REVIEW

Saint Seiya: Awakening, Bertarung sebagai Pelindung Athena di Smartphone

Anduril   09 Jul 2019
Saint Seiya: Awakening, Bertarung sebagai Pelindung Athena di Smartphone

Siapa sih yang tidak kenal dengan Masami Kurumada? Sang pengarang komik asal Jepang ini sangat terkenal berkat karya suksesnya di tahun 80-an yang berjudul Saint Seiya. Walaupun sudah diadaptasi berkali-kali, petualangan Seiya dan kawan-kawan ini tetap diminati oleh siapapun.

Pada bulan Mei lalu, DeNA merilis sebuah game adaptasi Saint Seiya yang berjudul Saint Seiya: Galaxy Spirits. Hanya selang sebulan dari perilisan Galaxy Spirits, Tencent dan Youzu merilis game adaptasi Saint Seiya lainnya yang bertajuk Saint Seiya: Awakening.

Review Saint Seiya: Awakening

Cerita dalam game ini akan dimulai dari sudut pandang karakter protagonis utama yaitu Seiya, yang bertualang hingga satu persatu bertemu dengan teman-temannya. Jika kamu pernah mengikuti cerita Saint Seiya pasti sudah familiar dengan cerita yang ada. Bahkan di dalam gamenya sendiri akan ada potongan-potongan adegan anime yang mengingatkan kita akan serialnya.

Ceritanya sendiri akan membahas kiprah para Saint yang melindungi Athena. Selain menggunakan Seiya, pemain juga dapat menggunakan seluruh karakter yang ada di dunia Saint Seiya lengkap dengan skill-skill aslinya.

JRPG dan Updgrade Karakter

Mengusung format JRPG, Saint Seiya: Awakening menggunakan gameplay based strategy sebagai sistem combat-nya. Berbeda dengan Galaxy Spirits yang basic attack-nya dijalankan secara otomatis, kalian punya kendali penuh atas basic attack dan skill karakter di Awakening. Selain itu, kalian juga bisa memilih musuh mana yang ingin kalian serang terlebih dahulu.

Sebagai RPG, Saint Seiya: Awakening tentunya tidak luput dari sistem upgrade karakter. Untuk upgrade karakter, kalian bakal bergantung banget dengan item, khususnya item yang bernama Saint EXP Potion. Semakin tinggi level karakter, maka semakin banyak Saint EXP Potion yang kalian perlukan. Namun kalian tidak perlu khawatir, sebab game ini cukup dermawan membagikan item tersebut sebagai reward.

Fitur Dungeon di Saint Seiya: Awakening dibagi menjadi tiga, di antaranya Saint Quests, Dimension, dan Epic Ruins. Masing-masing dungeon bakal memberikan reward yang berbeda-beda. Selain itu, masing-masing Dungeon juga menghadirkan tantangan yang berbeda. Ada yang menantang kalian lewat sebuah pertanyaan atau menantang kalian lewat pertarungan.

Kalau kalian merasa cukup kuat dan ingin menguji kekuatan kalian dengan pemain lain, Saint Seiya: Awakening juga menyediakan fitur PvP. Di fitur ini, kalian bisa menantang pemain lain dan meningkatkan peringkat kalian di leaderboard. Sebelum bertarung bersama pemain lain, kalian diminta untuk memilih salah satu dari empat pemain yang bakal menjadi musuh kalian.

Kontrol yang Mudah

Seperti game turn based strategy lainnya, game ini mengandalkan sistem tap sebagai kontrolnya. Dari menggerakkan karakter hingga bertarung, semua bisa kalian kendalikan dengan sistem tap. Walau sistem kontrolnya sederhana, setiap tindakan yang akan kalian ambil sangat diperhitungkan. Itulah sebabnya, kalian harus benar-benar memahami karakter yang kalian turunkan di medan perang.

Kalian harus tahu fungsi dari setiap skill masing-masing karakter. Apakah skill tersebut bisa menyerang semua musuh atau hanya bisa menyerang salah satu musuh. Selain itu, kalian juga harus tahu apakah ada skill yang berguna buat nge-buff karakter saat bertarung. Setelah tahu fungsi dari masing-masing skill, kalian juga harus bisa memutuskan karakter mana yang harus kalian kalahkan terlebih dahulu. Lebih baik jika kalian bisa mengalahkan bos terlebih dulu, baru kalahkan prajuritnya.

Kesimpulan

Game ini bisa dibilang cukup sempurna dalam segi grafis maupun cerita yang kaya akibat diadaptasi dari serial anime populer. Dengan gameplay yang menarik serta karakter-karakter ikonik membuat game ini wajib untuk dicoba. Meskipun dari sistem mekanisme pertempuran terasa sangat repetitif.

Namun game ini setidaknya tetap mendapat tempatnya walaupun mungkin sedikit harus bersaing dengan game yang sudah lebih dahulu ada. Sistem mikro transaksi juga ada di dalam game ini, walaupun tidak terlalu menjanjikan apapun jika pemain menggunakan uang lebih dalam bermain.

Hero dengan sistem gacha juga menjadi momok menakutkan bagi para player, tetapi tenang saja. Material yang bernama Diamond di dalam game ini cukup mudah kok untuk dicari, sehingga pemain bisa berulang atau terus menerus untuk mendapatkan Saint yang diinginkannya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top