menginstalasi aplikasi tersebut, pengguna sudah bisa menonton siaran yang mereka inginkan.

Aplikasi ini sendiri sebenarnya tidak hanya datang untuk pengguna perangkat Android saja, sebab ada beberapa perangkat lunak yang bisa disematkan di PC jika pengguna ingin menggunakannya di platform berbeda. Namun karena di dalam artikel ini adalah pembahasan untuk Android. Maka untuk penggunakan di platform lain tidak akan dijelaskan di sini.

Cara Menggunakan Ace Stream di Android

Aplikasi Ace Stream telah tersedia untuk perangkat Android. Pengguna yang menginginkan layanan tersebut dari smartphone atau tablet mereka bisa langsung mengunduhnya melalui Play Store. Hanya saja sedikit catatan untuk yang ingin menggunakan aplikasi ini, perlu diketahui aplikasi ini begitu banyak memakan data dari ponsel, hal ini dikarenakan aplikasi mengunduh video yang disaksikan, dan juga mengunggah bagian-bagian video tersebut ke pengguna lainnya. Jika memang tidak ingin memakan paket data begitu banyak di ponsel, maka sangat disarankan untuk menggunakan Ace Stream dengan koneksi yang terhubung ke Wi-Fi.

Sebelum pengguna bisa menggunakan aplikasi Ace Stream, ada dua hal yang perlu mereka instal di ponsel mereka. Yang pertama adalah aplikasi tersebut di Google Play Store. dan yang kedua adalah aplikasi pemutar video yang bisa membuka banyak video seperti VLC. Namun jika pada ponsel pengguna memang telah bisa mendukung banyak video untuk dibuka, tentu aplikasi tambahan seperti pemutar video tadi tidak perlu diinstalasi lagi di ponselnya.

Langkah-langkah penggunaan Ace Stream di ponsel dan tablet Android:

  1. Jalankan aplikasi Ace Stream Engine App di perangkat mobile.
  2. Tekan ikon tiga titik.
  3. Tekan Enter Content ID.
  4. Masukkan konten ID dan tekan OK.
  5. Pilih pemutar video yang akan digunakan untuk memutar video, dan pilih "remember choice" jika pengguna ingin tetap selalu menggunakan pemutar tersebut.
  6. Ace Stream Engine akan terhubung ke peers dan melakukan pre-buffer video, kemudian jalankan aplikasi pemutar video yang ingin digunakan.
  7. Jika aplikasi meminta ijin pengguna untuk mengakses foto, media, dan file lainnya, tekan "allow".
  8. Setelah semua itu, maka video yang akan ditonton secara otomatis berjalan di aplikasi yang telah pengguna pilih tadi.

Cara Mencari Konten ID di Ace Stream

Sebelum pengguna menonton siaran olahraga atau konten video lainnya di Ace Stream, pengguna membutuhkan sesuatu yang bernama ID. Ini merupakan sebuah gabungan antara huruf dan angka yang mana Ace Stream nanti akan mengindentifikasi video yang akan ditonton dan menghubungkannya ke pengguna.

Cara terbaik untuk mendapatkan ID untuk mencari konten adalah dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google. Misalnya pengguna ingin menonton pertandingan sepak bola, maka mereka hanya perlu mengganti kata sepak bola dengan kata spesifik yang ingin dicari tersebut.

Selain itu, ada juga cara lain yang bisa digunakan oleh pengguna dalam mencari konten streaming di Ace Stream yaitu dengan menggunakan Reddit. Ini lebih banyak digunakan kebanyakan orang dan lebih bisa diandalkan. Sebab melalui Reddit, para penggunanya akan membantu memeriksa ID tersebut apakah bisa berjalan dengan baik, dan berfungsi atau tidak. Ini juga lebih aman dibandingkan pengguna mencarinya melalui situs pencarian dan mengunjungi situs-situs secara acak yang ditemukan di mesin pencari tersebut.

Berikut adalah beberapa tautan yang populer yang biasanya digunakan pengguna melalui situs Redit untuk mencari Ace Stream ID:

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top